Rencanakan Liburan Anda Dengan Matang Agar Tidak Menguras Dompet

Rencanakan Liburan Anda Dengan Matang Agar Tidak Menguras Dompet – Tahun 2020 akan usai sesaat lagi. Pasti di akhir tahun ini, kamu pengin akhiri tahun ini dengan berlibur yang membahagiakan, kan?

Liburan dapat memberi kebahagian buat kamu dan kurangi depresi yang kemungkinan didapatkan dalam tempat kerja. Bahkan juga, benar-benar berlibur benar-benar disarankan untuk dapat mempertahankan kesehatan psikis dan menambahkan wawasan diri di lingkungan baru.

Kesehatan psikis kita penting diingat supaya kita dapat produktif kembali lagi untuk bekerja.

Tetapi, saat sebelum kamu memutus pengin liburan, sebaiknya kamu berencana semua dengan detil supaya berlibur berjalan nyaman, aman, dan terlepas dari bokek.

Berikut Rencana Keuangan Keuanganku, Rizqi Syam, CFP® menjelaskan panduan untuk mempersiapkan gagasan berlibur.

  • Tentukan arah tujuan liburan.

Hal pertama yang perlu dipikir ialah ingin ke mana kamu liburan, dan gunakan alat transportasi apa. Buatlah bermacam opsi arah tujuan liburan, tempat kamu bermalam, alat transportasi, dan yang lain.
Tentu saja, kamu liburan untuk menurunkan depresi bukan malahan memberatkan, maka sesuaikan tujuan berlibur dan ongkos tranportasi dengan kesanggupan keuanganmu.

  • Persiapkan bujet saat sebelum berlibur.

Sesudah arah tujuan berlibur kamu telah ditegaskan, karena itu setelah itu mulai menganggarkan biayanya. Tulis komplet ongkos apa yang akan kamu keluarkannya. Misalkan, ongkos transportasi, harga ticket, harga hotel, harga makan, harga oleh-olehan dan yang lain.
Rizqi juga mengutarakan jika bujet benar-benar dibutuhkan dengan penghitungan yang masak. Hingga, liburan juga dapat nyaman dan pun tidak kurangi kualitas berlibur.

  • Jauhi penggunaan kartu credit yang berlebihan.

Seringkali saat pengin liburan, tetapi belum mempunyai dana yang cukup, penggunaan kartu credit juga kerap dilakukan. Bila penggunaan kartu credit yang terlalu berlebih cuman untuk liburan, maka hal tersebut hanya akan merugikanmu ke depannya.
Pasti, arah dari berlibur supaya kita lebih santai dari sebelumnya. Janganlah sampai kamu kelar liburan dengan menggunakan kartu credit, kamu dipusingkan kembali dengan bayar tunggakannya.
Hingga, lebih bagus untuk memakai dana yang telah dipersiapkan awalnya, dan pakai kartu credit ketika spesifik secara bijaksana.

  • Jangan pinjam dari masa depan kamu!.

Bila kamu pengin liburan tetapi bujet tipis, janganlah sampai kamu menggunakan uang yang telah dibujetkan untuk tujuan keuangan kamu lainnya. Misalkan, ambil dana bayar KPR rumah, pendidikan, atau hari tua kamu.
Upayakan liburan sama bujet yang telah dibikin. Jika rupanya benar-benar di rasa kurang, coba pikirkan matang-matang. Jangan memutuskan keuangan berdasar emosi sebentar. “Arah keuangan lain dapat terusik jika kamu ambil (uang)nya cuman untuk kepuasan emosi saja,” papar Rizqi.

  • Tulis pemasukkan dan pengeluaran waktu liburan.

Hal paling akhir yang perlu dikerjakan, tetapi kerap terlewatkan ialah menulis semua transaksi saat berlibur. Dengan alasan malas, janganlah sampai kamu lupakan menulis semua pengeluaran yang kamu kerjakan saat berlibur.
Umumnya, waktu liburan prosentase pengeluaran akan bertambah dan ini penting untuk dicatat. Sebab ini bermanfaat untuk menilai keuangan berlibur kamu, supaya kamu mengenali apa yang kamu membeli.
Bila kamu berasa malas untuk menulis perincian pengeluaran secara manual, kamu dapat menulis semua transaksi bisnismu dengan aplikasi Finansialku. Dengan feature yang komplet, kamu tak perlu kembali kesusahan menulis bujet sampai menulis bermacam tipe pengeluaran.

🔥TRENDING:  5 Destinasi Pantai di Bali yang Wajib kamu kunjungi

Sumber : kompas.com

Back to top button