Mencegah Flu Dengan 6 Cara Mudah Berikut Ditengah Pandemin Ini

ADVERTISEMENT

Mencegah Flu Dengan 6 Cara Mudah Berikut Ditengah Pandemin Ini – Flu ialah infeksi aliran pernafasan yang menyerbu beberapa orang tiap tahun. Siapa saja dapat terjangkit virus flu. Biasanya flu memunculkan beberapa tanda-tanda, seperti demam, pegal, pilek, batuk, sakit kerongkongan, dan kecapekan. Tanda-tanda ini umumnya lebih baik dalam kurun waktu seputar 1 minggu tanpa ada kompleksitas.

Tapi ke orang dewasa yang berumur lebih tua, yang mekanisme kebalnya kemungkinan lebih kurang kuat, flu dapat beresiko. Resiko kompleksitas berkaitan flu, seperti pneumonia semakin tinggi ke orang dewasa yang lebih tua.

Sampai 85 %, kematian berkaitan flu musiman terjadi ke orang yang berumur 65 tahun ataupun lebih. Bila Anda terhitung dalam barisan umur ini, penting untuk Anda untuk mengenali langkah membuat perlindungan diri kita sebelum serta sesudah terkena virus.

Bahkan juga sekarang di tengah-tengah wabah Covid-19, tindakan pencegahan flu makin perlu dikerjakan. Merilis CDC, langkah terhebat untuk menahan flu musiman dengan mendapatkan vaksinasi tiap tahun, tapi rutinitas kesehatan yang bagus seperti menghindar orang yang sakit, tutup mulut waktu batuk, dan kerap membersihkan tangan bisa menolong hentikan penebaran kuman dan menahan penyakit pernafasan seperti flu.

Berikut enam langkah efisien menahan flu dan jaga badan tetap sehat.

  • Hindari keramaian

Menghindar keramaian besar seringkali sulit, tapi ini harus dikerjakan, apa lagi sepanjang wabah Covid-19. Batasi contact dengan beberapa orang sepanjang musim flu, bisa kurangi resiko terserang infeksi. Apa lagi, flu dapat menebar secara cepat di ruangan tertutup. Ini terhitung sekolah, tempat kerja, panti jompo, dan sarana hidup berbantuan.
Sepanjang wabah Covid-19, penggunaan masker muka benar-benar dianjurkan setiap saat Anda keluar dari rumah. Anda bisa juga membuat perlindungan diri dengan menjauhi dari orang yang lagi sakit. Jaga jarak dari siapa saja yang batuk, bersin, atau alami tanda-tanda flu atau virus yang lain.

  • Bersihkan tangan dengan teratur

Sebab virus flu dapat hidup di atas yang keras, lakukan membersihkan tangan dengan teratur, khususnya saat sebelum mempersiapkan makanan dan makan. Disamping itu, terus membersihkan tangan sesudah memakai kamar mandi.
Gunakan hand sanitizer untuk bersihkan tangan, saat Anda tidak bisa menemukan sabun dan air.
Disamping itu, upayakan tidak untuk sentuh hidung, mulut, atau mata, sesudah sentuh benda yang banyak digenggam orang, seperti kenop pintu, sakelar lampu, dan tombol lift.
Virus flu bisa menebar pada udara, tapi dapat masuk di badan Anda saat tangan yang terkena sentuh muka Anda.
Waktu membersihkan tangan, pakai air sabun hangat dan gosokkan ke-2 tangan minimal sepanjang 20 detik. Basuh tangan Anda dan keringkan dengan handuk bersih.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Perkuat sistem kekebalan tubuh ialah langkah lain membuat perlindungan diri dari flu. Sistem kekebalan yang kuat menolong badan menantang infeksi. Apabila Anda jatuh sakit, sistem kekebalan yang kuat menolong kurangi keparahan tanda-tanda.
Untuk membangun kekebalan, tidurlah minimal 7 sampai 9 jam per malam. , jaga kegiatan rutin rutinitas fisik dengan teratur – minimal 30 menit, 3x satu minggu.
Aplikasikan skema makan sehat dan banyak mengandung nutrisi. Awasi gula, junk food, dan makanan banyak mengandung lemak. Kebalikannya, konsumsilah bermacam buah dan sayur, yang kaya vitamin dan anti-oksidan, untuk tingkatkan kesehatan.
Berbicaralah sama dokter Anda, mengenai konsumsi multivitamin untuk memberikan dukungan mekanisme kebal.

