Ini Cara Menghadapi Singel Shaming Dan Pengertian Single Shaming

ADVERTISEMENT

Ini Cara Menghadapi Singel Shaming Dan Pengertian Single Shaming – Mitos bahagia selamanya bersama pasangan jadi kisah seakan seorang harus menikah pada umur spesifik, khususnya untuk seorang wanita.

Dari penggunaan umum arti perawan tua, budaya menempatkan nilai yang tidak seimbang pada posisi hubungan seorang wanita.

Sesungguhnya ada beberapa manfaat jadi lajang, diantaranya dapat mempunyai banyak aktivitas membahagiakan yang dapat dikerjakan selaku seorang lajang.

Tetapi, banyak pula meme lajang yang membuat beberapa orang nampaknya memikir jika jadi lajang berarti sudah gagal dalam sebuah hubungan.

“Single shaming berawal dari ide jika jadi lajang entah bagaimana ‘lebih rendah’ ​​untuk ada pada suatu hubungan,” kata ahli kencan Match, Hayley Quinn.

“Ini bisa diekspresikan sebagai pujian yang dengan maksud baik (walau salah menilai) untuk tanggapan yang betul-betul kasar. Baik itu berawal dari famili usil atau rekan berpasangan sombong, tanggapan ini bisa menunjukkan jika ada suatu hal yang pada intinya aneh mengenai jadi seorang wanita sebagai lajang karena pilihan,” tambahnya.

Hayley Quinn menyampaikan ide ini tentu saja dapat ditelusuri kembali pada ide tradisionil (patriarki) jika seorang wanita harus dipandang dari status perkawinannya.

“Ini kerap kali jadi pertanyaan pertama yang ditanya orang bahkan juga saat sebelum memikir untuk bertanya mengenai profesi Anda, rekan, atau sisi lain dari hidup yang kemungkinan Anda hiraukan,” sambungnya.

Berikut dampak psikis dari Single Shaming seperti diuraikan dalam situs Psychology Today :

  1. Rasa Malu;
  2. Menyerang Jiwa;
  3. Merusak Pencapaian
  4. Mengikis Harga Diri;
  5. Depresi.

Wanita lajang menjadi anggota salah satu kelompok yang paling terstigmatisasi. Tetapi, pria lajang menghadapi stigma tetapi tidak sampai di tingkat yang serupa.

Pertimbangkan kontras konotatif di antara “perawan tua” dan “bujangan” atau “playboy”.

Kebohongan budaya memberitahukan kita jika seorang wanita belum capai pucuk keberhasilan yang sesungguhnya atau jadi orang yang seutuhnya sadar sampai ia berjalan telusuri lorong atau mempunyai cincin di jarinya.

Berikut panduan hadapi Single Shaming dalam lingkup kehidupan seorang lajang diambil dari Huffpost :

  1. Tips Menghadapi Shaming di Kantor
    – Jangan Pernah Merasa Malu;
    – Abaikan Saja;
    – Tidak Perlu Membicarakan Kehidupan Pribadi;
    – Memberi tahu bahwa fokus utama saat ini adalah pekerjaan dan bukan percintaan.
  2. Tips Menghadapi Shaming di Pertemanan
    – Membela Diri Sendiri
    -Bersikap Serius
    – Jangan Malu
    – Angkat Bicara
  3. Tips Menghadapi Shaming di Keluarga
    – Sarkasme
    – Berterus Terang dan Jujur
    – Jangan Pernah Malu

Sumber : tirto.id

Related Articles

Back to top button