Advertisement

Daftar Bagian Otak Manusia dan Fungsinya

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagian otak manusia dan fungsinya yang wajib kamu ketahui. Otak merupakan salah satu organ utama manusia yang memiliki pekerjaan yang sangat krusial.

Karena otak mengontrol setiap aspek tubuh kamu, Misalnya, ketika kamu mengangkat beban, otak kamu akan memerintahkan saraf otot untuk menggerakkan tangan kamu. Saat tiba waktunya untuk makan, otak mengirimkan sinyal ke lidah dan perut untuk membuat sesuatu bergerak.

Otak juga merupakan organ yang memiliki sel jaringan paling kompleks dalam tubuh manusia. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi otak yang berbeda dan apa yang kamu lakukan? Simak uraian berikut ini.

Bagian Otak Manusia

Bagian Otak Manusia

Waktu yang dibutuhkan otak untuk mencerna informasi baru dan kemudian menghasilkan output sangat singkat. Studi tentang otak berlanjut hingga hari ini. Semua ini menunjuk pada kompleksitas otak manusia.

Banyak area otak melakukan berbagai fungsi dan dihubungkan satu sama lain melalui jalur saraf. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai anatomi otak yang harus kamu ketahui.

Otak Besar (Cerebrum)

Cerebrum, atau otak besar, adalah bagian terbesar dari otak. Belahan otak kanan dan kiri juga dikenal sebagai belahan otak kanan dan kiri. Daerah persilangan tubuh secara ajaib dikendalikan oleh otak kanan dan kiri.

Otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh sedangkan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Akibatnya, cedera pada otak kiri mempengaruhi sisi kanan tubuh, dan kebalikannya juga benar.

Namun, fungsi keseluruhan otak besar mencakup lebih banyak lagi. Ini bukan hanya tentang mengelola tubuh. Mengingat otak besar ini adalah bagian terpenting, pekerjaannya jauh lebih sulit.

Jika melihat gambaran otak dan bagian-bagiannya, bagian pertama yang terlihat pada serebrum adalah bagian luarnya. Korteks serebral terletak di luar bagian utama otak. Sistem saraf yang mengatur otak terletak di area ini.

Sistem saraf otak terdiri dari kumpulan sel saraf yang dihubungkan satu sama lain. Ini adalah bagian yang sering muncul di benak ketika membayangkan bentuk otak.

Fisura interhemispheric atau longitudinal menghubungkan dua bagian otak.

Kemudian, pada bagian dalam serebrum terdapat sel-sel saraf yang disebut mielin. Myelin ini bertindak sebagai jembatan antara otak dan sumsum tulang belakang manusia. Setiap bagian dari otak besar dibagi lagi menjadi beberapa bagian, terutama sebagai berikut.

Lobus Frontal

Lobus frontal adalah yang terbesar dari empat lobus dan terletak tepat di depan atau sejajar dengan telinga.

Bagian penting dari lobus frontal otak adalah untuk mengatur emosi, tindakan, gerakan, ucapan, dan aspek lain dari kepribadian dan kognisi.

Bagian otak ini juga membantu mengembangkan keterampilan kognitif seperti penalaran, koordinasi motorik, membuat keputusan, memecahkan masalah, dan mengetahui perbedaan antara yang baik dan yang jahat.

Lobus Parietal

Lobus frontal meliputi lobus parietal. Informasi sensorik, seperti rasa sakit, suhu, dan sensasi lainnya, diproses di otak.

Perlu juga dicatat bahwa lobus parietal adalah pemain kunci dalam pemrosesan sinyal yang diterima dari bagian otak lainnya. Peran lain dari lobus parietal adalah untuk membedakan arah, bentuk, dan ukuran.

Lobus Temporal

Lobus temporal terletak di sisi kanan dan kiri otak, yang sejajar dengan telinga. Area ini memiliki fungsi untuk mendengar dan melihat, seperti mempelajari bahasa baru dan mengingat wajah orang yang kamu temui.

Tidak hanya itu, lobus temporal juga mengontrol perasaan dan mengevaluasi bagaimana orang lain bereaksi dan merasakan.

