Berikut Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman KTA

rancakmedia.com – Kredit tanpa agunan atau KTA adalah salah satu produk kredit bank yang banyak diminati masyarakat. mengajukan, pengajuan KTA terbilang simpel dibanding produk kredit lainnya.

Jika kamu membutuhkan dana untuk membangun usaha atau keperluan lainnya, KTA bisa kamu pilihan. Namun, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu KTA dan bagaimana tips menggunakannya.

Pengertian KTA

Ada kalanya kamu membutuhkan dana untuk sesuatu yang mendesak, seperti pengembangan bisnis, modal usaha, atau kebutuhan lainnya. Sebenarnya ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kamu bisa menggunakan kartu kredit atau program kredit lainnya dari bank.

Namun, banyak orang mengeluh bahwa program-program peminjaman tersebut memiliki proses yang rumit. Nah, jika merasakan hal yang sama, kamu bisa memilih KTA. Apa itu KTA?

KTA atau kredit tanpa agunan adalah produk pinjaman yang diberikan bank tanpa agunan atau jaminan dari peminjaman. Dengan kata lain, kamu tidak perlu memberikan jaminan apa-apa kepada bank atau pihak yang meminjamkan dana, seperti yang ditulis Suara.

Hal ini berbeda dengan program kredit lainnya. Umumnya, program pinjaman peminjaman untuk jaminan jaminan berupa sertifikat barang berharga, perhiasan, atau BPKB. Tak hanya itu, proses penemuan KTA pun terbilang lebih mudah daripada kredit program yang lain.

🔥TRENDING:  Aplikasi Penghasil Saldo LinkAja Terbaru dan Terpercaya

Alasan-alasan ini membuat masyarakat tergiur untuk melakukan kredit melalui KTA, apalagi jika mereka dalam keadaan mendesak. Jika tertarik untuk menggunakan KTA, kamu bisa menghubungi bank terdekat. Di Indonesia, beberapa bank yang menyediakan layanan KTA antara lain BCA, Mandiri, BRI, dan BNI.

Namun pengajuan KTA tidak hal itu. Bank atau pihak kreditur harus memastikan bahwa kamu layak dan sanggup membayar KTA.

Kelebihan dan Kekurangan KTA

Kelebihan dan Kekurangan KTA

Sebelum membahas tips menggunakan KTA, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan program kredit yang satu ini.

Beberapa kelebihan dan kekurangan KTA adalah sebagai berikut.

1. Kelebihan KTA

  • tidak memerlukan agunan atau jaminan
  • proses singkat dan sederhana
  • biaya administrasi ringan
  • tenor kredit lebih lama
  • banyak bank sudah memiliki program KTA

2. Kekurangan KTA

  • pinjaman tergantung pada profesi dan penghasilan
  • bunga relatif tinggi
  • harus menjadi pemegang kartu kredit
  • batasi kecil

Jenis Kredit Tanpa Agunan

1. KTA reguler

Kredit tanpa senjata atau KTA reguler adalah kredit tanpa jaminan yang disediakan bank atau lembaga fintech bagi masyarakat umum.

🔥TRENDING:  Pembahasan Mengenai e-Nofa Online

Jenis KTA yang satu ini sering dijadikan pilihan karena tidak perlu menjadi nasabah bank tertentu terlebih dahulu. Siapa pun bisa mengakses KTA dari bank atau lembaga tersebut.

2. KTA Payroll

Banyak perusahaan menggunakan sistem penggajian dari bank tertentu untuk mendistribusikan gaji kepada karyawannya. Nah, KTA payroll adalah jenis KTA yang hanya dapat diajukan oleh karyawan dari perusahaan tertentu yang menggunakan sistem payroll tersebut.

Sebagai contoh, kantormu menggunakan sistem payroll dari bank X. Maka, kamu bisa mengajukan KTA payroll pada bank X. Umumnya, proses pengajuan kredit menggunakan KTA payroll lebih cepat. Dana yang bisa dicairkan pun lebih besar.

memastikan, bank bisa memastikan bahwa peminjam mampu mengembalikan kredit tersebut selama menjadi karyawan di perusahaan terkait.

1 2Next page
Back to top button