Pembahasan Secara Lengkap Mengenai Fixed Cost

rancakmedia.com – Fixed Cost dalam ilmu ekonomi merupakan biaya bisnis yang tidak bergantung pada jumlah barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Pengeluaran ini berhubungan dengan waktu, seperti gaji bulanan atau sewa, dan sering disebut pengeluaran tambahan.

Biaya-biaya perusahaan yang tidak mempengaruhi volume usaha perusahaan, baik dalam produksi maupun penjualan, antara lain gaji pegawai, pembayaran bunga, sewa, depresiasi dan biaya asuransi (biaya tetap).

Apa itu Fixed Cost?

Fixed Cost adalah biaya atau pengeluaran perusahaan yang tidak berubah dalam jumlah barang atau jasa yang diproduksi, meskipun jumlah barang dan jasa yang diproduksi dalam kisaran tertentu telah berubah. Biaya tetap sama sekali tidak terpengaruh, atau terlepas dari perubahan aktivitas bisnis perusahaan.

Biaya tetap dalam akuntansi pada dasarnya adalah jenis biaya yang tidak berubah atau statis dan masih terjadi terlepas dari apakah tidak ada aktivitas produksi yang dilakukan atau jika banyak aktivitas yang dilakukan. Misalnya biaya tetap seperti gaji pegawai. Sewa konstruksi, biaya cukai. Biaya ini harus selalu dibayar meskipun tidak ada barang atau jasa yang diproduksi oleh bisnis.

Biaya tetap dibebankan atau dimasukkan dalam bagian pengeluaran tidak langsung dari laporan pendapatan yang terkait dengan pendapatan operasional dalam produksi laporan.

Jenis Biaya Tetap

Jenis Biaya Tetap

1. Biaya Tetap Terlibat

Committed fixed cost atau terkadang dikenal dengan biaya tetap yang telah ditetapkan adalah biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Biaya tetap yang dihitung berhubungan dengan investasi fasilitas dan struktur organisasi bisnis. Misalnya, gaji staf, biaya asuransi, biaya gedung pajak, dll.

Biayanya bersifat jangka panjang dan tidak dapat diubah secara sepihak. Oleh karena itu, dengan perhitungan yang tepat, biaya tetap harus ditentukan dengan cermat.

2. Biaya Tetap Diskresioner

Biaya tetap atau kadang disebut biaya tetap adalah biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kebijakan manajemen usaha. Biaya biaya tetap bersifat jangka pendek dan dapat dimodifikasi setiap saat jika biaya berubah melebihi ekspektasi manajemen. Contoh biaya tetap tersebut antara lain biaya iklan, penelitian, pelatihan bagi karyawan, hubungan masyarakat, dan sebagainya.

🔥TRENDING:  Cara Daftar BLT UMKM Tahap 3 September 2021 Eform BRI

Contoh Fixed Cost

  • Penyusutan – Penyusutan adalah transfer progresif dan sistematis dari biaya aset berwujud. Depresiasi
  • Asuransi – Biaya berkala harus dibayar sehubungan dengan kontrak asuransi.
  • Pengeluaran Bunga – Biaya uang yang dipinjamkan oleh pemberi pinjaman ke bisnis.
  • Pajak properti – pajak atas properti yang dipegang oleh bisnis.
  • Biaya Sewa – Biaya berkala yang dikeluarkan oleh pihak lain dalam penggunaan properti (kantor, gudang, pabrik, toko), yang digunakan untuk menjalankan operasi bisnis.
  • Gaji – Bisnis secara teratur membayar karyawannya (biasanya bulanan).
    Utilitas – Tagihan listrik, tagihan telepon, dll. Sementara komponen termasuk variabel, utilitas termasuk dalam biaya tetap.

Perhitungan Fixed Cost

Fixed Costp adalah biaya yang berhubungan dengan volume atau kapasitas. Fitur utama dari biaya tetap adalah bahwa mereka tetap/tidak berubah dan tidak terpengaruh oleh periode atau aktivitas dan bahwa biaya per unit berbanding terbalik dengan perubahan volume. Jika volume atau kapasitasnya besar, maka biaya tetap per unitnya rendah dan sebaliknya.

Sedangkan perhitungan biaya tetap total dapat dilakukan dengan menggunakan rumus penambahan biaya tetap ke biaya variabel dalam analisis biaya produksi.

Perbedaan Dasar Biaya Tetap dan Biaya Variabel

Beberapa kriteria dapat digunakan untuk membedakan antara biaya tetap dan biaya variabel.

  1. Tujuan evaluasi adalah untuk mengidentifikasi biaya tetap berdasarkan waktu, sedangkan biaya variabel didasarkan pada volume produksi. Total biaya yang harus dibayar dalam pembuatan barang atau jasa akan ditentukan oleh dua penyelidikan ini.
  2. Semakin besar biaya per unit, semakin kecil biaya tetap, semakin rendah produksi per unit. Hal ini jelas berbeda dengan biaya variabel yang berhubungan langsung dengan jumlah unit atau unit yang dihasilkan.
  3. Selama pengeluaran waktu tertentu, biaya tetap akan selalu dikeluarkan oleh pelaku usaha, baik dilakukan produksi maupun tidak. Sedangkan biaya variabel hanya terjadi pada saat proses produksi selesai dan tidak ada kegiatan produksi.
  4. Biaya tetap dalam unit produksi Kuantitas tidak akan berubah meskipun kuantitas unit berubah. Berbeda dengan biaya variabel, jumlah unit yang diproduksi berbeda.
🔥TRENDING:  Kredit HP Tanpa DP Adira Finance 2021 Berikut Syaratnya

Komposisi biaya, biaya tetap atau biaya inti meliputi biaya overhead produksi, biaya biaya, biaya manajemen dan biaya distribusi. Sedangkan kombinasi biaya bahan produksi, harga pokok produksi, biaya bahan bekas pakai, biaya tenaga kerja dan biaya penjualan serta biaya distribusi merupakan biaya variabel.

Kesimpulan

Biaya tetap adalah biaya atau pengeluaran perusahaan yang tidak berubah jumlah barang atau jasa yang dihasilkan. Contoh biaya tetap termasuk iklan, penelitian, pelatihan karyawan, hubungan masyarakat, dan sebagainya.

Biaya tetap dibebankan atau dimasukkan dalam bagian pengeluaran tidak langsung dari laporan laba rugi yang terkait dengan pendapatan operasional dalam pembuatan laporan. Fitur utama dari biaya tetap adalah bahwa mereka tetap dan tidak terpengaruh oleh periode atau aktivitas dan bahwa biaya per unit berbanding terbalik dengan perubahan volume.

Hal ini jelas berbeda dengan biaya variabel yang berhubungan langsung dengan jumlah unit atau unit yang diproduksi. Total biaya yang harus dibayar dalam pembuatan barang atau jasa akan ditentukan oleh dua penyelidikan ini.

Back to top button