10 Jenis Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Lovata Andrean

10 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan
10 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

6. Surat Berharga Negara (SBN)

Ini adalah jenis investasi dengan jaminan sebagai deposit, tetapi menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi. Surat Berharga Negara atau SBN benar-benar aman dan menguntungkan karena diterbitkan oleh Pemerintah. Besaran bunga yang diberikan biasanya lebih dari 6 persen/tahun yang lebih tinggi dari deposito. Ada beberapa jenis SBN, yaitu:

  • Savings Bond Ritel adalah jenis Obligasi Pemerintah yang dapat dibeli oleh masyarakat untuk berinvestasi secara aman, sederhana, murah, dan menguntungkan.
  • Sukuk Tabungan, khususnya Surat Berharga Syariah Negara sebagai salah satu jenis investasi berbasis syariah bagi masyarakat.
  • Obligasi Negara Ritel adalah Obligasi Negara yang diterbitkan kepada investor ritel untuk pasar perdana dalam negeri bagi masyarakat.

7. Pinjaman P2P

Peer To Peer Lending adalah tren yang semakin meningkat seiring dengan popularitas platform pinjaman online di Indonesia. P2P akan menemukan secara online antara investor sebagai pemilik uang dan peminjam yang membutuhkan dana pinjaman.

Ada banyak bisnis P2P yang terkenal di Indonesia antara lain: Modalku, Investree, Koinworks, Amartha dan Akseleran. Jadi aplikasi P2P akan menentukan calon debitur berdasarkan ketentuan tertentu dan kemudian membangun profil risiko debitur, kemudian menyajikan data calon debitur di marketplace untuk dipilih investor.

Di sini pemilik uang dapat bertindak sebagai investor yang akan menerima berbagai keuntungan seperti: pengembalian yang dicapai bisa sampai 12 persen-16 persen/tahun. Jumlah investasi P2P sangat sederhana, dari Rp. 10 ribu per pembiayaan, yang merupakan keuntungan lain.

Kemudian penggunaan teknologi informasi online membuat prosedur menjadi efisien. Hanya saja risiko yang harus ditanggung investor adalah jika peminjam gagal membayar yang bukan ditanggung pengelola aplikasi.

8. Reksa Dana

Termasuk jenis investasi yang layak dan murah bagi investor biasa. Masyarakat tinggal menentukan dan mengalokasikan sebagian dananya pada produk reksa dana. Manajer Investasi adalah orang yang akan menangani uang dari investor tersebut, jadi pilihlah dengan bijak dan hati-hati.

Kehadiran perusahaan financial technology (Fintech) membuat proses pembelian reksa dana semakin mudah dan cepat. Menempatkan dana investasi di reksa dana kini sangat murah dari hanya Rp. 10 ribu.

Kemudahan lainnya adalah hadirnya aplikasi investasi reksa dana online resmi yang memungkinkan individu biasa membeli reksa dana sendiri. Kamu juga dapat membeli reksa dana melalui situs belanja Tokopedia dan Bukalapak.

9. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah variasi tabungan yang ditawarkan oleh bank yang akan memudahkan nasabah untuk memperoleh bunga tabungan yang lebih besar dari pada kebanyakan tabungan dengan mencapai jangka waktu tabungan tertentu. Dengan tabungan berjangka, jika nasabah tertimpa musibah, bank akan mengatur asuransi untuk menutupi sisa masa simpan.

Produk tabungan berjangka sebagai salah satu pilihan investasi jangka pendek, antara lain tabungan pendidikan CIMB Niaga, tabungan Mandiri plan, dan BCA berjangka. Beberapa orang mungkin percaya bahwa tabungan berjangka bukanlah alat investasi karena cenderung menjadi tabungan dengan pengembalian yang relatif kecil dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Keuntungan dari tabungan berjangka adalah bahwa mereka adalah investasi jangka pendek dengan fokus pada keamanan. Misalnya dalam 3 bulan ke depan, uang yang terkumpul akan disalurkan untuk biaya sekolah anak, tabungan berjangka akan menumbuhkan rasa disiplin dengan konsisten menabung setiap bulannya.

Caranya adalah dengan mendebet rekening secara otomatis dalam jangka waktu tertentu dan kemudian dana yang terkumpul tidak dapat ditarik selama periode tabungan. Tabungan berjangka juga menawarkan perlindungan asuransi jiwa gratis bagi nasabah.

10. Property

Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa berinvestasi di properti adalah untuk jangka panjang, faktanya nilai properti tidak perlu menunggu lama untuk meroket. Inilah opsi lain yang menguntungkan. Ingat konsep investasi jangka pendek di bawah 1 tahun.

Bahkan, harga properti saat ini yang baru setahun naik cukup signifikan, apalagi jika berada di posisi kunci. Hanya saja, berinvestasi di properti membutuhkan dana yang signifikan.

Kesimpulan

Berinvestasi dalam mata uang mirip dengan operasi jual beli mata uang negara lain. Investasi emas online sangat murah, mulai dari Rp 5.000 kamu sudah bisa melakukannya. Reksa Dana adalah investasi yang layak dan murah bagi investor biasa. Peer To Peer Lending adalah tren yang semakin meningkat seiring dengan popularitas platform pinjaman online.

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks