Cara Blow Rambut Sendiri Agar Tahan Lama dengan Mudah

nafa cahyani

Cara Blow Rambut Sendiri Agar Tahan Lama dengan Mudah

Rancakmedia.com – Seperti yang kamu semua tahu, khususnya para perempuan bahwa ngeblow rambut adalah hal wajib untuk dilakukan. Tapi bagaimana cara blow rambut sendiri supaya tahan lama seperti di salon?

Walaupun harga ngeblow rambut di salon terbilang cukup murah, namun kalau kamu pergi ke salon untuk ngeblow setiap hari gimana? Harga yang tadinya murah, bisa jadi menghabiskan tabunganmu lhoo.

Jadi gimana cara blow rambut sendiri dirumah? bagi kamu yang sudah penasaran banget, simak artikel di bawah ini hingga selesai ya.

Apa Itu Blow Rambut

Apa Itu Blow Rambut

Blow rambut adalah proses pengeringan rambut dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut untuk menghilangkan kelembaban dari rambut setelah keramas atau dicuci.

Blow rambut dapat dilakukan di salon atau juga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat pengering rambut. Blow rambut dapat memberikan tampilan rambut yang lebih bervolume dan berkilau.

Namun, penggunaan hair dryer yang terlalu sering dan panas dapat merusak rambut dan membuatnya lebih kering serta mudah patah.

Oleh karena itu, sebaiknya melakukan blow rambut secara bijak dan menghindari penggunaan hair dryer yang terlalu sering dan terlalu panas.

Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Blow Rambut

Nah sebelum kamu ngeblow rambut, kamu perlu menyiapkan beberapa hal penting untuk ngeblow rambut kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan blow rambut:

  1. Hair dryer atau pengering rambut
  2. Brush atau sisir rambut
  3. Produk penata rambut, seperti mousse atau hairspray, untuk memberikan volume dan bentuk pada rambut
  4. Pelindung rambut atau heat protectant spray untuk mengurangi kerusakan pada rambut akibat paparan panas hair dryer
  5. Handuk untuk mengeringkan rambut sebelum melakukan blow rambut
  6. Jepit rambut atau klip untuk membagi rambut menjadi bagian-bagian saat melakukan blow rambut
  7. Pastikan juga untuk mempersiapkan tempat yang aman dan terbuka agar tidak terjadi kecelakaan saat melakukan blow rambut. Jangan lupa untuk mematikan hair dryer setelah selesai digunakan dan menyimpannya di tempat yang aman dan kering.

Cara Blow Rambut Sendiri Tanpa Ribet

Di bawah ini terdapat cara blow sendiri yang bisa kamu lakukan dirumah tanpa ribet, sebagai berikut:

1. Keramas

Cara Blow Rambut Sendiri Tanpa Ribet

Sebelum melakukan blow rambut, keramas menjadi ritual yang wajib dan tidak boleh diabaikan. Jika melakukan blow rambut dalam keadaan kulit kepala yang kotor, kotoran akan menempel di kulit kepala dan dapat menyebabkan ketombe atau masalah rambut lainnya.

Saat keramas, disarankan untuk menggunakan air dingin saat membilas rambut. Tujuannya agar kulit kepala tidak terlalu berminyak, karena kelebihan minyak dapat membuat rambut menjadi lepek dan berbau tidak sedap.

Dari sini dapat dipahami bahwa proses keramas tidak dapat diabaikan dalam tahapan cara melakukan blow rambut sendiri. Untuk mendapatkan hasil seperti di salon, tidak boleh melewatkan tahapan apapun karena jika dilewatkan, hasil blow rambut akan berbeda.

2. Jangan Lupa Gunakan Conditioner

Setelah kamu selesai keramas, kamu jangan sampai melupakan Conditioner ya agar rambut kamu lebih bervolume dan lebih halus.

Kamu bisa menggunakan Conditioner pada bagian bawah rambut saja ya, tidak di anjurkan sampai kekulit kepala.

Karena kulit kepala adalah salah satu kulit yang sangat sensitif, dan jika Conditioner tertinggal di kulit kepala akan menjadi kotoran yang mengendap.

Kamu juga tidak diperbolehkan menggunakan Conditioner yang banyak, gunakan saja secukupnya. Kamu juga harus pilih Conditioner yang paling cocok untuk rambut kamu, jangan pilih asal-asalan.

Jika kamu salah pilih Conditioner, maka rambut kamu bisa saja menjadi bercabang dan juga kering.

3. Serum

Setelah menggunakan conditioner, step selanjutnya ialah kamu wajib menggunakan serum untuk rambutmu. Tujuan serum adalah memberikan nutrisi yang cukup pada rambutmu sehingga rambutmu menjadi sehat, terawat, dan bersinar.

Pilih serum yang berbahan dasar air, bukan minyak, agar tidak membuat minyak di kulit kepalamu berlebih. Seperti halnya conditioner, pengaplikasian serum pada rambutmu juga tidak perlu sampai ke akar. Cukup di aplikasikan pada helai rambut bagian bawah hingga ke ujung saja.

Yang terpenting adalah memastikan kebutuhan vitamin rambutmu terpenuhi.

4. Dry Shampoo

Dry Shampoo

Bagi sebagian dari kita yang memiliki rambut yang sangat lepek, disarankan untuk menggunakan dry shampoo. Dry shampoo adalah jenis shampoo yang tidak perlu dibilas.

Cara penggunaannya adalah dengan menyemprotkan dry shampoo pada kulit kepala dan meratakan dengan lembut.

Setelah itu, pijatlah kulit kepala dengan lembut. Tunggu hingga dry shampoo benar-benar menyerap ke kulit kepala sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

5. Jepit Rambut

Selanjutnya jepit rambut kamu, pisahkan rambut kamu menjadi beberapa bagian. Kamu juga harus menggunakan penjepit yang tahan panas.

Karena saat kamu ngeblow rambut, Hair dryer yang kamu gunakan akan mengeluarkan uap panas, jadi jika penjepit yang kamu gunakan tidak tahan panas, maka akan meleleh.

6. Hairdryer

Dalam proses menggunakan penjepit, rambut kamu harus dikeringkan terlebih dahulu dengan hair dryer secara menyeluruh.

Hal ini dilakukan agar rambut tidak terlalu basah saat proses blowing dimulai. Penting diingat bahwa saat menggunakan hair dryer, rambut harus dikeringkan secara merata dan tidak ada bagian yang terlewat dan masih basah.

Rambut yang masih basah tetapi langsung diblow dapat menyebabkan rambut rontok. Tentunya kamu tidak ingin rambut kamu rontok hanya karena melakukan proses blowing di rumah, bukan?

7. Mulai Blow

Mulai Blow

Ketika ngeblow rambut, kamu bisa memakai sisir bulat untuk memudahkan. Lepaskan satu persatu bagian rambut yang sebelumnya telah digulung dan dijepit, kemudian blow rambut setelah terasa agak kering.

Cara ngeblow-nya bisa dilakukan dengan perlahan menggunakan sisir bulat tadi, gulung rambut, dan keringkan lagi menggunakan hairdryer.

Tarik gulungan rambut perlahan-lahan dengan hairdryer hingga rambut terlihat mengembang dan menjuntai ke bawah.

Proses ngeblow harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru karena hasil yang diinginkan tidak akan tercapai jika tergesa-gesa.

Ingat, setelah melalui tahapan keramas dan conditioner, kamu ingin hasil yang maksimal dari blow rambutmu.

8. Copot Penjepit yang Kamu Gunakan

Setelah semua bagian rambut yang terpisah-pisah tadi selesai di-blow, saatnya mengumpulkan semua bagian rambutmu dan mengikatnya menjadi satu. Setelah diikat, gulung di tengah-tengah, lalu jepit lagi menggunakan jepitan tahan panas.

Setelah dijepit, kamu wajib mendiamkan rambut selama kurang lebih 20 – 30 menit, baru bisa dilepas dari jepitannya.

9. Hair Spray

Jika kamu sudah melihat hasil blow kamu sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa menyemprotkan hair spray ke rambut kamu yang berguna untuk membuat rambut kamu lebih bervolume.

Hair Spray

Selain itu juga, nantinya rambut kamu ga akan gampang lentur lagi hasil blownya.

Jika rambut kamu pendek, maka semprotkan Hair Spray sedikit saja, sedangkan panjang lebih banyak, gunakan sesuai porsi ya, jangan berlebihan.

Kesimpulan

Blow rambut adalah proses pengeringan rambut dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut untuk menghilangkan kelembaban dari rambut setelah keramas atau dicuci.

Demikian informasi tentang cara blow rambut sendiri agar tahan lama dengan mudah, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.