TRAVEL

Persiapan Berkendara Sebelum Liburan Akhir Tahun

Persiapan Berkendara Sebelum Liburan Akhir Tahun – Momen akhir tahun sering dipakai oleh warga untuk lakukan liburan akhir tahun dengan keluarga atau kawan-kawan. Untuk yang pengin lakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, alangkah sebaiknya untuk menyiapkan bermacam hal lebih dulu.

Auto2000 bagikan 5 persiapan yang dapat dikerjakan agar perjalanan berjalan mulus, aman, dan nyaman;

  • Taati Prosedur Kesehatan.

Penumpang harus taat prosedur kesehatan jika ingin liburan dengan keluarga tersayang. Yaitu gunakan masker, bersihkan tangan sesering kemungkinan, dan menjaga jarak aman. Yakinkan tiap bagian keluarga bawa tas waspada Covid-19 yang berisi masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker kotor, dan perlengkapan beribadah dan makan individu. Batalkan niat masuk tempat rekreasi bila begitu penuh dan banyak keramaian orang.

  • Check Keadaan Ban.

Waktu berlibur nanti, mobil tentu diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Ditambahkan, sekarang ini sedang musim penghujan. Oleh karenanya, sopir harus check tekanan angin ban sesuai referensi pabrikasi. Lihat juga keadaan telapak dan dinding ban dan jangan lupakan untuk mengecek keadaan ban cadangan.

  • Check Oli Mesin.

Peranan khusus oli mesin sebagai pelumas yang membuat perlindungan mesin dari gesekan antar elemen. Dengan demikian, mesin bisa bekerja secara maksimal dan punyai ketahanan yang ideal pada kerusakan.
Pelumas menolong melepas panas mesin dan buang kotoran yang tercipta karena gesekan antar elemen mesin. Pastikan volume oli mesin sesuai ukuran dan segera tambah bila kurang.

  • Lihat Cairan Mobil Lain.

Periksa lagi keadaan air radiator. Membuka tutup atas radiator dan lihat batasan ketinggiannya, termasuk tabung penyimpan cadangan air radiator. Isi penuh air pembersih kaca yang pegang peranan dalam bersihkan kaca depan waktu mengemudi jarak jauh.
Lihat ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan selekasnya tambah bila kurang. Untuk mobil transmisi manual, check volume tabung fluida kopling.
Pemakai accu basah, silahkan check tinggi air aki dan membersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi bila berlangsung pekapuran. Mobil yang memercayakan power steering hidrolis dapat memeriksa volume minyak power steering.
Yakinkan juga freon AC pada keadaan penuh agar kabin masih sejuk sepanjang perjalanan. Perhatikan tempat ruangan mesin dan kolong mobil dari potensi tetes cairan sebagai tanda adanya kebocoran.

  • Siapkan Keperluan Mengemudi.

Agar kabin masih lega, pemakai mobil tipe MPV atau SUV dapat memakai roof rak di atap mobil. Mengatur sikap duduk penumpang dan barang bawaan agar situasi kabin berasa nyaman.
Persiapkan playlist lagu dan film yang ideal selaku fasilitas selingan dan minuman dan makanan enteng untuk rekan perjalanan. Isi penuh bahan bakar dan kartu uang elektronik agar sedikit stop. Dalami jalur memercayakan peta digital untuk mempermudah perjalanan.

🔥TRENDING:  Kembang Api Tidak Diperbolehkan Saat Perayaan Tahun Baru Di Bali Tahun 2021

Sumber : medcom.id

Back to top button