Begini Cara Membuat Faktur Penjualan dan Contohnya

rancakmedia.com – Ada hal-hal yang sering diabaikan dalam mendirikan bisnis atau tidak sebagai prioritas, tetapi sangat membantu manajemen bisnis dan menunjukkan profesionalisme di mata pelanggan dan mitra bisnis. Salah satunya adalah membuat faktur penjualan. Apa yang dimaksud dengan faktur penjualan? Mengapa faktur penting untuk penjualan? Apa kelebihannya? Bagaimana saya bisa melakukannya? Simak penjelasan berikut.

Apa yang dimaksud dengan Faktur Penjualan?

Faktur penjualan atau sales invoice adalah faktur atau bukti transaksi perusahaan untuk pembelian barang atau jasa dari pelanggannya. Dalam istilah lain, faktur penjualan atau yang dikenal dengan faktur penjualan adalah fakta atau bukti transaksi pembelian barang atau jasa oleh pelanggan. Vendor akan memberikan faktur penjualan secara bersamaan atau setelah barang/jasa dikirimkan.

Penggunaan invoice ini sudah lama berlangsung, namun tidak dikontrol secara default sehingga tersedia bagi setiap pelaku usaha dalam bentuknya sendiri. Mereka dapat mengubahnya sehingga pelanggannya dapat dengan mudah memahaminya. Faktur adalah catatan atau penarikan kembali suatu transaksi penjualan.

Data tentang jenis barang yang diterima pelanggan dari bisnis dapat ditemukan pada faktur penjualan. Pengiriman faktur penjualan untuk pelanggan yang menerima barang yang diminta dari perusahaan merupakan bagian dari proses penagihan. Data untuk penjualan penjualan biasanya dapat dipantau melalui faktur dan catatan pesanan.

Mengapa Fakta Penjualan Penting?

Ini mungkin kadang-kadang diabaikan, tetapi kurangnya faktur sebagai bukti penjualan dapat membuat neraca dalam bisnis. Pelanggan akan mendapatkan citra profesional dari faktur, terutama yang dibuat secara online.

Memang, sebagian besar konsumen memilih untuk tidak melakukan pemesanan dengan pelaku bisnis yang sebanding jika faktur masih ditulis tangan, karena faktur umumnya merupakan bukti pembelian. Jika pena ditulis, upaya itu tidak dapat dianggap benar atau bahkan sebagai kepalsuan.

Faktur ini tidak hanya untuk bisnis yang menjual barang, karena penyedia layanan juga mencatat faktur pelanggan dalam faktur penjualan. Fotografer adalah contoh bisnis jasa yang menggunakan faktur penjualan.

Apa yang ditulis oleh bisnis di industri jasa dalam faktur penjualannya bukanlah jenis barangnya, melainkan jasa apa yang ditawarkan. Misalnya, seorang fotografer dapat menulis jenis paket yang diminta pelanggan, bersama dengan jumlah harganya.

Keuntungan untuk Faktur Penjualan

Berikut adalah beberapa fungsi faktur penjualan:

  1. Faktur menawarkan informasi atau data penting kepada pelanggan tentang transaksi mereka dengan bisnis.
  2. Faktur menyediakan informasi nilai dan syarat pembayaran kepada pelanggan.
  3. Faktur dapat membantu sebagai bukti pembetulan jika barang atau barang tidak terdaftar sesuai dengan aslinya.
  4. Jika barang akan dijual kembali oleh pihak ketiga, faktur dapat digunakan sebagai referensi harga.
  5. Faktur juga dapat digunakan sebagai bukti transaksi yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi buku keuangan.

Jenis Faktur Penjualan

Ada tiga macam invoice yang dapat Anda kirimkan untuk membuat invoice penjualan kepada pelanggan, antara lain:

Faktur secara teratur

Faktur ini merupakan jenis pelaku usaha yang paling sering digunakan. Isi invoice ini juga tipikal karena mencantumkan jenis barang atau barang yang akan dikirimkan ke pelanggan. Faktur ini juga dapat digunakan oleh bisnis perdagangan dan jasa.

🔥TRENDING:  Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KTA Mandiri Online

Faktur Proforma

Tidak seperti faktur biasa, pro forma biasanya digunakan untuk memberikan faktur sementara kepada pelanggan. Bersifat sementara, karena tagihan jenis ini dibebankan untuk suatu barang yang dikirimkan secara bertahap sampai dengan berakhirnya jangka waktu, dan dijumlahkan dengan tagihan biasa. Contoh penggunaannya diberikan di sini:

Toko bangunan A menerima pesanan dari Pak B, yang membangun rumah. Pesanan berbentuk pasir dan batu bata hingga 1 tempat mandi mobil terbuka selama 10 hari berikutnya setiap hari. Toko konstruksi dapat menawarkan faktur pro-forma dengan setiap pengiriman sampai hari terakhir barang dikumpulkan. Setelah selesai, tambahkan saja faktur biasa.

Faktur Konsuler

Faktur konsuler harus dibuat lebih profesional dibandingkan dengan dua faktur sebelumnya, karena faktur ini digunakan untuk perdagangan internasional, seperti ekspor dan impor. Undang-undang ini mengharuskan pemilik perusahaan untuk memasukkan banyak elemen penting, seperti lembar ratifikasi dan perjanjian, rincian produk dan beberapa item penting lainnya antara kedua negara.

