Tabel Angsuran KUR BRI 2023 Lengkap dengan Persyaratannya

nafa cahyani

Tabel Angsuran KUR BRI 2023 Lengkap dengan Persyaratannya

Rancakmedia.com – Penting bagi kamu untuk mengetahui tabel angsurann KUR BRI 2023, untuk mengetahui informasi terbaru tentang suku bunga, plafon maksimum dan juga persyaratan untuk mengajukan KUR.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI adalah program pinjaman produktivitas yang beguna untuk memfasilitasi kebutuhan modal bagi pengusaha khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Berbeda dengan Kupedes, Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI telah memperoleh subsidi bunga dari pemerintah dengan cicilan 12 bulan nya.

Plafon Kredit Usaha rakyat atau KUR BRI sangat fleksibel tergantung dengan jenis KUR yang hendak kamu ajukan seperti Mikro, Ritel, ataupun KUR Super Mikro tanpa adanya jaminan.

Syarat yang Diperlukan dari KUR BRI 2023

Gak kalah kompetitifnya dari bank lain, cara mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI juga bisa kamu lakukan online melalui situs resmi.

Tabel angsuran KUR BRI 2023 sebagai simulasi cicilan pinjaman terbaru juga bisa kamu temukan dengan mudah lewat media online, salah satunya yang akan kami bahas di bawah ini.

Di tengah menurunnya daya beli masyarakat akibat adanya Covid-19 lalu, ketersediaan modal menjadi salah satu kunci UMKM bertahan serta mengembangkan usahanya.

Bagi pelaku UMKM, kebutuhan modal terkadang memberikan tekanan dan harus segera dicarikan solusinya.

Untungnya pemerintah tahun ini menambah alokasi dana KUR 2023 sampai Rp 373,17 triliun sehingga pelaku UMKM memiliki kesempatan lebih besar buat mengajukan pinjaman modal usaha.

Walaupun masalah pinjaman modal memang sangat sensitive terutama bagi para pebisnis. Namun bila kamu biarkan begitu saja, bisa saja bisnis akan semakin merosot bahkan stuck di tengah jalan.

Makanya solusi terbaik untuk mengatasi kekurangan modal usaha sebenarnya sangat mudah, cukup manfaatkan program KUR dengan cicilan ringan sesuai tabel pada brosur.

Syarat yang Diperlukan dari KUR BRI 2023

Berikut adalah syarat-syarat untuk mengajukan KUR BRI:

1. Syarat KUR Mikro

KUR Mikro adalah jenis pinjaman modal usaha dengan bunga rendah yang dapat digunakan sebagai kredit modal kerja maupun investasi. Sasaran penerima KUR Mikro adalah para pemilik usaha produktif dengan masa usaha minimal 6 bulan.

Berikut syarat dari KUR Mikro:

  1. Warga Negara Indonesia yang memiliki jenis usaha produktif dan layak sebagai penerima program KUR.
  2. Usaha telah berjalan minimal 6 bulan berturut-turut.
  3. Penerima kredit tidak sedang menikmati fasilitas kredit produktif baik dari bank BRI ataupun dari perbankan lain.
  4. Mengisi formulir permohonan serta melengkapi berkas-berkas yang diperkulan seperti halnya KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Legalitas Usaha.
  5. Fotokopi legalitas jaminan tambahan, seperti BPKB Motor atau jenis aset lain yang bisa gunakan sebagai agunan.

Syarat KUR Mikro

2. Syarat KUR Kecil atau Ritel

Jenis pinjaman ini ditujukan bagi pelaku usaha UMKM menengah, karena plafon pinjaman yang tersedia mencapai 500 juta rupiah, maka agunan menjadi syarat wajib dalam mengajukan pinjaman ini. Agunan yang dapat digunakan antara lain sertifikat rumah atau tanah, serta BPKB kendaraan.

Nah bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman KUR Ritel, dengan nilai pengajuan mulai dari Rp. 25 Jt hingga Rp. 500 JT, ini syaratnya:

  1. Warga Negara Indonesia pelaku usaha produktif dan layak menerima kredit usaha rakyat jenis ritel dari BRI.
  2. Penerima tidak sedang menikmati layanan kredit produktif baik yang diterima melalui BRI atau perbankan lain.
  3. Umur usaha yang sedang dijalannkan minimal sudah menginjak 6 bulan
  4. Usaha yang dijalani adalah usaha legal yang telah mengantongi surat izin atau surat keterangan yang dapat menggantikannya.
  5. Fotokopi aset berharga, seperti BPKB Mobil atau sertifikat rumah yang akan dijadikan sebagai jaminan tambahan.

3. Syarat KUR Bagi TKI

Jenis pinjaman ini ditujukan untuk calon TKI yang akan bekerja di luar negeri, terutama di negara-negara seperti Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura.

BRI akan memberikan modal dengan plafon maksimal 25 juta rupiah untuk calon TKI yang akan bekerja di luar negeri. Suku bunga pinjaman ini rendah, hanya sebesar 6%, dan memiliki tenor maksimal 36 bulan atau sesuai dengan kontrak kerja.

Pembiayaan TKI hanya bisa diajukan oleh calon tenaga kerja Indonesia yang telah memiliki kontrak kerja, berikut syaratnya:

  1. Calon debitur merupakan Warga Negara Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri.
  2. Mengajukan permohonan kredit dengan melengkap formulir pengajuan yang diberikan untuk mendapatkan KUR TKI BRI.
  3. Melengkapi berkas yang diperlukan seperti KTP, KK, Surat perjanjian penempatan kerja, dan sebagainya.

Kredit usaha rakyat layak menjadi pilihan utama bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, terutama bagi mereka yang berbisnis di bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mencari pinjaman modal usaha.

Melalui program ini, peluang untuk mengembangkan usaha semakin terbuka. Jika kamu berminat untuk mengajukan modal usaha tahun ini, silakan kunjungi unit BRI untuk mengajukan KUR BRI atau sekadar mengetahui informasi lebih lanjut.

Tabel Angsuran KUR BRI 2023

Dengan mengacu pada suku bunga 6% p.a, kita dapat membuat tabel angsuran KUR BRI 2023 sebagai berikut:

Tabel Angsuran KUR BRI 2023

Daftar Keunggulan Melakukan Pinjaman KUR BRI

Selain menjadi Bank terbesar di Indonesia, tentunya BRI menjadi salah satu bank yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Dengan Bank BRI kamu bisa mendapatkan kuota dan dana paling banyak di bandingkan dengan Bank lainnya dalam menyalurkan KUR.

Di samping itu juga terdapat keunggulan lain yang diberikan oleh KUR BRI, sebagai berikut:

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengajukan pinjaman KUR di BRI:

  1. Ketersediaan dana dan kuota KUR terbesar.
  2. Kantor cabang BRI yang banyak dan hampir tersebar di setiap kecamatan di Indonesia.
  3. Suku bunga yang ringan, yaitu hanya 6% per tahun.
  4. Jenis pinjaman KUR yang variatif, antara lain KUR Mikro, KUR Super Mikro, KUR Retail, dan KUR TKI.
  5. Pengajuan bisa dilakukan secara online.
  6. Persyaratan yang mudah dipenuhi.
  7. Tabel Angsuran KUR BRI yang mudah ditemukan.
  8. Tidak diwajibkan adanya agunan (tergantung jenis pinjaman KUR).
  9. Proses pembayaran yang mudah, bisa melalui autodebet dari tabungan BRI kamu.

Cara Pengajuan KUR BRI Terlengkap

Di bawah ini terdapat cara pengajuan KUR BRI secara offline dan online yang bisa kamu lakukan dengan mudah, sebagai berikut:

1. Cara Pengajuan KUR BRI dengan Datang Langsung

Kamu dapat mengajukan pinjaman KUR BRI melalui beberapa unit layanan seperti kantor unit, Unit Pembantu, Teras BRI, dan Teras BRI Kapal.

Langkah awalnya adalah dengan mendatangi kantor layanan terdekat untuk mengetahui persyaratan, tata cara pengajuan, dan simulasi tabel angsuran KUR BRI 2023 yang tersedia.

Jika persyaratan telah siap, kamu bisa mengisi formulir pengajuan secara lengkap dan akurat. Setelah itu, petugas akan menganalisis kelayakan usaha kamu melalui survei langsung ke lapangan.

