Advertisement

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah bagaimana cara menjaga kebersihan sekolah demi kenyamanan kamu semua di lingkungan sekolah baik guru maupun siswa. Yuk simak artikel dibawah ini.

Menjaga kebersihan adalah bagian dari agama, atau setidaknya itu adalah cara hidup yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu.

Menjaga kebersihan adalah sesuatu yang ditekankan oleh semua agama, terlepas dari apakah fokusnya adalah pada lingkungan pribadi atau kebersihan ruang komunal seperti ruang kelas, rumah, atau bahkan sekolah.

Ingatlah bahwa kamu telah ditanamkan nilai kebersihan sejak usia muda. Dan selama kamu berada di sekolah, dimulai dari playgroup atau taman kanak-kanak, guru kamu juga diinstruksikan untuk menjaga kebersihan diri dan kebersihan sekolah.

Ayo! Kami berbicara tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah, mulai dari siapa yang bertanggung jawab, bagaimana melakukannya, dan manfaat yang dihasilkan.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Jika ditanya siapa yang wajib menjaga kebersihan lingkungan sekolah, jawabannya adalah seluruh masyarakat di sekolah.

Membersihkan sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan, setiap orang memiliki peran untuk dimainkan, mulai dari menyapu aula hingga memotong rumput hingga menggosok lantai lobi.

Guru, staf, dan siswa semua harus bekerja sama untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Seperti yang kamu ketahui, piket di kelas, seperti yang kamu sadari, adalah cara yang efektif untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kelas kamu saat ini adalah bagian dari lingkungan sekolah. Dengan ruang kelas yang bersih akan membuat suasana belajar mengajar lebih menyenangkan, dan tentunya dengan lingkungan sekolah yang bersih akan membuat sekolah menjadi asri.

Jika sekolah kamu tidak dijaga kebersihannya, apakah kamu tidak merasa tidak nyaman?

Tempat Kotor Sekolah

Jadi, di mana saja tempat-tempat di sekolah yang perlu dijaga kebersihannya dan yang menjadi tanggung jawab semua orang di sekolah?

Kamar Mandi

Siswa sering melihat kamar kecil sebagai tempat yang bersih di sekolah. Bagaimana tidak? Jelas bahwa petugas kebersihan sekolah selalu membersihkan kamar mandi setiap pagi dan bahkan ketika dia pulang sekolah, tetapi siswa menggunakan kamar kecil secara sembarangan.

Terkadang saat buang air kecil, toilet tidak disiram dengan benar atau mungkin tidak disiram sama sekali, yang membuat kamar mandi bau. Oleh karena itu, jaga kebersihan kamar mandi!

Ruang Kelas

Penting untuk menjaga kebersihan kelas. Mengapa? Kamu akan merasa lebih nyaman di kelas dan lebih mampu berkonsentrasi pada materi yang diajarkan jika ruang kelas tetap bersih. Instruktur wali kelas dan murid di kelas sama-sama bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan kelas.

Memotong dan tidak membuang sampah di sekitar kelas, serta membuang sampah di tempat sampah di kelas atau di depan pintu kelas, adalah cara yang baik untuk menjaga kebersihan kelas.

Area Sekitar Tempat Sampah

Tak perlu dikatakan bahwa area di sekitar tempat sampah harus benar-benar bersih. Terkadang siswa atau siapapun yang berada di lingkungan sekolah tidak membuang sampah pada tempatnya.

Membuang sampah ke tempat sampah dari jarak jauh, tidak membuang sampah pada tempatnya, dan tidak membersihkannya dengan benar adalah hal yang biasa terjadi di sekitar sini.

Jadi, buang sampah di tempat sampah dengan cara yang benar untuk menjaga kebersihan sekolah.

Saluran Air di Depan Kelas

Saluran air di depan kelas harus dijaga kebersihannya dari puing-puing. Menjaga kebersihan saluran air di depan kelas membantu mencegah penyumbatan, bau tidak sedap, dan gangguan aliran air lainnya.

Banyak masalah, seperti air yang meluap dan banjir, akan muncul jika saluran air di depan kelas tidak dijaga kebersihannya. Ada banyak sampah, dan baunya busuk.

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Apa keuntungan menjaga kebersihan lingkungan sekolah? Siapa yang akan merasakan manfaatnya?

Tempat Kotor Sekolah

Menambah Semangat Belajar

Siswa mendapat manfaat dari lingkungan sekolah yang bersih karena kamu merasa lebih nyaman saat berada di sana. Baik kenyamanan di dalam kelas maupun di luar kelas, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih fokus dan menyenangkan ketika ruang kelas bersih.

Bahkan saat kamu tidak sedang berada di dalam kelas, penampilan kampus yang tertata rapi turut menambah semangat kamu untuk hadir.

Lingkungan Sekolah Menjadi Nyaman dan Sehat

Menjaga kebersihan sekolah dipandang bermanfaat oleh instruktur karena memungkinkan kamu untuk mengajar dalam suasana yang lebih nyaman. Dengan lingkungan sekolah yang terpelihara dengan baik, siswa dan staf pengajar dapat merasa bersih dan ternutrisi dengan baik.