Selain itu, ada dua jenis faktur, yang disebut faktur penjualan dan faktur pembelian. Apa perbedaannya? Faktur penjualan dikirim ke klien oleh pemilik perusahaan. Sedangkan faktur pembelian dikirim ke pemasok atau pemasok bahan baku untuk barangnya sendiri oleh pemilik perusahaan.

Cara Membuat Sebuah Faktur

Misalkan Anda mendapat pesanan pertama Anda sebagai pemilik perusahaan. Tahap selanjutnya adalah pengiriman produk. Pertama buat faktur penjualan kepada klien yang membeli produk Anda.

Tidak terlalu sulit untuk membuat faktur penjualan, apalagi Anda bisa mengirimkannya secara online. Di atas segalanya, Anda tahu nama klien, jumlah uang yang harus dibayar dan alamat mereka. Kirim faktur melalui email setelahnya.

Faktur dapat dibuat dengan dua cara: menggunakan alat komputer, seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheet, Microsoft Word, dan Google Documents secara manual. Namun, ada risiko kesalahan administrasi jika dilakukan secara manual. Selain itu, cara Anda membuat faktur secara manual mempersulit Anda untuk memantau catatan.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menagih. Pekerjaan Anda akan disederhanakan menggunakan aplikasi. Lebih baik menggunakan aplikasi jika Anda memerlukan sejumlah besar faktur. Aplikasi ini memungkinkan pembuatan faktur menjadi lebih cepat, dan data dapat dengan mudah dipantau.

Berikut ini harus disertakan dalam faktur penjualan:

Judul faktur

Untuk memudahkan klien, sebagai pihak, untuk membedakan antara judul faktur dan faktur lainnya, harus dinyatakan dengan jelas.

Nama pihak yang akan membayar, nomor telepon dan alamat
Tujuan faktur adalah untuk membayar klien, oleh karena itu nama dan alamat pihak penagihan harus disebutkan dengan jelas. Sertakan narahubung tertentu, jika pihak tersebut adalah bisnis, sehingga jelas untuk siapa faktur tersebut ditujukan.

Nama Penerima Pembayaran, Alamat dan Nomor Rekening Bank

Nama dan alamat pemilik perusahaan yang menyerahkan faktur juga harus jelas. Pembayaran biasanya dilakukan melalui transfer rekening bank. Dengan demikian, nomor rekening bank pihak yang melakukan pembayaran juga diperlukan.

🔥TRENDING:  Penjelasan Mengenai QRIS Pembayaran Digital yang Mudah dan Cepat

Daftar Produk atau Layanan

Daftar produk atau jasa yang disediakan dan harganya harus dinyatakan dengan jelas agar pihak yang membayar dapat segera menentukan rincian barang atau jasa dan jumlah uang yang harus dibayar.

Tanggal Faktur

Tanggal yang tertera pada fakta adalah tanggal faktur diterbitkan, tanggal produk dibeli atau jasa digunakan dan tanggal pembayaran maksimum. Anda dapat menegosiasikan hal ini dengan klien pada tanggal pembayaran maksimum sehingga Anda mendapatkan penawaran yang adil untuk kedua belah pihak.

Nomor Faktur

Meskipun tidak selalu dapat diakses, namun sebaiknya nomor invoice memiliki nomor untuk mempermudah pengarsipan invoice. Jika Anda membuat nomor faktur Anda kode khusus, beri tahu klien agar mereka tidak bingung.

Ketentuan Pembayaran

Sangat penting bagi pembayar atau penerima pembayaran bahwa setiap orang yakin ketika pembayaran dilakukan. Sebagian besar tagihan memiliki jangka waktu 30 hari, yang berarti bahwa biaya keterlambatan dan denda harus dibayar dalam waktu 30 hari sejak diterimanya.

Contoh Faktur Penjualan

 

Contoh Faktur Penjualan

Kesimpulan

Faktur adalah fakta atau bukti transaksi pembelian barang atau jasa oleh pelanggan. Pelanggan akan mendapatkan citra profesional dari faktur, terutama yang dibuat secara online. Data tentang jenis barang yang diterima pelanggan dari bisnis dapat ditemukan pada faktur penjualan.

Faktur menawarkan informasi atau data penting kepada pelanggan tentang transaksi mereka dengan bisnis. Ada tiga jenis faktur penjualan yang dapat Anda kirimkan kepada pelanggan, antara lain: Faktur berkala, Faktur Pro Forma, dan Faktur Konsuler.

Isi dari setiap invoice adalah tipikal karena mencantumkan jenis barang atau barang yang akan dikirimkan. Faktur dapat dibuat dengan dua cara: menggunakan alat komputer, seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheet, Microsoft Word, dan Google Documents secara manual.

Lebih baik menggunakan aplikasi jika Anda memerlukan sejumlah besar faktur. Hal ini memungkinkan Membuat Faktur Penjualan Penjualan menjadi lebih cepat, dan data dapat dengan mudah dipantau. Tujuan faktur adalah untuk membayar klien, oleh karena itu nama dan alamat pihak penagihan harus disebutkan dengan jelas.

Back to top button