Advertisement

Inilah 21 Fungsi Keyboard Laptop dan Komputer

Rancakmedia.comApa saja Fungsi yang ada dalam keyboard? mungkin saja kamu belum mengetahui fungsi sebenarnya yang ada pada keyboard laptop atau komputer untuk mengetahuinya simak artikel berikut.

Keyboard digunakan untuk mengetik teks, simbol, angka, karakter, dan instruksi lainnya ke dalam perangkat elektronik seperti laptop, komputer, dan smartphone.

Keyboard memiliki susunan berupa deretan abjad A-Z, huruf, karakter, navigasi, dan juga tombol tambahan yang berfungsi sebagai shortcut dan fungsi sistem.

Meski ada sedikit variasi, namun layout keyboard secara keseluruhan tetap sama. hanya berupa gabungan lokasi atau fungsi.

Tombol kontrol, alt, dan shift, khususnya, dapat digunakan dalam banyak cara. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah fungsi-fungsi tombol, baik itu tombol-tombol pada laptop maupun komputer.

Perangkat keras dan fungsinya termasuk keyboard laptop. Inilah saatnya fungsi keyboard laptop berguna. Keyboard merupakan salah satu instrumen yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah laptop.

Meski begitu, keyboard terkadang tiba-tiba tidak berfungsi sehingga menyulitkan penggunanya. Tentu saja, ini dapat mengganggu pekerjaan dan sangat mengganggu.

Secara umum, keyboard merupakan komponen perangkat keras pada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol. Cara kerja keyboard laptop sangat penting karena begitulah cara instruksi berupa teks dan kontrol lainnya dimasukkan ke dalam sistem komputer.

Namun, pengoperasian keyboard laptop terpengaruh secara teratur, yang seringkali mempersulit pekerjaan. Adapun beberapa gangguan pada laptop yang sering dialami oleh pengguna, seperti tombol yang sangat kencang saat ditekan, keyboard tidak dapat diperhatikan hingga keyboard mati atau tidak beroperasi.

Fungsi Keyboard Laptop yang Penting Diketahui

Lalu, apa saja fungsi dari keyboard laptop? Simak artikel yang akan kami bahas dalam artikel dibawah ini.

Fungsi Keyboard Laptop yang Penting Diketahui

Tombol Alphanumeric

Tombol alfanumerik pada fungsi keyboard laptop. Tombol ini adalah tombol yang memiliki huruf dan angka di atasnya. Tombol ini digunakan untuk memasukkan karakter berupa huruf dan angka pada komputer.

ESC

Tombol fungsi pada keyboard laptop, Esc atau tombol escape, memiliki fungsi untuk membatalkan kotak dialog, menghentikan permainan, dan juga menghentikan proses animasi.

Capslock

Tombol Capslock ini penting untuk membuat huruf besar atau menghasilkan huruf kapital.

Tombol Shift

Tombol Shift untuk menyelesaikan fungsi tambahan dari setiap kunci, seperti menghasilkan satu huruf kapital, dan juga memilih kunci non-abjad.

Tombol Asterisk

Tombol asterisk berguna untuk memasukkan karakter asterisk, seperti tanda baca.

Print Screen

Tombol print screen ini membantu untuk menjalankan prosedur pengambilan gambar layar komputer kamu atau tampilan yang sekarang ditampilkan.

CTRL

Dengan tombol Ctrl atau kontrol, kamu dapat menggunakan mouse untuk melakukan banyak hal berbeda.

Backspace

Fungsi tombol backspace keyboard laptop digunakan untuk menghapus satu karakter sekaligus dalam sebuah dokumen.

Page Up

Tombol page up ini banyak digunakan di browser dan saat membuat dokumen untuk memindahkan halaman ke atas.

Page Down

Untuk menaikkan halaman, istilah “page down” sering digunakan sebagai antitesis dari istilah “page up”.

Tombol Panah

Atas, bawah, kiri, dan kanan semuanya tersedia sebagai opsi arah melalui tombol panah. Peran tombol ini adalah untuk memandu kamu dalam memilih file yang akan dipilih.

Num Lock

Kunci Num Lock digunakan untuk mencegah akses tidak sah ke perangkat input numerik komputer.

Delete

Tombol Delete ini digunakan untuk menghapus file.

Home

Tombol home berfungsi untuk mengembalikan kamu ke halaman awal sebuah dokumen, browser, atau browser.

Space Bar

Spasi adalah tombol keyboard yang paling jelas, ditempatkan di bagian bawah dan terpanjang. Saat menulis dan membuat dokumen di komputer, kamu dapat menggunakan tombol ini untuk menambahkan spasi atau spasi antar karakter atau antar kalimat.

Enter

Kunci ini memiliki banyak fungsi utama. Tombol enter dapat digunakan untuk memulai paragraf baru dalam dokumen yang sedang kamu buat. Saat berada di dalam program, tombol enter mungkin berarti OK, dan juga digunakan untuk memilih pilihan yang akan dibuat.

FN

Fungsi tersebut disebut sebagai Fn. Tombol ini biasanya terlihat pada keyboard laptop, yang lebih kecil dari keyboard PC desktop standar. digunakan sebagai kombo untuk memunculkan fungsi yang sesuai dengan warna tombol.

Tombol Windows

Fungsi tombol Windows keyboard laptop. Tombol ini biasanya mengarah ke bawah, antara tombol alt dan kontrol. Tujuan utama dari tombol ini adalah untuk mengakses menu Start Windows.

Alt

Fungsi keyboard laptop Tombol Alt tidak memiliki tujuan khusus sebagai tombol tunggal. Ketika berbicara tentang pintasan keyboard, kita akan berbicara banyak tentang cara kerja Alt.

Tombol Fungsi Keyboard F1 Fingga F12

Fungsi Keyboard Laptop Tombol Tab

Fungsi tombol tab ini berguna untuk membuat pilihan dalam kotak dialog atau kotak dialog.

Tombol Fungsi Keyboard Laptop F1 Fingga F12

  1. F1 sering digunakan untuk memunculkan menu bantuan atau help
  2. F2 untuk mengganti nama item atau objek yang dipilih saat ini, gunakan tombol F2.
  3. F3 menampilkan kotak dialog Temukan Semua File.
  4. F4 kamu dapat menggunakan tombol F4 untuk membuka opsi “Go to a Different Folder”.
  5. F5 dengan menekan F5, kamu dapat memuat ulang jendela, browser, atau seluruh desktop.
  6. F6 fungsi untuk pintas ke Address bar
  7. F7 untuk mengaktifkan fungsi spell dan grammar di Microsoft Word
  8. F8 untuk mengakses boot/bios menu
  9. F9 refresh dokumen di Microsoft word
  10. F10 berfungsi untuk mengaktifkan menu bar.
  11. F11 mengaktifkan mode layar penuh.
  12. F12 fungsi tombol ini untuk melakukan penyimpanan data (saveas) di aplikasi word, excel dll

Fungsi Tombol Insert pada Keyboard

Fungsi tombol insert adalah untuk menyisipkan karakter pada posisi kursor saat ini. Ini, tentu saja, mengacu pada nama tombol sisipkan. Kata insert memiliki arti menyisipkan atau menyisipkan.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Beberapa kerusakan pada keyboard benar-benar sangat mengganggu pekerjaan dan sering membuat frustrasi. Ada dua hal utama yang bisa salah dengan keyboard laptop, yaitu gangguan pada perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah beberapa rincian lebih lanjut:

Masalah Keyboard pada Hardware

Salah satu alasan paling umum untuk keyboard tidak berfungsi adalah masalah perangkat keras. Beberapa faktor yang biasanya menunda responsivitas keyboard, seperti debu atau kotoran, terkena cairan, terlalu sering menekan salah satu tombol, dan gangguan driver keyboard,

Selain itu, baterai laptop juga terkadang menyebabkan kegagalan fungsi keyboard laptop, terutama jika baterai laptop sangat panas. Akibatnya, keyboard rentan terhadap stuttering.

