Daftar Saham Blue Chip Terbaik untuk Investor Pemula

Nafa Lightyani

Daftar Saham Blue Chip Terbaik untuk Investor Pemula

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang daftar saham blue chip terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk investor pemula, simak artikel di bawah ini hingga selesai ya.

Ada banyak saham publik yang tercatat di BEI, hampir 800 perusahaan dari seluruh dunia telah diperkenalkan ke pasar modal Indonesia dan jumlah ini akan terus meningkat. Ini membantu investor dengan meningkatkan daya jual indeks saham dengan menggunakan listing BEI.

LQ45 termasuk dalam daftar saham blue chip 2021, yang sudah dikenal oleh semua orang. Pasar merangkul indeks saham ini karena menawarkan berbagai atribut positif.

Apa Itu Saham Blue Chip

Apa Itu Saham Blue Chip

Saham Blue chip adalah saham dari perusahaan-perusahaan terkemuka dan mapan yang telah lama beroperasi dan memiliki reputasi yang baik di pasar.

Biasanya, perusahaan-perusahaan blue chip ini memiliki kinerja kewangan yang stabil dan konsisten serta memiliki pangsa pasar yang besar.

Saham-saham ini juga dianggap sebagai investasi yang relatif aman karena memiliki likuiditas yang tinggi dan dianggap kurang rentan terhadap fluktuasi harga pasar yang besar.

Saham blue chip sering dikenal sebagai saham yang stabil, berikut penjelasannya:

1. Perusahaan yang Memiliki Nilai Inti yang Kuat

Memulai bisnis baru dengan infrastruktur yang baik adalah sebuah tantangan. Ada dua fakta tak terbantahkan mengenai perusahaan yang sering masuk dalam daftar saham LQ45: Pertama, perusahaan-perusahaan ini sudah cukup lama menghasilkan keuntungan, dan kedua, sudah beroperasi cukup lama.

Jumlahnya setidaknya sepuluh tahun di Indonesia. Satu-satunya hal yang membuat perusahaan-perusahaan ini tetap bertahan dalam menghadapi banyak masalah adalah fondasi yang kuat di mana mereka dibangun.

Jadi, mengingat fakta bahwa saham blue chip ini diperkirakan akan mempertahankan kekuatannya, masuk akal untuk berinvestasi dalam jangka panjang pada saham tahun 2021 ini.

2. Memiliki Kewajiban dan Aset yang Sama Untuk Melakukan Lindung Nilai Terhadap Risiko

Untuk mencapai tujuan mereka, perusahaan-perusahaan ini telah meminjamkan uang kepada lembaga keuangan lainnya.

Namun ada keseimbangan antara utang dan aset di perusahaan saham blue chip. Untuk aset yang signifikan, aset harus cukup besar untuk membayar pinjaman.

Dan terakhir, mereka menampilkan perusahaan yang memenuhi tenggat waktu dan proses dalam hal pembayaran tagihan.

3. Kapitalisasi Pasar Besar

Perusahaan di indeks LQ45 memiliki satu kesamaan: kapitalisasi pasar yang signifikan. Rata-rata, Rp 10 triliun lebih dari angka tersebut.

Membangun bisnis dalam semalam tidak mungkin, dan dengan demikian, angka-angka dalam tabel ini tidak dapat diperoleh dengan cara ini. Mereka juga memegang perusahaan top sektor masing-masing.

Maka tak heran jika investor lokal dan internasional memburu saham LQ45. Investor pemula dapat berinvestasi di saham populer ini untuk keamanan yang lebih baik.

4. Sering Diperdagangkan

Banyak saham likuid, yang didefinisikan sebagai saham yang mudah diperdagangkan dan karenanya dapat ditukar dengan uang, pertama-tama ditukar dari BEI dan kemudian dibeli dari sana.

Sering Diperdagangkan

5. Sering Membagikan Dividen Untuk Para Investor

Saham blue chip memiliki reputasi membayar dividen secara teratur, dan ini karena perusahaan-perusahaan ini menikmati pendapatan yang mereka masukkan kembali ke pasar.

Didistribusikan setahun sekali atau lebih sering. Keuntungan juga menentukan seberapa sering perusahaan menerapkannya, mulai dari aplikasi tahunan hingga dua tahunan.

Memang benar saham blue chip ini memiliki standar evaluasi yang kompleks. Bahkan jika kinerja mereka di bawah standar, beberapa perusahaan dapat dihapus dari daftar. Ada yang ada dalam daftar karena organisasi mana pun dapat terus berusaha untuk meningkatkan.

Bagi kamu yang tertarik dengan saham LQ45 harus mengikuti berita secara teratur karena daftar saham LQ45 sering berubah-ubah. Sebaliknya, beberapa perusahaan tidak pernah bosan berada di daftar terkenal.

