TRAVEL

Kecuali Karimunjawa, Semua Destinasi Wisata di Jepara Tutup

Kecuali Karimunjawa, Semua Destinasi Wisata di Jepara Tutup – Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah sudah pastikan untuk tutup semua objek wisata selama libur natal dan tahun baru 2021. Tetapi, objek wisata Taman Nasional Karimunjawa masih membuka.

“Taman Nasional Karimunjawa masih membuka waktu libur Nataru,” kata Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa.

Titi menjelaskan ada fakta tertentu Karimunjawa masih membuka. Menurut dia Karimunjawa adalah objek wisata yang diatur oleh pemerintah pusat. Sedang untuk surat edaran Pemkab Jepara yang diartikan objek wisata yang diatur pemerintah wilayah, pemerintah dusun, dan warga.

“Saya telah bekerjasama dengan Kadispar (Kepala Dinas Pariwisata Jepara) dan Taman Nasional Karimunjawa tidak terhitung dalam surat itu sebab Taman Nasional Karimunjawa yang mengurus ialah pemerintah pusat,” ia menjelaskan.

Meskipun begitu, kata Titi pelancong yang ke Karimunjawa harus mengaplikasikan prosedur kesehatan secara ketat. Seperti harus bawa surat rapid tes antigen. Disamping itu ada juga limitasi umur di antara 10 tahun dan 60 tahun sama referensi Gubernur Jawa Tengah.

🔥TRENDING:  Ini Syarat Mendaki Gunung Prau Sebelum Ditutup Pada Bulan Januari

“Untuk pelancong di luar Jawa tengah harus rapid antigen, hingga perlu pengetatan di dermaga Jepara. Disamping itu ada juga batas umur di antara 10 dan 60 tahun sama referensi dari Gubernur Jawa Tengah,” tutur ia.

Tetapi sambungnya, Titi sayangkan peraturan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara yang menambahkan rute penyeberangan ke arah Karimunjawa. Sebab menurut dia lawatan ke Karimunjawa terbatasi sekitar 300 orang per Minggunya.

“Saya cuman sayangkan tambahan rute kapal yang bisa memunculkan kenaikan pelancong ke Taman Nasional Karimunjawa, walau sebenarnya ada batasan paket lawatan ke situ sekitar 300 orang per Minggunya,” tutur Titi.

Diinterviu terpisah Kasi Dermaga pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Supomo menjelaskan, ada tambahan rute penyeberangan ke arah objek wisata Taman Nasional Karimunjawa. Tambahan rute penyeberangan di hari Jumat (25/12) dan hari Minggu (27/12).

🔥TRENDING:  Turis Backpaker Dilarang Datang ke Selandia Baru

“Esok (Jumat) itu Kapal Expres Bahari jam 7.00 WIB dari Jepara, lagi jam 10.00 WIB dari Karimunjawa ke arah Jepara. Dan jam 1.30 WIB dari Jepara ke Karimunjawa. Lagi untuk hari Minggu 27 Desember 2020, penyeberangan dari Karimunjawa jam 7.00 WIB, Jepara ke Karimunjawa jam 10.00 WIB, dan Karimunjawa ke Jepara jam 1.30, itu (rute penyeberangan) tambahan,” kata Supomo waktu diminta verifikasi detikcom melalui jaringan telepon, Kamis ini.

Supomo menjelaskan, untuk pelancong yang tiba ke Karimunjawa harus bawa surat bebas Corona. Disamping itu penumpang ke Karimunjawa terbatasi 50 %.

“Yang naik kapal tempo hari rapid tes. Lagi ketentuan Bupati (Jepara) mulai esok pagi rapid tes antigen. Ya baik dari Jepara, Jawa Tengah atau luar jawa. Sedang untuk warga Karimunjawa memberikan KTP saja. Limitasi banyaknya penumpang setengah dari kapal. 400 dibikin 248,” terang Supomo.

🔥TRENDING:  Persiapan Berkendara Sebelum Liburan Akhir Tahun

Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pastikan tutup semua objek wisata selama libur natal dan tahun baru 2021. Penutupan tempat wisata di Kota Ukir itu diawali Kamis 24 Desember 2020 esok sampai 3 Januari 2021.

“Penutupan diawali Kamis, 24 Desember sampai 3 Januari 2021,” kata Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam info tercatat.

Menurut dia objek wisata yang ditutup diatur oleh pemerintah wilayah, swasta dan warga. Hal itu sesuai surat edaran nomor 556/4575 perihal penutupan objek wisata selama libur natal dan tahun baru 2021.

Sumber : detik.com

Back to top button