Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil (Pregnancy Swelling)

ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil (Pregnancy Swelling) – Kaki bengkak waktu hamil adalah satu keadaan yang biasa dirasakan oleh banyak orang. Anda tidak perlu cemas bila merasakannya juga. Keadaan itu dapat ditangani dengan cara-cara yang gampang untuk dicoba.

Kaki bengkak dapat dikarenakan oleh berbagai macam hal. Pertama, hormon progesteron alami kenaikan waktu hamil. Hal tersebut membuat pencernaan melamban hingga perut jadi kembung. Dampak yang lain ialah bagian-bagian badan alami bengkak, tidak kecuali kaki.

Ke-2 , hamil membuat darah dan cairan pada tubuh bertambah. Bersamaan pertambahan umur kehamilan, saluran darah dari kaki jadi kesulitan untuk kembali pada jantung. Hal itu yang membuat kaki bengkak. Agar keadaan badan selalu terlindungi, ada banyak hal yang penting Anda kerjakan.

  • Kurangi Konsumsi Sodium

Mengutip dari Healthline (healthline.com), salah satunya langkah menangani kaki lebam dengan kurangi konsumsi sodium atau garam. Alasannya sebab garam membuat badan menahan lebih banyak air.

Usahakan tidak untuk menambahkan garam pada makanan yang Anda makan. Disamping itu, coba untuk menghindar makanan kaleng atau tipe makanan yang lain memiliki kandungan banyak sodium. Alih-alih menggunakan garam, coba untuk menggunakan rempah untuk menambahkan cita-rasa makanan.

  • Kurangi Cafein

Kaki bengkak waktu hamil bisa juga Anda tangani dengan kurangi konsumsi cafein, lo. Disamping itu, konsumsi cafein berlebihan sepanjang hamil tidak bagus untuk perkembangan dan perubahan janin dalam kandungan.

Cafein mempunyai dampak diuretik yang membuat Anda kerap buang air kecil. Hal tersebut diartikan badan sebagai signal untuk mencegah semakin banyak air hingga kaki Anda lebam. Bila Anda pengin minum kopi, coba untuk minum decaf coffee atau kopi tanpa ada cafein.

  • Minum Banyak Air

Healthline menganjurkan Anda untuk minum semakin banyak air agar kaki tidak lebam sepanjang hamil. Saat dehidrasi, badan berpikir untuk menahan lebih banyak air. Berarti, menghindar dehidrasi sepanjang hamil penting untuk dilakukan.

Coba untuk minum 10 gelas air putih tiap hari. Selain menghindari kaki lebam, minum banyak air membantu ginjal untuk keluarkan zat racun yang dapat mempengaruhi kesehatan badan Anda.

  • Pakai Baju yang Longgar

Selain cara-cara di atas, kaki bengkak waktu hamil bisa juga ditangani dengan menggunakan baju longgar. Baju yang ketat malah bisa memperparah bengkak sebab saluran darah bertambah lebih terganggu.

Sumber : kontan.co.id

Related Articles

Back to top button