  • Bersihkan dan disinfeksi seluruh permukaan benda

Wabah Covid-19 pasti sudah mengajar kita selalu untuk jaga kebersihan. Tidak cuma kebersihan diri, dan juga kebersihan di lingkungan.
Bila seorang di dalam rumah Anda diserang flu, minimalkan resiko terjangkit dengan jaga kebersihan tiap permukaan benda di dalam rumah. Ini dapat menolong mematikan kuman flu.
Pakai pencuci disinfektan untuk mengusap gagang pintu, telephone, mainan, sakelar lampu, dan permukaan bersinggungan tinggi yang lain seringkali tiap hari. Orang yang sakit harus juga mengarantina dirinya ke sisi spesifik rumah.
Bila Anda menjaga orang sakit di dalam rumah, gunakan masker dan sarung tangan bedah waktu menjaganya, dan bersihkan tangan Anda selanjutnya.

  • Vaksinasi flu tahunan

Yakinkan Anda memperoleh vaksinasi flu tiap tahun. Virus flu yang tersebar menguasai berbeda dari tahun ke tahun, jadi Anda perlu mengupdate vaksinasi Anda tiap tahun.
Ingat-ingatlah, jika diperlukan waktu seputar dua minggu supaya vaksin itu efisien. Bila Anda diserang flu sesudah vaksinasi, suntikan bisa kurangi keparahan dan waktu penyakit Anda.
Sebab resiko kompleksitas yang tinggi ke orang yang berumur di atas 65 tahun, karena itu upayakan untuk memperoleh vaksinasi flu pada awal musim. Untuk Anda yang berumur 65 tahun, bahas sama dokter Anda peluang memperoleh vaksin flu jumlah tinggi.
Vaksin jumlah tinggi memiliki kandungan seputar 4x jumlah antigen selaku suntikan flu biasa. Vaksin adjuvan memiliki kandungan bahan kimia yang menggairahkan mekanisme kebal. Suntikan ini sanggup membuat tanggapan imun yang lebih kuat pada vaksinasi.
Kecuali memperoleh vaksinasi flu tahunan, tanya ke dokter Anda mengenai vaksinasi pneumokokus. Ini akan membuat perlindungan Anda dari pneumonia, meningitis, dan infeksi saluran darah yang lain.

  • Diskusi pada dokter bila muncul tanda-tanda flu

Sebab flu dapat beresiko untuk orang yang berumur di atas 65 tahun, datangi dokter bila Anda alami tanda-tanda flu. Tanda-tanda yang perlu jadi perhatian ialah demam, batuk, sakit kerongkongan, pegal-pegal, sakit di kepala, kecapekan, hidung meler atau tersumbat.
Gejala-gejala itu bertumpang-tindih dengan infeksi aliran pernafasan lain, seperti Covid-19. Dokter peluang akan minta Anda lakukan test Covid-19. Sekalian menanti hasil test, penting untuk menutup diri, menggunakan masker, dan jaga kebersihan secara baik.
Tidak ada obat untuk flu. Tapi bila Anda terkena virus dan memeriksa diri ke dokter lebih cepat, Anda kemungkinan dapat terima resep obat antivirus seperti Tamiflu.
Bila diminum dalam 48 jam pertama tanda-tanda, antivirus bisa menyingkat waktu flu dan kurangi keparahan tanda-tanda. Disamping itu akan turunkan resiko kompleksitas, seperti pneumonia.

Sumber : kompas.com

Related Articles

Back to top button