Advertisement

Menerapkan Mindfulness dalam Kegiatan Sehari-hari

Menerapkan Mindfulness dalam Kegiatan Sehari-hari – Mengaplikasikan tehnik meditasi mindfulness terbukti bawa banyak manfaat dalam tubuh dan pikiran. Tidak hanya dikerjakan waktu meditasi, mindfulness bisa juga dipraktikkan dalam aktivitas setiap hari.

Dikutip mindful, mindfulness ialah kekuatan dasar manusia untuk betul-betul berada dan merasakan keadaan saat ini, seperti di mana dia berada, apa yang dilakukan, dan tidak reaktif terlalu berlebih pada apa yang berlangsung di sekitarnya.

Lakukan meditasi mindfulness dapat membuat seorang bertambah lebih tenang dan konsentrasi. Disamping itu, mindfulness dapat tingkatkan resiliensi seorang dalam hadapi depresi, terhitung hadapi desakan kondisi di tengah-tengah wabah corona ini.

Mengaplikasikan mindfulness bisa juga dikerjakan waktu beraktivitas setiap hari. Berikut contoh aktivitas yang dapat dikerjakan dengan mindful atau sadar:

  • Saat makan

Bawa perhatian Anda dengan menutup mata dan bernafas perlahan 8 sampai 10 napas saat sebelum mengawali makan. Dengarkan tubuh Anda. Sesudah bernafas, membawa kesadaran Anda ke sensasi fisik yang Anda alami, apakah Anda lapar atau betul-betul lapar.

Makanlah sesuai tingkat kelaparan Anda. Dengan ini, Anda makin lebih sadar dengan yang Anda makan, kapan, dan berapa banyak makanan yang akan Anda konsumsi. Praktikkan makan dengan tenang. Makanlah dengan rileks, perlahan, dan teruskan bernafas dengan dalam.

  • Waktu olahraga

Apa pun olahraganya, baik naik sepeda, renang, atau lainnya, Anda dapat melakukan dengan mindful. Misalkan ketika mau naik sepeda, Anda dapat mengatakan, “saya akan bernafas dalam dan rasakan sensasi angin dan matahari sepanjang saya mengayuh.”

Selanjutnya, waktu pemanasan atau pendinginan. Kerjakan pergerakan simpel dan fokus dan menyesuaikan irama napas dengan pergerakan Anda. Dengan bergerak mengikut irama, rutinitas otak Anda, detak jantung mulai akan konstan dan selaras.

  • Waktu ada di dapur

Dapur bisa juga jadi ruang untuk latihan tehnik mindfulness. Coba untuk betul-betul sadar waktu memasak atau bersihkan dapur, kerjakan rutinitas itu dengan rileks dan tenang.

Mengikuti napas akan membantu Anda untuk fokus pada apa yang tengah dikerjakan. Waktu memasak, luangkan cukup waktu hingga kita tidak tergesa-gesa. Sadari bahwa anggota keluarga Anda yang lain bergantung dari sesuatu yang Anda masak. Kesadaran seperti ini akan menuntun Anda untuk memasak makanan sehat dengan penuh kesadaran.

Selain menjadi lebih tenang dan konsentrasi, mengaplikasikan mindfulness bawa manfaat lain, seperti menolong proses pemulihan dari sakit, mengurangi kecemasan (anxiety), dan meningkatkan kesehatan secara kelseuruhan, begitu seperti diambil dari Positive Psychology.

Riset yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE bahkan menuliskan jika meditasi mindfulness bisa mengganti susunan otak. Berdasar scan MRI pada otak orang yang mengaplikasikan meditasi ini, ada pengerucutan pada organ amigdala, sisi otak yang memanajemen emosi manusia. Perihal ini pula yang jadikan orang yang lakukan meditasi mindfulness makin lebih resiliensi dan tahan banting, dan tidak reaktif hadapi depresi.

Sumber : tirto.id

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas