Advertisement

Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Laporan Perubahan Modal

rancakmedia.com – Perubahan modal harus dilaporkan kepada pihak terkait, dan hal ini dilakukan dengan menggunakan banyak laporan keuangan yang berbeda, termasuk laporan tentang modal. Laporan keuangan kecil adalah laporan seperti ini. Data terkini tentang perubahan modal perusahaan dikumpulkan untuk dijadikan dasar alat baru ini.

Laporan ini sangat penting dalam memahami proyek. Sementara banyak orang lain melewatkan laporan semacam ini, mereka melakukannya. Perusahaan dapat menemukan perubahan ekuitas di perusahaan dengan mempelajari laporan ini. Pernyataan perubahan modal atau ekuitas adalah sesuatu yang perlu Anda pahami karena itu sangat penting.

Menjelaskan Perubahan Laporan Modal

Salah satu jenis laporan keuangan adalah laporan perubahan modal, yang dapat dibuat untuk tujuan ekuitas. Untuk menjelaskan pertumbuhan atau pengurangan aset bersih (kekayaan) dalam waktu tertentu dengan standar pengukuran tertentu yang harus diikuti, perusahaan akuntansi membuat laporan setiap kuartal.

Laporan ini akan dipublikasikan di beberapa perusahaan saham. Karena mereka memiliki beberapa perubahan dalam akun ekuitas mereka di tahun yang sama

Definisi Perubahan Ekuitas Berdasarkan Temuan Para Ahli

Untuk meningkatkan kejelasan, kami akan menyertakan pandangan pakar akuntansi tentang perubahan dalam laporan ekuitas.

Menjelaskan Perubahan Laporan Modal

1. Menurut Kasmir

“Sebuah laporan keuangan yang mencatat informasi tentang sumber kenaikan dan penurunan modal selama periode waktu tertentu, laporan perubahan ekuitas memperhitungkan keuntungan dan kerugian.”

2. Menurut Hery

“Perubahan ikhtisar ekuitas dari laporan keuangan perusahaan menyajikan pernyataan dalam perubahan ekuitasnya selama waktu tertentu.”

3. Menurut Sodikin dan Riyono

“Laporan perubahan ekuitas adalah laporan keuangan yang menyajikan rincian perubahan ekuitas perusahaan yang disebabkan oleh aktivitas dan transaksi dengan pemilik perusahaan dalam periode akuntansi tertentu.”

4. Menurut Agus Purwaji

“Perubahan ekuitas” mengacu pada kenaikan dan penurunan ekuitas selama periode akuntansi. “Laporan yang menyajikan perubahan ekuitas” mewakili kenaikan dan penurunan ekuitas selama periode akuntansi. Laporan ini mencakup berbagai elemen termasuk, antara lain, modal untuk periode tersebut, tambahan dan pengurangan untuk satu periode, dan modal pada akhir periode.

Alasan dibuatnya laporan perubahan modal adalah untuk

  • Jadikan tanggung jawab Anda untuk memberikan perubahan rutin dalam tingkat modal kerja.
  • Buat ikhtisar investasi dan uang yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu, serta aset yang dikembalikan.

Laporan perubahan modal harus mencakup item-item ini:

  1. Klarifikasi berapa total modal saham, premi, dan cadangan yang dialokasikan pada awal tahun dibandingkan dengan perubahannya pada akhir tahun, serta analisis nilai tambah masing-masing.
  2. Saldo awal laba rugi serta kenaikan atau penurunan selama jangka waktu.
  3. Pergerakan modal masuk dan keluar dari kepemilikan, serta pemilik ke pemilik
  4. Nilai tersebut dihitung sebagai dampak kumulatif dari pengeluaran, pendapatan, kerugian, dan keuntungan selain jumlah berdasarkan PSAK yang bersangkutan.
  5. Laba atau rugi bersih dalam waktu yang relevan.

Sejumlah elemen harus diperiksa ketika melihat laporan perubahan ekuitas. Elemen kunci informasi yang akan disatukan dalam laporan, yang meliputi:

  1. laba yang tidak dipotong menjadi beberapa bagian pada akhir tahun buku
  2. Dividen diumumkan dalam jangka waktu tertentu, bersama dengan jumlah laba bersih
  3. Laba yang disimpan daripada diberikan pada awal periode waktu (pada awal tahun)

Elemen Laporan Perubahan Modal Perusahaan

Tinjauan berikut merinci faktor-faktor utama berikut, yang dijelaskan dalam laporan perubahan ekuitas:

Modal Awal

Modal awal suatu periode direpresentasikan dalam laporan posisi keuangan periode sebelumnya sebagai nilai positif dari saldo atau uang bisnis. Koreksi kesalahan pada periode sebelumnya tidak mempengaruhi modal periode dan diterapkan pada periode berjalan. Perubahan dalam aturan akuntansi serta bagaimana pengaruhnya terhadap hasil tahun ini.

Dampak Perubahan Kebijakan Akuntansi

Saat Anda melakukan pelaporan perbandingan, yang terbaik adalah menjaga periode cadangan pemegang saham Anda. Perubahan aturan akuntansi (diterapkan secara retrospektif) adalah alasan perbedaan ini.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan saldo ekuitas asli kembali ke tingkat yang akan ditetapkan di bawah sistem akuntansi baru perusahaan.

Pengaruh Koreksi Kesalahan Periode Yang Sebelumnya

Data yang disajikan secara tidak benar dari periode sebelumnya akan disampaikan dalam bentuk perubahan laporan ekuitas, sementara koreksi tersebut masih dilakukan. Efeknya tidak terlihat pada saldo modal awal. Presentasi disajikan dengan presentasi laporan saat ini. Jadi, laporan keuangan periode sebelumnya dapat digunakan untuk melacaknya dengan mudah.

Saldo Sebelumnya Disajikan Kembali

Ekuitas bersih untuk pemegang saham setelah penyesuaian pada awal periode sebelumnya. Koreksi ini dalam periode penerapan praktik akuntansi sebelumnya, dan perubahan kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

Perubahan Modal Saham

Perubahan modal pada periode yang bersangkutan harus dicerminkan oleh pernyataan modal yang baru. Laporan tersebut juga ingin melihat peningkatan bursa saham. Modal saham dan cadangan premi saham harus disajikan secara terpisah karena efek emisi dan penebusan saham merupakan modal dan keuntungan bagi perusahaan.

Dividend

Ekuitas pemegang saham harus dikurangi melalui pembayaran dividen. Karena dividen mewakili semacam kekayaan yang dapat diberikan kepada pemegang saham, karena merekalah kami memberikan perhatian khusus pada totalnya.

Laba Rugi Pada Periode Terkait

Mengidentifikasi uang pemegang saham yang diperoleh atau hilang dari keuntungan mereka selama periode waktu yang ditunjukkan dalam laporan laba rugi.

Perubahan Cadangan Revaluasi

Harus dimasukkan dalam laporan perubahan modal jika terjadi keuntungan atau kerugian akibat revaluasi pada periode tersebut. Ini harus diakui terlepas dari laporan saldo laba. Laporan perubahan ekuitas tidak menguraikan kerugian penurunan nilai sebelumnya yang telah disajikan. Ini termasuk dalam laba rugi periode yang bersangkutan.

Kelebihan dan kekurangan Lainnya

Keuntungan dan kerugian lain yang belum diakui, seperti keuntungan dan kerugian aktuarial karena fluktuasi mata uang, dapat dilaporkan dalam laporan perubahan ekuitas.

Saldo Akhir

Cadangan saldo ekuitas ekuitas pemegang saham pada akhir periode pelaporan tercermin dalam neraca.

Mengapa Laporan Ini Menjadi Prioritas Tinggi?

Sebuah laporan keuangan penting, pernyataan perubahan modal mengungkapkan baik analis dan pemangku kepentingan luar alasan yang mengakibatkan perubahan ekuitas pemilik perusahaan.

Di neraca, Anda akan dapat melihat perubahan cadangan pemegang saham. Laporan tentang cadangan ekuitas, bagaimanapun, akan disimpan dalam laporan keuangan terpisah.

Kesimpulan

Pernyataan perubahan modal atau ekuitas adalah sesuatu yang perlu Anda pahami karena sangat penting. Untuk menjelaskan pertumbuhan atau penurunan aktiva bersih (kekayaan) dalam waktu tertentu dengan standar pengukuran tertentu, perusahaan akuntansi membuat laporan setiap triwulan.

Laporan ini memuat berbagai unsur antara lain modal periode berjalan, penambahan dan pengurangan suatu periode, dan modal akhir periode. Tinjauan berikut merinci elemen kunci dari informasi yang membentuk laporan perubahan modal, serta bagaimana mereka disajikan kepada pemegang saham.

Koreksi akuntansi berada pada periode penerapan praktik akuntansi sebelumnya, dan perubahan kesalahan yang dilakukan sebelumnya. Ekuitas pemegang saham harus dikurangi melalui pembayaran dividen, karena dividen merupakan kekayaan yang dapat diberikan kepada pemegang saham.

Pernyataan perubahan modal mengungkapkan baik analis dan pemangku kepentingan di luar alasan yang mengakibatkan perubahan ekuitas pemilik perusahaan.

Demikian Penjelasan Mengenai Laporan Perubahan Modal, Semoga Bermanfaat dan baca terus informasi yang ada disini.

Related Articles

Back to top button