Advertisement

Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat Secara Alami

Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat Secara Alami – Langkah hilangkan sariawan dapat dilakukan dengan memakai beberapa bahan alami. Sariawan atau yang dalam istilah medisnya juga dikenal sebagai stomatitis ialah keadaan umum yang pernah dirasakan sebagian besar orang.

Sariawan ialah cedera kecil, dangkal, dan berasa ngilu yang tampil pada jaringan lunak dalam mulut, pada landasan gusi, bawah lidah, atau sejauh segi rongga mulut.

Pemicu tentu timbulnya sariawan di mulut belum tahu sampai sekarang ini. Tetapi, sariawan disebutkan dapat karena kurangnya vitamin B12 atau asam folat, ketahanan badan menurun, dan ada infeksi bakteri. Kadang, perombakan hormon badan seperti saat menstruasi atau hamil bisa juga mengakibatkan sariawan tampil.

Cedera pada seriawan warna putih atau kekuningan dan dikitari infeksi disekelilingnya. Walau ukuran cederanya kecil, tetapi seriawan sering membuat penderitanya tidak nikmat makan dan tidak nyaman untuk bicara.

Sesungguhnya, sariawan akan raib dan pulih sendirinya. Tetapi, sebaiknya mengaplikasikan cara-cara hilangkan sariawan untuk menolong percepat proses pemulihan.

Karena itu, berikut kami meringkas langkah hilangkan sariawan secara cepat memakai bahan alamiah, merilis dari situs Alodokter dengan bermacam sumber:

Cara Menghilangkan Sariawan

Melansir dari laman Medical News Today, sariawan biasanya akan sembuh dalam jangka waktu 7-10 hari dengan sendirinya. Namun, hal tersebut tentu akan menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman pada penderitanya. Untuk itu, Anda bisa membantu proses pemulihan agar lebih cepat dengan menggunakan beberapa bahan berikut untuk mengobati sariawan, yakni:

  • Kumur dengan Larutan Garam

Saat menderita sariawan, berkumur dengan menggunakan air larutan garam disebut efektif untuk membantu meredaka nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya, adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1/2 cangkir air hangat, aduk sampai garam larut dalam air. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda.

  • Kompres dengan Kantong Teh Chamomile

Selain berkumur dengan larutan garam, sariawan juga bisa diredakan dengan cara melakukan pengompresan dengan menggunakan kantong teh chamomile. Hal ini dikarenakan, chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Cara penggunaannya dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.

  • Oleskan Madu

Madu merupakan bahan yang bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, madu dapat mempertahankan kelembapan bibir. Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

Cara menggunakan madu sangat mudah, Anda cukup mengoleskan madu pada bagian yang terdapat sariawan. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

  • Pisang

Buah pisang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin saat Anda mengalami sariawan, akan membantu meredakannya. Lebih efektif lagi jika kalian mencampurkannya dengan madu.

Selain mengonsumsi, buah pisang juga bisa digunakan untuk mengompres sariawan. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan pisang, adalah haluskan pisang hingga menjadi seperti pasta. Lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada sariawan dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah selesai kumur hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

  • Kelapa

Kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki manfaat yang sempurna. Minyak kelapa, dipercaya mampu membantu menyembuhkan sariawan. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan kelapa adalah dengan berkumur dengan air kelapa atau meminumnya. Untuk menggunakan minyak kelapa, Anda mengoleskannya pada bagian sariawan.

Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari.

  • Plain Yoghurt

Plain yoghurt ternyata juga disebut bisa membantu mengatasi sariawan. Meminum yogurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena minuman ini dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin atau meneteskan yogurt di area luka.

  • Es Batu

Ketika sariawan membengkak pasti akan terasa sangat menyakitkan. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan.

Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan. Anda kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri hingga mencair sepenuhnya.

  • Susu

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Tak heran susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.

Sumber : https://www.merdeka.com/trending/cara-menghilangkan-sariawan-lebih-cepat-dengan-bahan-alami-kln.html?page=all

Related Articles

Back to top button