5 Aplikasi Perpustakaan Terbaik

Rancakmedia.com – Apa fungsi aplikasi perpustakaan? Aplikasi ini sering digunakan untuk semua operasi perpustakaan, termasuk administrasi buku, transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dll.

Tentunya bagi pengelola perpustakaan, baik perpustakaan sekolah maupun komunitas, software ini sangat dibutuhkan. Karena banyak buku akan hilang jika pengelola perpustakaan gagal menangani dengan baik.

Mungkin hilang karena peminjam tidak mengembalikannya atau karena alasan lain.

Berikut Daftar Saran Untuk Aplikasi Perpustakaan Sekolah Sederhana

Berikut Daftar Saran Untuk Aplikasi Perpustakaan Sekolah Sederhana

1. Biblio

BLBIO adalah aplikasi perpustakaan pertama yang kami sarankan. Aplikasi ini sangat sederhana, kaya fitur dan gratis tentunya. Anda dapat menambahkan item baru dan mengisi informasi buku menggunakan BIBLIO.

Nomor Katolik, nomor indeks, bahasa, judul, topik, ISBN, penulis, penerbit, koleksi, tahun pencetakan, tautan, komentar, dll. Anda juga dapat menambahkan item dalam bentuk majalah, DVD, CD, kaset, dan video, tidak hanya buku.

Nah, Anda bisa melabelinya sebagai ‘kehadiran’ ketika ada Anggota yang ingin meminjam buku. Untuk daftar buku yang Anda pinjam, cukup berikan nomor katalog, nomor indeks atau informasi entri lainnya.

Status dapat diatur untuk dipinjam, daftar tunggu atau dibaca di perpustakaan secara eksklusif.

Member akan mendapatkan LCN atau nomor keanggotaan. Data dapat dicadangkan atau diunggah ke server sebagai file RAR.

Berkenaan dengan laporan, Anda dapat membuat jumlah anggota, item yang ada, anggota yang bergantung pada pinjaman, riwayat kredit, dan lainnya.

Anda tidak bisa begitu saja menggunakan kamera untuk mendeteksi nomor ISBN. Selain itu, jika catatan penting tersedia, catatan tersebut juga dapat disertakan dalam tab Buku Catatan. Bukankah itu keren?

2. PS02

Versi perangkat lunak perpustakaan PS02 dibuat dan diproduksi dengan fitur sederhana namun mudah. Pada dasarnya, perangkat lunak ini mengutamakan kenyamanan daripada kerumitan.

PS02 mencakup fitur-fitur seperti:

  • Daftar buku-buku dalam koleksi perpustakaan.
  • Daftar anggota, apakah mahasiswa, instruktur, dosen, mahasiswa (tergantung software).
  • Cetak label barcode.
  • Cetak kartu keanggotaan.
  • Cetak judul katalog.
  • Cetak katalog penulis.
  • Cetak label untuk buku.
  • Data dari dan ke MS Excel ekspor dan impor.
  • Tetapkan jangka waktu pinjaman.
  • Laporan tersebut mencakup data yang berbeda, dll.
  • Anda harus ingat bahwa versi gratis hanyalah versi percobaan dan bukan versi lengkap. Versi fungsi itu sendiri berfungsi sebagai eksperimen.
🔥TRENDING:  Kode Redeem Free Fire Yang Bisa Anda Dapatkan

Apakah menu sesuai dengan yang Anda butuhkan atau sebaliknya. Jika sesuai, Anda dapat membeli lisensi dengan harga yang disebutkan.

3. LMS

Ada juga aplikasi library bernama LMS yang memiliki desain menarik. Anda dapat mendaftarkan buku, mahasiswa dan instruktur, organisasi dan pendaftaran donatur menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat atau memantau entri dalam buku yang Anda pinjam. Misalnya, keterlambatan pengembalian buku.

Nah, sejak hari buku itu harus dikembalikan. Kau bisa beritahu. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi barang-barang yang tidak diinginkan dari buku-buku pinjaman.

Selain memudahkan pembuatan laporan, ada baiknya Anda merasa nyaman menggunakan software LMS.

Misalnya laporan daftar buku yang dibaca atau dipinjam, buku yang dikembalikan, daftar sejarah atau sejarah dan lain-lain.

Anda harus terlebih dahulu menginstal Microsoft SQL Server dan terhubung ke LMS untuk menggunakan aplikasi ini. Jangan khawatir, karena petunjuknya diberikan, Anda tidak akan bingung.

4. BiblioteQ

Aplikasi bernama BiblioteQ untuk pengelolaan perpustakaan ini mudah digunakan dan cukup sederhana. Anda dapat mengelola buku, buku harian, ulasan, CD, DVD, gambar atau bahkan video game dengan aplikasi ini.

Dimungkinkan juga untuk menambah, mengedit, menggandakan, dan menghapus item menu tertentu.

Anda juga dapat menambahkan ISBN, ISSN, nomor terbitan, volume, judul, penerbit, tanggal penerbitan, dan lainnya jika Anda ingin membuat jurnal.

Anda dapat segera memperoleh nomor ISSN atau ISBN dari Katalog City University of New York Union secara online.

Data juga dapat dicari menggunakan ID, kata kunci, kategori, dan judul. Apakah peka terhadap kasus atau acuh tak acuh terhadap kasus.

Selain itu, Anda juga dapat menghitung data. Misalnya, volume jenis buku, ukuran CD, rasio DVD, wilayah DVD, peringkat DVD, tempat, bahasa, platform, permainan video, dan peringkat kredit.

🔥TRENDING:  Cara Cheat Mobile Legends Terbaru 2021 Tanpa Root

5. calibre eBook Management

Calibre eBook Management digunakan untuk mengelola perpustakaan eBook seperti namanya. Artinya, Anda dapat secara gratis membuat koleksi ebook Anda sendiri.

Nah, buku yang diunggah bisa berupa file arsip atau hasil pencarian ISBN.

Program ini mendukung berbagai format, termasuk PDF, EPUB, LIT, HTML, TOPAZ, MOBI, SNB, TEXT, Komik, file Pengolah Kata.

Anda juga dapat memperbarui informasi secara terpisah dan menggabungkan catatan buku.

Anda juga dapat mencari buku dari berbagai toko online berdasarkan penulis, judul, dan kata kunci. Anda juga bisa langsung mengunduhnya, lho, dari situs web pemasok eBook.

Meskipun Anda dapat menggunakan kemampuan yang disematkan untuk menghapus buku, menyimpan buku dalam format EPUB, menyambungkan ke iTunes, dll. Dapatkan Manajemen Kaliber eBook sekarang!

Kesimpulan

Aplikasi perpustakaan sering digunakan untuk semua operasional perpustakaan, termasuk administrasi buku, transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dll. Untuk perpustakaan sekolah dan komunitas, software ini sangat dibutuhkan.

Banyak buku akan hilang jika pengelola perpustakaan gagal menangani dengan baik. Berikut adalah beberapa saran untuk aplikasi perpustakaan sekolah sederhana. Calibre eBook Management digunakan untuk mengelola perpustakaan eBook.

Anda dapat mengelola buku, buku harian, ulasan, CD, DVD, gambar atau bahkan video game dengan aplikasi ini. Ini mendukung berbagai format, termasuk PDF, EPUB, LIT, HTML, TOPAZ, MOBI, SNB, TEXT, Komik, file Pengolah Kata.

Back to top button