Advertisement

Sejarah Taman Indonesia Kaya, Beserta Reviewnya

Rancakmedia.com – Bagi kamu yang ingin liburan gratis dengan spot foto yang bagus, sebaiknya mengunjungi taman indonesia kaya. Untuk tahu terdapat apa saja disana silakan simak artikel dibawah ini.

Terletak di jantung kota Semarang, Taman Indonesia Kaya adalah tempat yang tepat untuk berjalan atau berlari. Siapa pun dipersilakan untuk mampir dan menikmati beragam pertunjukan serta iluminasi taman yang menakjubkan.

Taman hiburan ini adalah salah satu tempat wisata kota yang ramah anggaran. Di tengah kota ini, ada sebuah taman di mana kamu dapat melakukan banyak hal berbeda dan bersantai.

kamu dapat mengunjungi Taman Indonesia Kaya dengan memanfaatkan paket gathering Semarang yang disediakan oleh Biro Perjalanan Wisata. Namun sebelum kamu pergi, mari lihat dulu beberapa barang unik yang mungkin kamu temukan di taman ini.

Sejarah Taman Indonesia Kaya

Pada awalnya, taman ini dikenal sebagai Taman KB karena terdapat patung lambang KB di pintu masuk taman. Di Jl. Menteri Soepeno, taman ini dikenal sebagai Menteri Taman Soepeno, setelah menteri yang pertama kali memperkenalkannya ke taman.

Yayasan Bakti Budaya Djarum dan Pemerintah Kota Semarang bahu-membahu merestorasi Taman KB. Di hari yang sama dengan HUT ke-5 Galeri Indonesia Kaya, Taman Indonesia Kaya resmi dibuka pada 10 Oktober 2018.

Sejarah Taman Indonesia Kaya

Program Bakti Budaya India dapat dilihat di taman ini dan Galeri Kaya Indonesia yang berdekatan. Pengembangan Taman Indonesia dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung mempelajari budaya Indonesia.

Fasilitas yang dimiliki taman ini juga sangat mendukung pesan yang ingin disampaikan. Taman ini memiliki satu-satunya panggung pertunjukan seni di Jawa Tengah. Itu tepat di tengah taman.

Pengunjung bisa datang dan melihat berbagai aksi di atas panggung atau sekadar menikmati keindahan taman. Selain itu, masih banyak lagi hal menarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Taman Kaya Indonesia ini.

Daya Tarik Taman Indonesia Kaya

Dengan luas lahan 5.000 meter persegi, taman ini memiliki banyak hal menarik untuk dilakukan dan dipelajari. Berikut beberapa tempat wisata yang menjadikan Taman Indonesia Kaya wajib untuk kamu kunjungi:

Menikmati Wajah Baru Taman

Setelah diubah menjadi taman ini, keindahan taman segitiga di tengah kota ini semakin meluas. Pepohonan dan vegetasi yang rindang menghiasi sekeliling dan setiap sudut taman. Ruang terbuka ini biasanya menjadi tempat bagi masyarakat Semarang untuk melepas lelah di akhir pekan pada pagi dan sore hari.

Lingkungan di malam hari tidak kalah memukau dibandingkan siang hari, dengan banyak lampu taman yang bersinar. Lampu taman ditata sedemikian rupa sehingga bahkan di malam hari, kamu masih dapat dengan jelas melihat keindahan sekitarnya.

Ada beberapa turis yang datang untuk mengambil foto di bawah lampu-lampu yang berjejer di sepanjang jalan setapak. Meski telah diubah tampilannya, Taman Indonesia Kaya tidak menghapus sejarah taman tersebut.

Masih ada patung di taman yang menunjukkan cara berbeda untuk merencanakan keluarga, yang sangat menarik untuk dilihat. Bersantai di objek wisata ini bersama keluarga dan teman mungkin bisa menjadi cara yang menarik untuk menghabiskan waktu liburan. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk bersenang-senang.

Panggung Pertunjukan

Ciri yang paling menonjol dan luar biasa dari taman ini adalah adanya panggung pertunjukan di tengah-tengahnya. Ini adalah panggung pertunjukan terbuka pertama dan satu-satunya di Jawa Tengah.

Bentuk panggung ini juga sangat tidak biasa dan tampil kontemporer dengan kanopi melengkung dan struktur baja terbuka. Dari atas, atapnya tampak tertutup desain geometris hijau yang memukau.

Selain itu, ada papan bertuliskan “Taman Indonesia Kaya” yang cukup besar dan menyala terang di malam hari. Bagian tengah panggung cukup luas bagi para pemain untuk bebas berkeliaran dan memamerkan kreativitas mereka.

Untuk mendapatkan tampilan pertunjukan yang terbaik, pergilah ke halaman luas di depan panggung dan pertaruhkan klaim kamu. Untuk kenyamanan para aktor, panggung memiliki ruang ganti di atas dan di bawah tanah.

Mural Gerbang Pintu Masuk

Mural Gerbang Pintu Masuk

Saat pertama kali masuk, kamu akan bertemu dengan gerbang berbentuk aneh yang dipenuhi lukisan-lukisan menarik. Gerbang ini terlihat seperti dinding melengkung dengan lubang di tengahnya yang bisa dilewati orang.

Lukisan-lukisan yang menghiasi kedua sisi dinding membuatnya tampak sangat indah sebagai tempat bergambar. Terlihat banyak produk wisata Semarang yang dipajang secara gamblang di setiap bagian dinding karya seniman muda Semarang.

Di antara banyak lukisan di gerbang ini adalah penggambaran atraksi Semarang yang paling terkenal, termasuk gedung Sam Poo Kong, Gereja Blenduk, dan Masjid Agung.

Warna-warna cerah dari lukisan di gerbang membuatnya terlihat bagus dan bahagia setiap saat sepanjang hari. Karena lampu sorot dan lampu taman, daya tarik mural ini meningkat bahkan setelah gelap.

Gerbang ini menjadi spot foto populer bagi kamu yang datang untuk melihat mural Taman Indonesia Kaya. Patung Unik Selain lampu-lampu indah yang mempercantik taman, Taman Indonesia Kaya juga menampilkan beberapa patung menarik yang bisa dilihat semua di seluruh lapangan.

Patung-Patung Unik

Di tengah taman ada patung, Arjuna, Bima, Puntadewa, Nakula, dan Sadewa terlihat berdiri tegak. Patung-patung itu terbuat dari besi sehingga dapat dibentuk seperti boneka dengan sangat tipis. Patung yang paling khas adalah patung para lima pandawa dalam bentuk wayangnya.

Patung dua individu yang menari, yang terkesan abstrak dan sederhana, juga patut diperhatikan. Di bawah patung, terbaca Indonesiakaya.com dan biasanya menjadi subjek foto turis.

Patung seorang wanita dengan dua anak menghadap ke jalan berdiri di depan panggung. Patung-patung di sini mempercantik Taman Indonesia Kaya, yang membuatnya sangat indah dan menawan.

Air Mancur Menari

Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan air mancur menari tepat di depan panggung mengikuti alun-alun penonton. Waktu terbaik untuk mengagumi air mancur ini, tentu saja, di malam hari, karena cahaya lampu yang cemerlang membuatnya semakin menarik.

Saat ada pertunjukan, air mancur ini seolah mengikuti gerak para penari dan alunan musik yang indah. Setiap kali air mancur bergerak, warna merah, hijau, kuning, dan ungu bergantian menyalakannya.

Kolam di Taman Indonesia Kaya berfungsi sebagai tambahan air mancur selain air mancur menari. Air mancur ini menambah segarnya suasana hari yang terik di kota Semarang.

Wisata Kuliner

Jika kamu merasa lapar setelah seharian berjalan-jalan di taman ini, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak stand makanan yang bisa dipilih. Segala sesuatu mulai dari hidangan lokal seperti tahu gimbal hingga makanan pembuka yang lebih kontemporer dapat ditemukan di Semarang.

Penjual makanan sederhana seperti pecel lele dapat ditemukan di sekitar lingkungan, bahkan hingga larut malam. Liburan keluarga hemat di Taman Indonesia Kaya kini semakin mudah dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Taman Indonesia Kaya

Harga Tiket Masuk Taman Indonesia Kaya

Pemerintah Kota Semarang dan Yayasan Bakti Budaya Djarum baru saja meresmikan Wisata Taman Indonesia Kaya pada Oktober 2018. Keputusan manajemen untuk membuka pusat seni di kota Semarang Jawa Tengah menunjukkan betapa mereka ingin membawa budaya Indonesia ke daerah tersebut.

Sangat penting bagi generasi muda dan masyarakat luas untuk mempertahankan identitas unik mereka sebagai negara Indonesia yang kaya budaya. Orang sering pergi ke Taman Indonesia Kaya Semarang untuk bersantai sejenak bersama keluarga saat lelah.

Taman ini adalah objek wisata Semarang gratis, jadi sangat layak untuk menghabiskan waktu kamu. Tiket masuk Taman Indonesia Kaya di Semarang hanya dikenakan selama pertunjukan berlangsung.

Namun, tidak semua pertunjukan perlu dibayar; tamu mungkin sering melihat pertunjukan gratis atau berbiaya rendah. Salah satu taman paling populer di Semarang tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu untuk masyarakat umum.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Indonesia Kaya

Taman Indonesia Kaya terletak di Jl. Menteri Supeno No. 11 A, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Lokasinya cukup dekat dengan Simpang Lima Semarang, atau Lapangan Pancasila, yang hanya berjarak satu persimpangan.

kamu dapat menemukan jalur terbaik ke tempat ini dengan memanfaatkan bantuan Google Maps, yang akan menunjukkan jalan dari tempat kamu berada. kamu juga bisa menyewa sopir rental Hiace Semarang atau melalui biro perjalanan yang bisa mengantar kamu langsung ke daerah tersebut.

Jam Operasional Taman Indonesia Kaya

Taman ini mungkin tersedia untuk umum 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, tanpa batasan kapan orang bisa berkunjung. kamu memiliki kebebasan penuh untuk bersantai dan menikmati taman setiap saat.

Jam Operasional Taman Indonesia Kaya

Namun, taman ini akan mulai ramai mulai pukul 17.00 WIB setiap hari hingga pukul 21.00 WIB. Pada hari Minggu, mulai pukul 06.00 WIB, lokasi ini sudah ramai dikunjungi pengunjung, bahkan hingga larut malam.

Sebaiknya berkunjung pada malam hari saat musim kemarau saat tidak hujan, sehingga kamu dapat memanfaatkan pemandangan yang sangat indah. Dengan begitu, perjalanan ke Semarang mungkin masih seru dan menyenangkan bagi kamu.

Kesimpulan

Taman Indonesia Kaya resmi dibuka pada 10 Oktober 2018. Taman hiburan ini merupakan salah satu tempat wisata kota yang hemat. Dengan lahan seluas 5.000 meter persegi, taman ini memiliki banyak hal menarik untuk dilakukan dan dipelajari pengunjung.

Taman tersebut adalah panggung pertunjukan terbuka pertama dan satu-satunya di Jawa Tengah. Bentuk panggung ini sangat tidak biasa dan tampil kontemporer dengan kanopi melengkung dan struktur baja terbuka. Di malam hari, lampu taman diatur dengan selera tinggi sehingga bahkan di malam hari, Anda dapat dengan jelas melihat keindahan di sekitarnya.

Back to top button