Advertisement

Cara Masuk Alun Alun Surabaya Bawah Tanah

Rancakmedia.com – Jika kamu ingin jalan- jalan atau wisata ke alun alun surabaya maka kamu harus mengetahui bagaimana cara masuk dan pesan tiketnya, jika ingin tahu simak artikel ini.

Kota Surabaya Jawa Timur mewajibkan masyarakat yang ingin ke alun- alun Surabaya untuk membeli tiket secara online. Tiket tersebut digunakan untuk mengakses bagian bawah tanah (basement) Surabaya Square yang tengah viral belakangan ini.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (DKKORP) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, menyatakan aturan itu mulai berlaku Kamis (13/1/2022). Mengunjungi jumlah pengunjung yang datang adalah tujuan utama.

Pasalnya, sejak alun-alun bawah tanah Surabaya dipugar pada 23 Desember 2021, perhatian publik cukup besar.  “Sekali dibuka kan banyak sekali ya pengunjungnya. Supaya terkontrol serta in dan out-nya jelas, maka kami buatkan jadwal melalui website tersebut, sebelum wisatawan datang ke alun–alun,” ucap Wiwiek

Yang jelas, bagian basement Alun-Alun Surabaya terdiri dari dua komponen. Galeri dan usaha kecil menengah (UKM) dapat memanfaatkan area pertama.

Sedangkan ruang kedua dimanfaatkan pengunjung untuk bermain skateboard atau papan seluncur. Wiwiek menjelaskan, hanya diperbolehkan masuk ke galeri seni dalam jumlah terbatas.

Maksimal 100 orang dapat memasuki galeri sekaligus dan keluar dalam waktu 30 menit satu sama lain. Seorang polisi kemudian akan memberitahu setiap pengunjung di alun-alun untuk pergi.

“Petugas akan memberitahu wisatawan secara humanis untuk keluar. Kecuali untuk anak-anak yang main skateboard ya, yang diubah aturannya kan untuk yang berkunjung di area galeri seni,” jelasnya.

Setelah semua pengunjung berangkat, polisi akan membersihkan ruang galeri menggunakan disinfektan selama kurang lebih 10 menit. Tujuan pembatasan ini adalah untuk mencegah epidemi COVID-19.

Alun-Alun Surabaya Tempat untuk Melepas Penat

Museum 10 November, Jembatan Merah, dan Museum House of Sampoerna, antara lain, semuanya wajib dikunjungi saat berada di Kota Pahlawan. Warga Surabaya dan non-Surabaya semakin mengapresiasi lokasinya yang strategis. Bahkan, belakangan ini di media sosial juga ramai dikunjungi situs bernama alun- alun Surabaya.

Alun-Alun Surabaya Tempat untuk Melepas Penat

Membangun alun-alun sering dikaitkan dengan menarik pengunjung, tetapi alun-alun ruang terbuka publik dengan kualitas lapangan yang luas atau bahkan pohon beringin dapat ditemukan di seluruh masyarakat setempat. Namun, berbeda dengan alun-alun yang ada di kota Surabaya.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, datang dengan ide alternatif untuk masa depan kota dalam jangka waktu 2016-2020. Bangunan tradisional yang mirip dengan rona putih dan berkubah seperti di zaman kuno ini adalah situs yang indah untuk para pecinta sejarah atau sekadar mengenang.

Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso, Surabaya, bersebelahan dengan kantor pemerintahan, khususnya Gedung Negara Grahadi, Jawa Timur, DPRD Surabaya, Balai Kota Surabaya, dan juga lambang Surabaya, Balai Pemuda.

Saya mengunjungi Surabaya Square beberapa hari yang lalu juga. Selain saya dan orang dewasa muda lainnya, keluarga dengan anak-anak dan bayi menggunakan Surabaya Square di akhir pekan, menjadikannya lokasi yang ideal untuk tamasya keluarga.

Fasilitas outdoor dan indoor dapat membantu kamu bersantai sambil bercakap-cakap dengan keluarga. Selama wabah, Surabaya Square juga ditutup dan dibuka kembali beberapa waktu setelah PPKM.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) memberlakukan batasan dan regulasi terkait kunjungan dan pemesanan tiket. Kamu bisa mendapatkan tiket ke Surabaya Square dengan salah satu dari dua cara. Pertama, buka website tiketwisata.surabaya.go.id dan isi formulir online. Kedua, kamu dapat memindai aplikasi PeduliLindung untuk datang secara langsung (offline).

Ruang yang Menarik untuk Dikunjungi

Saat berada di Alun-alun Surabaya, pastikan untuk mengunjungi lokasi-lokasi berikut:

Ruang Bawah Tanah (Basement)

Alun-alun bawah tanah Surabaya baru dibuka kembali pada 23 Desember 2021. Pemerintah Kota Surabaya menjadi subjek pameran seni dengan karya seni dan pengunjung. Pertunjukan seni terus berubah dengan yang segar sehingga pengunjung merasakan sensasi baru di setiap kunjungan.

Ruang Bawah Tanah (Basement)

Selain pameran, ruang bawah tanah sering menjadi tempat di mana band-band muda dan seniman lokal dapat memamerkan keterampilan mereka. Selain ruang pameran, ada juga skateboard atau area skateboard besar untuk pengunjung. Area skateboard masih terang karena ada skylight dari atas kaca di atas ruangan yang menerima sinar matahari dari luar.