Lobus Oksipital

Bagian otak yang paling terbelakang adalah lobus oksipital. Bagian ini mengatur penglihatan dan membaca serta mengidentifikasi kata-kata dan hal-hal lain yang berhubungan dengan penglihatan.

Otak Kecil (Cerebellum)

Cerebellum disebut juga serebelum. Bagian ini terletak di belakang lobus oksipital. Sama seperti otak besar, bagian otak kecil juga dipisahkan menjadi dua.

Otak kecil memainkan fungsi penting dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi gerakan dalam tubuh. Selanjutnya berfungsi sebagai penyeimbang fungsi otak kiri dan kanan.

Gerakan motorik halus, seperti melukis, juga dipengaruhi oleh otak kecil.

Batang Otak

Di sisi lain dari otak kecil terletak batang otak. Batang otak merupakan jaringan ikat yang memiliki tujuan vital, yaitu untuk menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang.

Batang otak terbagi menjadi berbagai segmen dengan fungsi yang beragam. Berikut beberapa elemen batang otak yang harus kamu ketahui.

Otak Tengah

Otak tengah memiliki tugas mengatur penglihatan dan pendengaran. Akibatnya, otak tengah bertanggung jawab untuk memproses data aural dan visual.

Pons

Bagian terbesar dari batang otak adalah pons. Ini adalah bagian penghubung otak yang ditemukan di dekat dasar otak tengah.

Di dalam pons terdapat saraf kranial yang bertindak untuk mengatur gerakan dan penglihatan otot wajah. Pons juga bertugas mengirimkan informasi dari indera ke bagian lain dari otak.

Medulla Oblongata

Bagian terendah dari otak manusia adalah medula oblongata. Pusat kendali jantung dan paru-paru terletak di wilayah ini. Fungsi pernapasan seperti bersin dan batuk juga diatur oleh medula oblongata.

Thalamus Bagian Otak Manusia

Talamus adalah bagian dari otak yang memainkan peran penting dalam kesadaran, memori, dan tidur. Untuk memproses informasi, pesan dikirim ke otak melalui talamus. mengirimkan impuls otak ke sistem saraf untuk output.

Epithalamus

Epithalamus adalah jembatan antara saraf limbik dan area lain di otak.

Bagian Otak Manusia Medulla Oblongata

Hipotalamus

Hipotalamus menyumbang satu-setengah dari satu persen dari otak tengah. Terendam di bawah talamus, hipotalamus mengontrol banyak fungsi utama tubuh.

Di antara banyak fungsi talamus adalah mengatur suhu tubuh, produksi hormon, siklus tidur, tingkat kelaparan, emosi yang berkaitan dengan reproduksi, dan tekanan darah.

Meninges Bagian Otak Manusia

Otak adalah kumpulan sel-sel jaringan yang sangat sensitif, oleh karena itu diperlukan penutup untuk melindunginya. Meninges adalah selaput tipis yang membentuk lapisan otak. Meninges melindungi sumsum tulang belakang serta otak.

Meninges dipisahkan menjadi tiga lapisan; lapisan terluar disebut dura mater, yang lebih tebal. Lapisan tengah yang lebih tipis disebut arachnoid. Bagian terdalam dari membran disebut pia mater.

Corpus Callosum

Cerebrum dipisahkan menjadi dua bagian, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Sebuah corpus callosum menghubungkan dua bagian otak.

Corpus callosum adalah jaringan di otak yang menjaga sisi kanan dan kiri otak tetap sinkron sehingga dapat beroperasi bersama dengan mulus.

Kelenjar Pituitari

Hal ini juga disebut sebagai kelenjar pituitari atau kelenjar master otak. Ukuran dan lokasi kelenjar ini tidak diketahui, tetapi diyakini berada di bagian depan otak. Agar kelenjar lain menjalankan fungsinya, hormon diproduksi di bagian tubuh ini.

Hormon seperti hormon pertumbuhan, FSH, TSH, LH, prolaktin, oksitosin, adrenokortikotropin, dan antidiuretik semuanya dibuat oleh kelenjar pituitari.