Menghindarkan Warga Sekolah dari Penyakit

Manfaat menjaga kebersihan sekolah yang dirasakan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di lingkungan sekolah. Di sisi lain, perasaan yang sama dilaporkan oleh orang-orang yang tinggal dekat dengan sekolah.

Agar penduduk setempat merasa aman dan tenteram, penting untuk menjaga kebersihan sekolah dan lingkungan di sekitarnya. Demam berdarah dan malaria tidak menjadi perhatian bagi siswa atau orang lain di sekitar sekolah selama kondisi ini di sekolah.

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan

Oke, sekarang bagaimana melatih siswa untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah? Berikut cara melakukannya.

Biasakan Anak Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Teknik yang paling mendasar adalah mendorong anak-anak untuk tidak membuang sampah sembarangan. Langkah pertama adalah:

Sediakan Tempat Sampah

Ini adalah sepotong kue. Agar si kecil bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar, berikan tempat sampah di dekatnya, seperti di rumah, atau mungkin di kamarnya. Anak-anak juga harus diajarkan untuk bertanggung jawab membuang sampah di rumah atau di kamar kamu di tempat pembuangan sampah jika tempat sampah penuh.

Kurangi Penggunaan Plastik

Plastik merupakan salah satu bentuk sampah yang sulit terurai. Sampah plastik membutuhkan waktu puluhan atau ratusan tahun untuk terurai seluruhnya di lingkungan. Sampah kertas dan sampah biologis adalah contoh sampah basah. Untuk mengurangi ketergantungan kami pada plastik, kami dapat:

Contoh Dari Bapak dan Ibu Guru

Karena kamu disebut “anak-anak”, kamu akan menyalin semua yang kamu lihat, bahkan jika itu salah. Hal ini disebabkan ketidakmampuan anak untuk membedakan mana yang baik dan mana yang jahat.

Orang dewasa, seperti guru dan ayah, memiliki kewajiban untuk memberikan contoh yang baik dengan membuang sampah dengan cara yang benar dan selalu menjaga kebersihan diri.

Bimbing Anak untuk Menjaga Kebersihan Ruang Kelas dan Toilet

Sebagai guru yang baik, kamu harus mengingatkan murid-murid kamu untuk selalu menjaga kebersihan ruang kelas dan kamar mandi. Hal ini merupakan salah satu cara menanamkan kepedulian terhadap kebersihan halaman sekolah pada siswa usia dini.

Jadwal Rutin bersihkan kelas

Jadwal normal untuk membersihkan kelas dapat dilaksanakan, terutama dengan meminta kelas piket kelas sebelum atau sesudah kegiatan belajar mengajar. Karena ruang kelas yang bersih menjadi tempat belajar yang baik, siswa akan merasa lebih nyaman dan lebih tertarik dengan kegiatan kelas.

Peduli Toilet

Selain membersihkan ruang kelas, toilet sekolah juga harus dijaga kebersihannya. Kenyamanan siswa menggunakan toilet sekolah berjalan seiring dengan kebersihannya. Sebagai bonus tambahan, menyiram toilet setelah digunakan mengajarkan anak-anak untuk menjadi warga negara yang bersih.

Menyediakan Media untuk Berkreasi

Dinding yang dicorat-coret akan menghasilkan citra yang jorok dan tidak menyenangkan, namun tidak demikian jika dinding merupakan bentuk ekspresi anak muda di bidang seni.

Dengan membangun dinding terpisah, siswa akan mempertimbangkan apakah akan mencoret-coret dinding sekolah di tempat lain.

Program Sekolah Hijau

Menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan adalah tujuan dari program sekolah hijau.

Program ini dimaksudkan untuk dapat memiliki pemahaman, penyadaran, dan pengintegrasian nilai-nilai lingkungan pada seluruh warga sekolah dalam rangka membangun perilaku dan pola pengelolaan sekolah yang ramah lingkungan untuk melestarikan lingkungan.

Cara Memulai Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Berikut ini adalah cara memulai menjaga kebersihan lingkungan sekolah:

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Keasrian Lingkungan

Untuk memulai, yang diperlukan hanyalah sekolah membuat taman yang menarik secara visual dan berlimpah di lingkungan. Ajari anak-anak kamu untuk merawat kamu dan merawat kamu.

Siswa juga dapat menanam lidah buaya atau tanaman bermanfaat lainnya dengan izin guru kamu. Siswa dapat belajar tentang berbagai spesies tumbuhan sekaligus menjaga lingkungan sekolah tetap sejuk dan sehat.

Budaya Saling Mengingatkan

Kebiasaan saling mengingatkan mungkin terlihat kecil, tetapi ini adalah salah satu teknik yang sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Saling mengingatkan jika ada teman yang membuang sampah sembarangan atau melakukan kegiatan lain yang dapat merugikan bahkan merusak lingkungan sekolah. Dengan saling mengingatkan akan membangun kesadaran pribadi untuk menjaga kebersihan.

Kesimpulan

Begitulah Kebersihan Lingkungan Sekolah yang harus kamu terapi sehari-hari disekolah. Tugas yang sangat berat, namun ada hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap kebersihan halaman sekolah pada jiwa siswa dan tubuh orang dewasa.

Back to top button