Cara dan Contoh Laporan Keuangan Sederhana

rancakmedia.com – Padahal, laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan kecil dan besar. Sayangnya, hal ini terkadang masih dikecualikan untuk perusahaan kecil. Salah satu alasannya adalah karena penyusunan laporan keuangan dianggap sangat memakan waktu dan kompleks. Meskipun banyak contoh laporan keuangan dasar yang dapat digunakan sebagai referensi.

Laporan keuangan adalah catatan resmi dari operasi keuangan suatu bisnis. Rencana ini menawarkan gambaran umum tentang bisnis kecil Anda yang ada dan memberikan visi dan rencana masa depan untuk bisnis.

Pembuatan laporan keuangan bisnis kecil Anda dimulai dengan akuntansi harian. Anda akan mencatat dan menyusun laporan keuangan Anda dari catatan tersebut. Laporan keuangan adalah komponen penting dari rencana bisnis yang membantu bisnis Anda menarik investor atau mendapatkan pinjaman bank.

Sementara itu, laporan keuangan perusahaan besar mungkin sudah tertata rapi karena dilakukan oleh akun-akun profesional. Untuk perusahaan kecil, catatan akuntansi masih terlalu asing. Tidak perlu khawatir, karena kami akan memberi tahu Anda di bawah ini cara membuat laporan keuangan dasar dan cara memberi contoh.

Bagaimana saya bisa menghasilkan laporan keuangan sederhana?

Meski masih dalam kategori kecil, penyusunan laporan keuangan tidak boleh diabaikan oleh perusahaan. Kebanyakan dari mereka memperhatikan penjualan besar saja dan tidak peduli dengan proses arus kas yang sebenarnya. Sangat mudah untuk membuat laporan keuangan dasar. Ini adalah metode yang mudah bagi perusahaan kecil untuk menghasilkan laporan keuangan dasar

1. Buat Log Biaya

Anda awalnya harus mempertimbangkan untuk membuat buku terpisah terutama untuk melacak pengeluaran saat memulai sebuah perusahaan. Catat semua pengeluaran mulai dari barang hingga pengeluaran dengan jelas. Dengan demikian akan lebih mudah untuk mengetahui jumlah modal perusahaan yang dikeluarkan.

🔥TRENDING:  Penjelasan Mengenai QRIS Pembayaran Digital yang Mudah dan Cepat

2. Buat Buku Catatan Masuk

Bukan hanya pengeluaran, tetapi juga segala sesuatu yang berhubungan dengan pendapatan tunai harus didokumentasikan dengan baik. Sertakan pendapatan dari penjualan barang ke hutang dagang. Cobalah setiap hari untuk mencatat pendapatan ini. Hal ini membuat lebih mudah untuk melaporkan bulanan.

3. Buat Buku Kas Master

Buku kas ini adalah campuran buku log yang melacak pendapatan dan pengeluaran. Penggabungan ini dirancang untuk mengetahui lebih banyak tentang kerugian dan pendapatan perusahaan. Selain itu, buku kas utama ini dapat digunakan sebagai landasan untuk perencanaan strategis masa depan bagi perusahaan.

4. Buku Stok

Perusahaan mencatat tidak hanya uang tetapi juga barang. Arus barang harus dilakukan secara konstan dan setiap hari. Logikanya, arus barang masuk dan keluar juga harus lebih besar jika penjualan tinggi.

Kuantitas persediaan dapat dipantau menggunakan buku stok ini juga. Buku ini juga dapat digunakan untuk mencegah penipuan, yang kadang-kadang dilakukan oleh pemasok atau karyawan perusahaan itu sendiri.

5. Buku Inventarisasi Barang

Buku ini mencatat semua barang yang dimiliki perusahaan. Keduanya membeli dan merawat. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan untuk mengelola aset bisnis.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Sebelumnya, apa yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan dasar telah dijelaskan. Setelah semua data yang diperlukan tersedia, Anda dapat membuat laporan keuangan dasar secara instan. Secara umum, ada banyak jenis laporan keuangan dasar. Beberapa contoh laporan keuangan dasar diberikan di bawah ini.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Contoh Laporan Neraca

Neraca adalah laporan keuangan pertama yang dihasilkan. Neraca ini menunjukkan berapa banyak aset yang benar-benar dimiliki perusahaan. Dan besarnya hutang yang ditanggung. Ingat jumlah aset dan modal + hutang di neraca harus sama nilainya.

🔥TRENDING:  Dompet Setia Apk Pinjaman Terpercaya

Contoh Laporan Laba Rugi

Setelah neraca dibuat dengan benar, lanjutkan menyusun laporan laba rugi. Laporan ini akan menunjukkan seberapa besar keuntungan yang sebenarnya diperoleh perusahaan. Selain itu, jumlah kerugian yang harus ditanggung oleh pemilik perusahaan kecil juga dapat dilihat.

Contoh Laporan Arus Kas

Anda dapat mulai membuat laporan arus kas setelah membuat laporan laba rugi. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui berapa banyak arus kas yang masuk dan keluar.

Contoh Laporan Perubahan Modal

Meskipun merupakan perusahaan kecil, laporan fluktuasi modal juga penting. Laporan ini menjelaskan perubahan modal perusahaan. Selain itu, laporan penambahan modal ini juga dapat menunjukkan sumber perubahan modal dalam perusahaan.

Kesimpulan

Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan kecil maupun besar. Sayangnya, hal ini terkadang masih dikecualikan untuk perusahaan kecil. Ada banyak contoh laporan keuangan dasar yang bisa dijadikan referensi.

Sangat mudah untuk membuat laporan keuangan dasar dengan langkah-langkah sederhana ini. Setelah semua data yang diperlukan tersedia, Anda dapat membuat laporan keuangan dasar secara instan.

Secara umum, ada banyak jenis dasar laporan keuangan. Anda dapat mulai membuat laporan arus kas setelah membuat laporan laba rugi. Laporan peningkatan modal juga dapat menunjukkan sumber perubahan modal dalam perusahaan.

Back to top button