Kelenjar Pineal

Letak kelenjar pineal berada di ventrikel otak. Pada dasarnya, studi yang lebih besar diperlukan untuk fungsi kelenjar ini. Produksi hormon pemicu tidur melatonin adalah salah satu fungsi yang telah ditemukan.

Saraf Kranial Bagian Otak Manusia

Ada total 12 pasang saraf kranial, yang masing-masing melayani tujuan tertentu di leher dan kepala. Di otak besar, ada 1 pasang. Kemudian sisanya terletak di batang otak.

Beberapa fungsi saraf kranial termasuk menjaga keseimbangan tubuh; mengatur pengoperasian organ tubuh; mengatur indera pendengaran dan penglihatan; mengendalikan otot; dan menggerakkan otot-otot wajah.

Sistem Limbik

Otak memiliki kendali penuh atas emosi seperti rasa takut dan marah pada saat ini.

Ventrikel Bagian Otak Manusia

Ventrikel adalah bagian otak yang menghasilkan cairan serebrospinal. Di otak, keempat ventrikel terletak di kedua sisi otak besar, di belakangnya, dan di tengah.

Setiap bagian dari ventrikel dihubungkan satu sama lain melalui tabung yang menghubungkan ventrikel satu sama lain.

Cairan Serebrospinal

Otak tidak hanya dilindungi oleh selaput meninges tetapi juga oleh cairan serebrospinal. Cairan bening ini tidak hanya melindungi otak tetapi juga ditemukan di sumsum tulang belakang.

Cairan ini juga memiliki tugas penting lainnya, yaitu mentransfer nutrisi dari darah ke otak. Cairan ini juga membersihkan sisa metabolisme otak.

Fakta Tentang Bagian Otak Manusia

Fakta Tentang Bagian Otak Manusia

Otak adalah bagian paling canggih dari tubuh manusia. Karena otak mampu memproses jutaan keping informasi dalam hitungan detik, ini tidak masuk akal. Hingga saat ini, belum ada yang mampu menandingi kemampuan luar biasa otak tersebut.

Ketika kamu menonton film asing tanpa subtitle misalnya, kamu melakukan ini. Bahkan jika kamu tidak dapat memahami sepatah kata pun dari apa yang dikatakan, ceritanya masih jelas.

Karena ekspresi wajah, intonasi, dan bahasa tubuh para aktor semuanya terwakili di layar, otak lebih mampu memproses informasi. Oleh karena itu, bahkan jika kamu tidak mengerti bahasanya, jika kamu memperhatikan emosi para pemainnya, kamu dapat memahami jalan cerita dari film tersebut.

Ada banyak fakta menarik lainnya tentang otak manusia. Tahukah kamu bahwa otak hanya menyumbang 2% dari total berat manusia?

Otak, meskipun ukurannya kecil, memiliki kekuatan untuk mengarahkan tindakan organ-organ tubuh secara keseluruhan. Kinerja organ lain pasti akan terpengaruh jika otak terganggu.

Selain itu, hingga 86 miliar sel saraf, atau biasa disebut neuron, juga dapat ditemukan di otak manusia. Interkoneksi antara satu neuron dengan neuron lainnya saling berhubungan membentuk sinapsis yang jumlahnya mencapai triliunan.

Dapat dilihat bahwa ada banyak bagian otak dan masing-masing bagian memiliki fungsi yang berbeda. Jika salah satu bagian tidak berfungsi, kinerja otak secara keseluruhan akan terganggu.

Oleh karena itu, otak harus terus dijaga agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan melakukan senam otak dan mengatur makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Jangan sampai apa yang kamu makan dan minum berakibat fatal. Karena ketika terjadi gangguan pada otak, lambat laun akan berdampak lebih besar pada tubuh secara keseluruhan.

Kesimpulan

Oleh karena itu, diperlukan uraian tentang bagian-bagian otak dan fungsi masing-masing bagian tersebut. Dengan memahami lebih dalam tentang otak, tentunya akan membuat kamu sadar bahwa otak merupakan salah satu organ tubuh yang harus selalu dijaga dengan baik.

Back to top button