Analisis ini akan menentukan apakah pengajuan KUR akan diterima atau ditolak. Jika pengajuan disetujui, akan ada informasi terkait syarat dan ketentuan angsuran bulanan serta proses pencairan dana ke rekening.

2. Pengajuan KUR BRI via Mantri BRI (KUR)

Posisi jabatan di Bank BRI yang disebut Mantri BRI memiliki tugas untuk mencari dan menganalisis calon debitur KUR serta merekomendasikan mereka kepada pimpinan.

Dalam rangka mencapai target penyaluran dana KUR BRI yang besar, Mantri harus terampil dalam mencari calon debitur dan mempromosikan produk agar dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Di era digital saat ini, banyak informasi tentang pengajuan KUR BRI yang disebarkan melalui media online. Kamu dapat menghubungi Mantri BRI untuk menanyakan informasi produk dan mengajukan Kredit Usaha Rakyat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengajuan KUR BRI via Mantri BRI (KUR)

Meskipun pengajuan dilakukan melalui Mantri, proses dan persyaratan pengajuan KUR BRI tetap sama dengan pengajuan secara langsung. Calon debitur harus mengisi formulir pengajuan dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Intinya, tugas Mantri BRI hanya sebatas melakukan pendekatan kepada calon debitur, sedangkan selanjutnya proses dan prosedurnya sama dengan pengajuan langsung.

3. Cara Pengajuan KUR BRI secara Online

Bagi kamu yang mempunyai usaha di platform marketplace, kamu bisa mengajukan KUR BRI secara online.

Kamu bisa mengajukan tanpa agunan dengan plafon sebesar Rp. 500.000.000. Berikut tata cara pengajuan KUR BRI, antara lain yaitu:

  1. Pertama-tama, kunjungi situs resmi KUR BRI
  2. Daftar dengan mengklik ‘daftar sekarang’. Jika sudah mendaftar, login ke sistem KUR dengan memasukkan alamat email dan password kamu. Atau, gunakan akun Google kamu untuk login.
  3. Lanjutkan dengan mengisi formulir umum secara lengkap dan cermat, pastikan tidak ada data yang terlewatkan.
  4. Lengkapi formulir usaha dengan benar sesuai kondisi bisnis kamu.
  5. Karena BRI bekerja sama dengan e-commerce di Indonesia, pastikan untuk memasukkan data e-commerce dengan benar dan pilih platform yang digunakan, seperti Tokopedia atau Shopee.
  6. BRI membutuhkan berkas resmi seperti KTP, SKU, dan dokumen lainnya. Unggah seluruh dokumen yang diminta.
  7. Terakhir, tentukan plafon pinjaman dan tenor KUR yang diinginkan. Setelah itu, selesaikan aplikasi pinjaman KUR Mikro online kamu dan tunggu keputusan dari pihak bank. Penting bagi calon debitur KUR untuk memahami tabel KUR BRI 2023 agar tidak salah memilih plafon pinjaman.

Tips Agar Pinjaman KUR BRI Kamu di Setujui

Sebagai calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman, tentunya kita ingin agar pengajuan kita disetujui dengan cepat oleh pihak BRI. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua pengajuan KUR yang masuk akan disetujui oleh bank.

Walaupun persyaratan sudah terpenuhi, tetap saja pengajuan bisa ditolak karena beberapa faktor lain. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam mendapatkan persetujuan pinjaman KUR BRI:

Tips Agar Pinjaman KUR BRI Kamu di Setujui

  1. Pastikan tidak memiliki kredit atau pinjaman di bank lain, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau Kartu Kredit.
  2. Pastikan catatan kredit kamu baik, tanpa adanya kredit macet pada BI checking.
  3. Pastikan bahwa usaha kamu layak dan telah berjalan.
  4. Pastikan bahwa semua persyaratan telah terpenuhi.
  5. Bersikaplah kooperatif dan sopan terhadap petugas BRI.

Kesimpulan

Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI adalah program pinjaman produktivitas yang beguna untuk memfasilitasi kebutuhan modal bagi pengusaha khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Demikian informasi tentang tabel angsuran KUR BRI 2023 lengkap dengan persyaratannya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.