Daftar Saham Blue Chip Terbaik

Daftar saham blue chip yang direvisi ini akan bagus untuk beberapa bulan lagi, berakhir pada Juli.

Indonesia selanjutnya akan mengembalikan daftar saham yang digunakannya untuk menggambarkan saham Indonesia LQ45 di Bursa Efek Jakarta. Ini adalah daftar perusahaan indeks LQ45 dan pengidentifikasinya:

  1. Ace Hardware Indonesia = Saham ACES
  2. Adaro Energy = Saham ADRO
  3. AKR Corporindo = Saham AKRA
  4. Aneka Tambang = Saham ANTM
  5. Astra International = Saham ASII
  6. Bank Central Asia = Saham BBCA
  7. Bank Negara Indonesia = Saham BBNI
  8. Bank Rakyat Indonesia = Saham BBRI.
  9. Bank Tabungan Negara = Saham BBTN
  10. Bank Mandiri = Saham BMRI
  11. Bumi Serpong Damai = Saham BSDE
  12. Bank BTPN Syariah. = Saham BTPS
  13. Charoen Pokphand Indonesia = Saham CPIN
  14. Ciputra Development = Saham CTRA
  15. Erajaya Swasembada = Saham ERAA
  16. XL Axiata = Saham EXCL
  17. Gudang Garam = Saham GGRM
  18. Hanjaya Mandala Sampoerna = Saham HMSP
  19. Indofood CBP Sukses Makmur = Saham ICBP
  20. Vale Indonesia = Saham INCO
  21. Indofood Sukses Makmur = Saham INDF
  22. Indah Kiat Pulp & Paper = Saham INKP
  23. Indocement Tunggal Prakarsa = Saham INTP
  24. Indo Tambangraya Megah = Saham ITMG
  25. Japfa Comfeed Indonesia = Saham JPFA
  26. Jasa Marga  = Saham JSMR
  27. Kalbe Farma = Saham KLBF
  28. Merdeka Copper Gold = Saham MDKA
  29. Medco Energi Internasional = Saham MEDC
  30. Mitra Keluarga Karyasehat = Saham MIKA
  31. Media Nusantara Citra = Saham MNCN
  32. Perusahaan Gas Negara = Saham PGAS
  33. Bukit Asam = Saham PTBA
  34. PT PP = Saham PTPP
  35. Pakuwon Jati = Saham PWON
  36. Semen Indonesia = Saham SMGR
  37. Summarecon Agung = Saham SMRA
  38. Tower Bersama Infrastructure = Saham TBIG
  39. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia = Saham TKIM
  40. Telkom Indonesia = Saham TLKM
  41. Sarana Menara Nusantara = Saham TOWR
  42. Chandra Asri Petrochemical = Saham TPIA
  43. United Tractors = Saham UNTR
  44. Unilever Indonesia = Saham UNVR
  45. Wijaya Karya = Saham WIKA

Daftar Saham Blue Chip Terbaik

Kriteria Menarik dari Saham Blue Chip

Saham blue chip umumnya merujuk pada saham-saham yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang telah berdiri cukup lama dan memiliki pengalaman di industri mereka selama bertahun-tahun.

Karena itu, saham blue chip sering dianggap sebagai kelas atas atau lapisan pertama karena mampu memengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Namun, tidak semua perusahaan dapat disebut sebagai saham blue chip karena ada kriteria khusus yang harus dipenuhi. Beberapa kriteria tersebut antara lain:

  • Perusahaan sudah beroperasi selama beberapa waktu
  • Memiliki kapitalisasi pasar besar
  • Memiliki perbandingan utang dan aset yang stabil
  • Rutin membagikan dividen bagi pemegang saham
  • Serta memiliki kinerja yang baik

Saham-saham yang memenuhi kriteria ini di Indonesia masuk ke dalam indeks LQ45.

Data mengenai indeks ini terus diperbarui melalui evaluasi yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) setiap tahun dua kali. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengikuti informasi terbaru.

Apakah Berinvestasi di Saham Blue Chip Aman

Beresiko untuk bermain dengan investasi jangka panjang seperti saham “tidak berbumbu” ketika seseorang memiliki sedikit atau tanpa pengalaman perdagangan. “Keamanan” dari investasi berisiko ini dapat diukur berdasarkan durasinya.

Meski begitu, setiap investasi memiliki bahaya. Meskipun perusahaan seperti Lehman Brothers dan General Motors, yang berkinerja sangat baik bahkan di bawah tekanan pada tahun 2008, sangat menderita, banyak perusahaan yang sangat dihormati juga gagal.