Bangunan Bersejarah

Setelah berjalan-jalan di basement, pengunjung dapat mencoba untuk menjelajahi bagian luar Surabaya Square, khususnya gedung Balai Pemuda. Balai Pemuda adalah salah satu bangunan penting budaya kota, dan telah diberi perlindungan khusus. Gaya tradisional sangat baik untuk gambar.
Putih dan merah banyak digunakan, yang menunjukkan betapa kerasnya anak-anak muda Surabaya melawan penjajah.

Di luar, ada lagi tempat-tempat kebudayaan seperti Workshop Pemuda Surabaya (yang menyelenggarakan kegiatan pemuda di Youth Center) dan Perpustakaan Kota Surabaya yang telah bergabung dengan Rumah Bahasa.

Lokasi tersebut juga dimanfaatkan para seniman untuk melukis, dan karya mereka diperlihatkan langsung di sana di udara terbuka (langsung).

Tiket Alun Alun Surabaya Bawah Tanah

  1. Lokasi: jl. Gubernur suryo no.15, kec. Genteng, kota surabaya, jawa timur.
  2. Jadwal buka: setiap hari
  3. Jam buka: 10.00-22.00 wib
  4. Harga tiket masuk: gratis
  5. Fasilitas:
    Galeri
    Arena skate board
    Lahan parkir
    Toilet
    Eskalator
    Spot foto instragamable

Tiket Alun Alun Surabaya Bawah Tanah

Saat mengunjungi alun-alun bawah tanah Surabaya, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk; ini gratis. Tidak akan pernah ada waktu yang membosankan bagi para pengunjung karena selalu ada sesuatu yang menarik untuk dilihat dan dilakukan.

Bangunan ini merupakan peninggalan zaman Belkamu, dengan sentuhan kontemporer yang memberikan kontribusi pada daya tarik strukturnya. Surabaya Square menjadi objek wisata viral di Surabaya, Jawa Timur.

Namun, di masa pandemi saat ini, untuk pembelian tiket harus online untuk membatasi jumlah pengunjung agar bisa diatur.

Pengunjung alun-alun bawah tanah Sidoarjo harus mematuhi etika yang ketat setiap saat. Saat tidak terlalu ramai, anak-anak dapat menikmati bagian liburan favorit mereka tanpa merasa tercekik. Di alun-alun bawah tanah Surabaya, selalu ada hal baru yang tidak membuat kamu bosan untuk berkunjung ke sana.

Cara Pesan Tiket Alun Alun Bawah Tanah Surabaya

Surabaya Square buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB. Jika seorang turis ingin melihat pertunjukan seni di ruang bawah tanah, mereka harus membeli tiket secara online terlebih dahulu.

Pengunjung dapat masuk secara gratis atau tanpa biaya jika mereka membeli tiket secara online. Wisatawan juga dapat mengecek sisa kuota yang tersedia pada jam yang dipilih. Karena keterbatasan ruang, hanya 100 orang per 30 menit yang diizinkan memasuki museum pada satu waktu.

Untuk membeli tiket Surabaya Square secara online, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka tautan https://tiketwisata.surabaya.go.id, lalu pilih “Basement Alun Alun Surabaya”.
  2. Klik “cek kuota”.
  3. Pilih hari dan jam yang diinginkan.
  4. Pihak pengelola Alun-alun Surabaya mewajibkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan ketat dan memindai QR code aplikasi PeduliLindungi.

Adapun berikut syarat berkunjungnya:

  1. Pada saat berkunjung kondisi badan sehat dan fit.
  2. Suhu tubuh kurang dari 37,3 derajat celsius.
  3. Mencuci tangan sebelum dan setelah berkunjung.
  4. Memakai masker medis.
  5. Menjaga jarak.
  6. Menjaga kebersihan tempat wisata.
  7. Tidak makan dan minum di tempat wisata.
  8. Mengikuti imbauan dan petunjuk petugas wisata.

Fakta Tentang Alun – Alun Bawah Tanah

Jam buka: 08:00 – 22:00 wib. alun alun surabaya bawah tanah. Untuk melakukan pendaftaran secara online, dengan tujuan untuk mengatur arus pengunjung yang berkunjung di dalam dan di luar kawasan alun-alun Surabaya, kini dibutuhkan.

Fakta Tentang Alun – Alun Bawah Tanah

Surabaya adalah rumah bagi beberapa pameran lukisan, serta pertunjukan fotografi di lokasi terpisah. Pengunjung alun- alun Surabaya harus mendaftar terlebih dahulu ketika dibuka kembali, tetapi mereka yang ingin tinggal di bawah tanah masih dapat memanfaatkan pengalaman udara terbuka.

Karena ada basement, alun-alun Surabaya selalu ramai. Basement di Surabaya atau basement mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Namun pengunjung memilih untuk mengisi form pemesanan tiket sesuai dengan hari dan waktu yang dipilih.

Pengunjung diwajibkan mengisi data diri di formulir yang tersedia agar tidak kehabisan tiket di alun-alun bawah tanah Surabaya.

Kesimpulan

Masyarakat yang ingin mengakses bagian bawah tanah (basement) alun-alun surabaya tersebut di wajibkan untuk membeli tiket secara online melalui sistem tiket khusus berbasis web dan tiket ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Maksimal 100 orang dapat masuk sekaligus dan keluar dalam waktu 30 menit satu sama lain. Alun-alun bawah tanah baru dibuka kembali pada 23 Desember 2021 setelah ditutup akibat gempa dan tsunami Praktika Parahunan Kukar.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas