Advertisement

Review Tempat Wisata Budaya Betawi

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah review tempat wisata budaya betawi setu babakan yang mungkin saja ingin kamu ketahui kejelasan tempat wisata tersebut. Yuk simak artikel dibawah ini.

Indonesia terkenal di seluruh dunia karena beragam suku, agama, dan adat istiadatnya. Budaya Betawi yang dimulai di Jakarta adalah salah satu contoh betapa Indonesia memiliki banyak tradisi dan budaya yang berbeda.

Budaya Betawi yang terkenal dengan gaya bicaranya yang lantang, seni ondel-ondel, dan kuliner tradisional yang berbeda, tidak diragukan lagi menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas.

Oleh karena itu, ada destinasi wisata yang juga menjadi pusat pelestarian budaya Betawi, yaitu Setu Babakan.

Jika kamu ingin merasakan gaya hidup Betawi, lokasi terbaik untuk dikunjungi adalah Setu Babakan. Penasaran ingin mengunjungi tempat yang satu ini? Mari kita lihat apa yang kita katakan tentang Setu Babakan?

Tempat Wisata Budaya

Tempat Wisata Budaya

Desa Wisata Desa Betawi atau disebut juga dengan Desa Budaya Betawi Setu Babakan merupakan tempat dimana wisatawan dapat belajar tentang budaya tradisional masyarakat Betawi.

Destinasi wisata ini tersedia untuk umum. Di sini, tamu yang datang dapat mempelajari berbagai hal, khususnya tentang budaya Betawi, baik melalui artefak yang berwujud maupun non-fisik.

Tempat Wisata Budaya Setu Babakan

Alamat : Jl. Moch Kahfi II, RT.13/ RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam buka : 09.00 – 15.00 WIB

Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Hingga saat ini, belum banyak pemukiman wisata di Indonesia. Namun, Desa Wisata Desa Betawi ini yang mempeloporinya.

Selain itu, Desa Wisata Kampung Betawi ini mendapatkan Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2021 untuk CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Sustainability of the Environment) sebagai desa wisata paling inovatif.

Pengunjung Desa Budaya Betawi Setu Babakan tidak akan bosan, berkat beberapa zona desa dan fitur menarik, yang meliputi:

Zona Statis

Kamu dapat mengendarai salah satu dari berikut ini di zona statis:

Museum Betawi

Museum Betawi Desa Budaya Betawi Setu Babakan bertempat di bangunan dua lantai. Di dalamnya ditampilkan peninggalan masa lalu yang dimanfaatkan oleh masyarakat Betawi.

Mulai dari pakaian adat Betawi, kesenian tradisional Betawi, khususnya ondel-ondel, informasi tentang kekhasan Betawi, benda-benda budaya Betawi, alat musik tradisional, perabotan rumah tangga Betawi, dan alat kerja melalui reproduksi transportasi.

Dindingnya juga dihiasi dengan berbagai karya seni. Museum ini juga memiliki foto-foto orang Betawi yang terkenal, seperti Benjamin Sueb, seorang pemain Betawi tua, dan Ismail Marzuki, seorang musisi terkenal.

Semua benda yang dipamerkan di Museum Betawi akan mengenang kembali kenangan para pengunjung Betawi Tempo Doeloe.

Atau ingin melihat museum dengan konsep yang segar? Museum Moja adalah pilihan untuk kamu kunjungi. Baca ulasannya: Museum Moja, Museum Jakarta yang Instagramable

Amphiteater

Amfiteater di Kampung Budaya Setu Babakan merupakan ruang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan, arena pertunjukan seni, dan acara lainnya.

Amfiteater dapat menampung hingga 600 orang di tempat duduk bergaya tribun. Panggung utama berada di tengah arena, dan di tepinya terdapat kolam ikan.

Selain dapat menghadiri pertunjukan budaya, wisatawan juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang direncanakan oleh pengelola Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Kegiatan tersebut meliputi pelatihan tari, memainkan alat musik Betawi, pelatihan pencak silat, belajar Batik; pelatihan teater dan latihan gambang kromong.

Kolam Ikan

Tempat Wisata Budaya Setu Babakan

Ada kolam ikan yang tidak hanya berfungsi sebagai kolam ikan untuk mengamati keindahan ikan tetapi juga bisa menjadi tempat perawatan ikan. Perawatan ikan sendiri terbukti memiliki beberapa keunggulan, mulai dari meredakan nyeri sendi dan rematik hingga terapi saraf.

Untuk treatmentnya sendiri, tidak bisa dilakukan untuk banyak orang sekaligus, Tapi setiap sesi hanya boleh sampai 7 orang dan tidak bisa berlangsung lebih dari 10 menit. Sebelum memulai perawatan ikan, kamu harus mencuci kaki terlebih dahulu untuk menjaga kebersihan kolam.

Sementara itu, pengunjung dengan riwayat penyakit kulit atau diabetes dilarang mencoba perawatan ikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan sekaligus memberikan kenyamanan bagi peserta terapi.

Wisata Agro

Tidak hanya wisata berbasis budaya, para tamu juga dapat merasakan wisata pertanian atau agrowisata di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Areal perkebunan yang dimanfaatkan sebagai destinasi agrowisata terletak di halaman antara tempat wisata dan halaman rumah masyarakat.

Varietas tanaman yang ditemukan cukup beragam, mulai dari melinjo, mangga, kweni, rambutan, kecapi, jambu biji, jamblang, krendang, buni, nangka, nam-nam, jambu mete, alpukat, kiwi, cempedak, jengkol, dan petai.

Pengunjung dapat mengambil hasil pertaniannya dengan membayar biaya pemeliharaan agrowisata sebesar Rp. 10.000.00.

Zona dinamis

Permukiman tradisional Betawi dapat terlihat di kawasan ini, menunjukkan keteguhan nilai-nilai budaya yang tidak pudar seiring berjalannya waktu. Bangunan panggung, gudang, rumah Joglo, dan rumah Bapang hanyalah beberapa dari sekian banyak rumah adat Betawi.

Rumah Adat Betawi juga disewakan sebagai homestay. Jadi, bagi yang ingin menikmati suasana malam di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, bisa menginap di homestay ini dengan biaya sewa per malam mulai dari 1 juta rupiah.

Namun tidak semua orang berhak menyewa tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dari manajemen. Masjid Baitul Makmur, sebuah masjid arsitektur Betawi, terletak di dekatnya.

Berbagai kegiatan keagamaan rutin dilakukan di sini dari subuh hingga magrib, seperti pengajian atau salat berjamaah. Ada juga paket wisata religi. Ziarah dapat dilakukan ke sejumlah makam, antara lain Makam Ratu Nyi Ros Kembang Pandan Wangi dan Makam Dato.

Wisata Danau

Setu Babakan Setu Babakan adalah rumah bagi Desa Budaya Betawi. Setu Babakan adalah danau besar dengan udara dingin dan segar, sehingga terlihat seperti oase di tengah panasnya Jakarta.

Beberapa bangku dengan meja dan pemandangan danau mengelilingi danau yang agak luas. Menggunakannya sebagai tempat untuk bersantai dan melepas lelah adalah pasangan yang sempurna. Berjalan-jalan di sekitar danau untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Danau Setu Babakan juga menawarkan berbagai aktivitas air yang unik seperti bermain bebek, naik perahu dayung, dan naik perahu naga. Pengunjung yang ingin menaiki wahana air ini harus merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk satu atau tiga kali putaran.

Wisata Kuliner dan Oleh – Oleh

Item lain yang tidak boleh diabaikan adalah mencari wisata kuliner. Desa Budaya Betawi Setu Babakan adalah rumah bagi Restoran Betawi, yang menyajikan berbagai macam makanan khas Betawi.

Berbagai macam kue dan makanan ringan Betawi tersedia, mulai dari soto Betawi hingga kerak telor, laksa, dan es selendang mayang yang menyegarkan.

Ada banyak hotspot gastronomi di dan sekitar Jakarta. Jika misalnya kamu kurang puas mencari wisata kuliner di sini, kamu bisa datang ke Petak Enam di Chandra yang memiliki banyak tenant kuliner, atau ke PIK Pecinan Pantjoran yang menyediakan aneka kuliner khas China.

Kamu juga dapat mencari pilihan barang ritel di pusat oleh-oleh di sebelah Desa Budaya Betawi Setu Babakan. Kamu bisa mendapatkan kaos bertuliskan Jakarta, gantungan kunci, mug, pensil, souvenir, miniatur Kampung Budaya Setu Babakan, miniatur Jakarta, dan lain sebagainya.

Atraksi Naik Delman atau Wisata Tunggang Kuda

Fasilitas Tempat Wisata Budaya

Arena desa ini cukup besar untuk menampung kereta atau kuda. Objek wisata ini merupakan moda transportasi tradisional sebagai pilihan pelayaran wisata di Kampung Budaya Betawi ini. Tarifnya Rp 50.000 per jam.

Ingatlah untuk membawa kamera kamu jika kamu berkunjung. Jika kamu tidak membawa kamera sendiri, kamu bisa menyewa jasa gambar yang menyediakan layanan di dekat tempat wisata dengan biaya mulai dari Rp 25.000.00.

Jika ingin image yang lebih cantik, kamu juga bisa menyewa pakaian Betawi, mulai dari baju keancang atau baji encim, baju abang dan none, baju pangsi, dan baju Sadarah dengan harga Rp 350.000,00 per jam.

Fasilitas Tempat Wisata Budaya

Fasilitas wisata yang disediakan pengelola untuk pengunjung cukup banyak, antara lain

  1. Tempat di mana mobil bisa diparkir
  2. Ruang sholat
  3. Ampiteater
  4. Tempat bermain anak
  5. Warung makanan dan minuman
  6. Toko suvenir, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan yang memiliki beberapa wahana seru hanyalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Jakarta.

Bagi kamu yang berada di Jakarta dan ingin mengenal kampung Betawi dan banyak artefak masa lalu, bisa langsung datang ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Dapatkan pengalaman perjalanan yang menarik di sana.

Back to top button