Masalah Keyboard pada Software

Alasan kedua yang paling mungkin untuk keyboard laptop rusak adalah masalah dengan perangkat lunak. Biasanya, seluruh keyboard tidak langsung menjawab. Ini mungkin terjadi ketika ada masalah dengan program atau driver laptop.

Masalah Keyboard pada Software

Selain itu, aplikasi pihak ketiga dan sering mematikan laptop tanpa menggunakan perintah Shut Down dapat mengganggu keyboard. Akibatnya, keyboard menjadi tidak responsif atau tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Masalah pada Fungsi Keyboard Laptop

Ketika keyboard laptop tidak berfungsi, hal itu dapat sangat menghambat produktivitas. Namun jangan khawatir, ada berbagai teknik yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ini, di antaranya sebagai berikut:

Bersihkan Keyboard dari Debu

Salah satu penyebab paling umum dari keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah debu yang bersarang di dalam keyboard. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat membersihkan keyboard dari debu. Prosesnya cukup mudah. Matikan laptop terlebih dahulu, kemudian miringkan laptop dengan sudut 75 derajat dan goyangkan laptop untuk menghilangkan debu.

Restart Laptop

Teknik selanjutnya untuk memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi adalah dengan me-reboot laptop. Saat laptop tiba-tiba berhenti bekerja, kemungkinan besar kerusakan terdapat pada sistem operasi atau driver perangkat. Ini dapat menyebabkan perangkat keras yang terpasang pada laptop tidak berfungsi dengan benar.

Perbaiki Driver Fungsi Keyboard Laptop

Driver keyboard kamu mungkin juga kedaluwarsa jika keyboard laptop kamu tidak berfungsi. Selain itu, ada perangkat lunak jahat yang juga umumnya menyebabkan keyboard kurang responsif. Solusi untuk ketidaknyamanan ini sesederhana memeriksa dan memverifikasi masalah dalam manajemen perangkat.

Perbaiki Driver Keyboard

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang fungsi yang ada dalam keyboard, diantaranya:

Apa Saja Fungsi Keyboard Laptop?

Keyboard adalah komponen fisik pada komputer yang berfungsi sebagai alat pemasukan data berupa huruf, angka, dan simbol.

Apa Saja Bagian dari Keyboard?

  1. Typewriter Key : Tombol yang berfungsi untuk mengetik huruf maupun yang berhubungan dengan penulisan, seperti capslock, enter, dan lain-lain.
  2. Numeric Key : Adalah kunci yang berfungsi untuk memasukkan simbol dan angka.
  3. Function Key : Adalah tombol yang memiliki fungsi untuk mempermudah pekerjaan.
  4. Special Function Key : Saat digunakan bersama dengan tombol lain, tombol fungsi khusus melakukan tindakan tertentu.

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Keyboard Qwerty?

Christopher Latham Sholes menciptakan keyboard Qwerty, sejenis keyboard. Huruf Q, W, E, R, T, dan Y diatur di baris atas keyboard Qwerty, demikian namanya.

Mesin tik Qwerty tahun 1874 E. E. Remington adalah yang pertama menggunakan keyboard Qwerty sebelum masuk ke perangkat elektronik saat ini seperti smartphone dan tablet kami.

Kesimpulan

Keyboard adalah sebuah komponen perangkat keras pada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa huruf, angka, karakter, dan instruksi lainnya ke dalam perangkat elektronik seperti laptop, komputer, dan smartphone. Daftar sepuluh fungsi keyboard laptop dan komputer.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan di atas, semoga informasi ini dapat membantu dan memudahkan kamu untuk mengoprasikannya jika kamu seorang pemula yang belum mahir menggunakannya.

Tombol kembali ke atas