Saham blue chip mungkin tidak memberikan keuntungan jangka pendek yang luar biasa, tetapi karena mereka menawarkan dividen yang konsisten, mereka memiliki sejarah panjang dalam menghasilkan nilai jangka panjang.

Sebuah pasar relatif aman jika menunjukkan tanda-tanda pasar yang stabil dan pemulihan yang cepat setelah penurunan di pasar bearish.

Dalam masalah negatif dan kepanikan yang meluas, harga sekuritas biasanya akan turun 20 persen atau lebih dari harga puncaknya sebelumnya.

Apakah Berinvestasi di Saham Blue Chip Aman

Untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, investor berpengalaman yang baru memulai harus mendiversifikasi portofolio mereka dengan perusahaan blue chip.

Cara Membeli Saham Blue Chip dengan Mudah

Harga saham blue chip dapat bervariasi tergantung pada perusahaan yang menerbitkannya dan kondisi pasar.

Saham blue chip umumnya diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan besar dan mapan yang memiliki kinerja keuangan yang stabil dan konsisten.

Berikut adalah beberapa cara untuk membeli saham blue-chip:

  • Buka rekening saham di perusahaan sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk membuka rekening saham, kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, NPWP, dan rekening bank.
  • Lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan perusahaan blue-chip yang tepat untuk kamu investasikan. Pelajari laporan keuangan dan kinerja saham dari perusahaan tersebut.
  • Setelah menemukan perusahaan yang ingin kamu investasikan, beli saham melalui perusahaan sekuritas dengan memasukkan order pembelian saham ke perusahaan sekuritas yang kamu gunakan.
  • Tunggu hingga transaksi pembelian saham kamu diproses dan saham tersebut menjadi milik kamu.
  • Perhatikan pergerakan harga saham tersebut, karena saham blue-chip pun bisa mengalami fluktuasi harga di pasar. Namun, jika kamu memiliki rencana investasi jangka panjang, fluktuasi harga jangka pendek tidak akan terlalu memengaruhi portofolio investasi kamu.

Perlu diingat bahwa investasi di pasar saham selalu memiliki risiko. Oleh karena itu, penting untuk memahami risiko tersebut dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

Resiko Membeli Saham Blue Chip

Walaupun saham blue chip direkomendasikan untuk investor pemula, namun perlu diingat bahwa investasi saham blue chip juga memiliki risiko.

Seperti halnya investasi saham lainnya, meskipun kamu membeli saham blue chip, kamu tetap memiliki risiko mengalami kerugian meskipun kecil.

Beberapa risiko yang mungkin dialami oleh investor saham, termasuk di antaranya capital loss, delisting, dan likuiditas atau bangkrut.

Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dalam memilih saham yang tepat. Kamu dapat memperhatikan prospek bisnis perusahaan pada masa mendatang untuk memperkecil risiko investasi meskipun membeli saham blue chip.

Resiko Membeli Saham Blue Chip

Dengan memperhatikan hal tersebut, kamu dapat meminimalkan risiko investasi, bahkan jika membeli salah satu saham dari daftar saham blue chip di atas.

Jangan lupa bahwa meskipun sudah berpengalaman, kamu tetap perlu belajar memilih perusahaan emiten saham yang baik.

Soalan Lazim

Pada artikel ini kami juga menyediakan sesi tanya jawab untuk pembahasan artikel yang sudah kami sampaikan di atas, simak dibawah ini untuk mengetahui jawabannya ya.

1. Apa yang Dimaksud dengan Saham?

Saham merupakan surat yang menjadi bukti bahwa perorangan mempunyai bagian modal pada suatu perusahaan. Seseorang yang mempunyai saham artinya memiliki hak atas sebagian aset perusahaan tersebut.

2. Apakah BRIS Termasuk Kedalam Saham Blue Chip?

Tentu saja! Ada tiga saham blue chip baru dalam indeks LQ45 yaitu PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), dan PT Indika Energy Tbk (INDY). Pengumuman masuknya tiga saham di atas sebagai blue chip untuk menarik perhatian para investor.

3. Apakah Bank Jago Blue Chip?

Saham ARTO dari PT Bank Jago Tbk resmi menjadi blue chip baru di indeks LQ45 pada bulan Agustus tahun 2022 ini.

Kesimpulan

Saham Blue chip adalah saham dari perusahaan-perusahaan terkemuka dan mapan yang telah lama beroperasi dan memiliki reputasi yang baik di pasar.

Demikian Informasi mengenai daftar saham blue chip terbaik tahun 2021, semoga bermanfaat dan baca terus informasi seputar saham disini.

Baca Juga

Kongsi:

Nafa Lightyani

Saya seorang penulis kandungan untuk SEO, Teknologi, Kewangan, Perjalanan, Memasak dan lain-lain, dengan perbincangan yang tepat.