Cara Sederhana Menganalisis Laporan Keuangan

ADVERTISEMENT

rancakmedia.com – Kata “laporan keuangan” dikenal oleh para profesional bisnis dan pasti sangat terkait dengan akuntansi. Namun tahukah Anda dan memahami analisis laporan keuangan sebagai seorang pebisnis?

Sangat disarankan untuk memahami ini karena terkait langsung dengan laporan keuangan dan dengan demikian berdampak pada kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan Anda. Berikut ini adalah review dari analisis laporan keuangan.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan

Dalam analisis, identifikasi, penanganan, evaluasi, penelitian bahkan perbandingan dapat diartikan. Menganalisis laporan keuangan adalah proses dimana laporan keuangan diidentifikasi, dinilai dan dibandingkan. Perbandingan ini merupakan perbandingan semua jenis laporan keuangan untuk tahun berjalan dan tahun-tahun sebelumnya.

Manfaat pemeriksaan laporan keuangan bagi perusahaan adalah untuk mengetahui berbagai aspek yang berkaitan dengan kesehatan keuangan perusahaan. Kualitas informasi akuntansi yang disajikan dalam laporan keuangan juga dapat ditentukan dengan memeriksa laporan keuangan. Biasanya laporan keuangan yang diperiksa meliputi neraca, laba rugi, perubahan modal, arus kas dan banyak laporan lainnya.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan perusahaan mencoba untuk:

  • Untuk mendeteksi perubahan kondisi keuangan perusahaan dalam waktu tertentu.
  • Untuk mengevaluasi kinerja manajemen pada tahun berjalan.
  • Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan.
  • Untuk mempelajari koreksi apa pun yang diperlukan, yang secara alami berhubungan dengan situasi dan kinerja keuangan perusahaan.
  • Membantu manajemen mengambil pilihan penting.
  • Sebagai faktor investasi bagi investor di perusahaan.
  • Mengetahui kesalahan dalam laporan keuangan.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Metode Analisis Laporan Keuangan

Ada banyak teknik untuk menganalisis laporan keuangan, yaitu:

Metode Analisis Horizontal dan Vertikal

Analisis horizontal adalah perbandingan antara data keuangan tahun lalu atau tahun berjalan dengan data keuangan tahun sebelumnya. Analisis semacam ini juga dikenal sebagai analisis tren dan sering direpresentasikan dalam bentuk dan persentase uang atau mata uang.

Perbandingan jumlah mata uang dapat memberikan informasi tentang faktor-faktor yang berkontribusi signifikan terhadap situasi keuangan perusahaan.

Sedangkan analisis vertikal adalah analisis yang dilakukan dengan membandingkan dalam satu laporan keuangan hubungan antara setiap komponen dan semua akun. Analisis ini dilakukan dengan menunjukkan Header Standar sebagai proporsi dari seluruh omset tahunan perusahaan untuk laporan laba rugi.

Tujuan dari analisis vertikal adalah untuk memfasilitasi perolehan informasi ketika ada disparitas pembagian keuntungan, biaya dan biaya. Selain itu, analisis ini berguna untuk membandingkan prediksi dan mengidentifikasi pola tertentu di tahun-tahun mendatang.

Metode Common Size

Teknik ukuran umum adalah pendekatan analitis untuk melaporkan laporan keuangan. Dimana penyajiannya biasanya terkait dengan sesuatu yang signifikan dan substansial, untuk laporan neraca aset atau penjualan sebagai imbalannya.

Metode Komparatif

Metodologi ini dibandingkan dengan membandingkan angka-angka dalam laporan keuangan tahun berjalan dengan angka-angka dalam laporan keuangan tahun sebelumnya. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk membandingkan setiap item laporan keuangan yang bersangkutan. Teknik ini disebut juga dengan metode analisis rasio laporan keuangan.

Laporan keuangan analisis rasio dapat dibandingkan antara 2 jumlah. Sehubungan dengan angka lain, rasio selalu mewakili satu angka. Rasio yang sering digunakan dalam analisis laporan keuangan meliputi:

  • Rasio likuiditas, artinya kemampuan perusahaan untuk memenuhi komitmen jangka pendeknya.
  • Rasio solvabilitas pada dasarnya adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua komitmen jangka pendek dan jangka panjang.
  • Rasio pengembalian adalah kapasitas perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu.
  • Rasio aktivitas adalah kapasitas perusahaan untuk menggunakan sumber dayanya.

Metode Index Time Series

Teknik indeks time series adalah metode dimana laporan keuangan dibuat indeks dan dipilih sebagai tahun dasar. Tahun dasar yang dipilih atau ditetapkan biasanya memiliki indeks 100.

Analisis Laporan Keuangan

Latar Belakang Pemahaman Perusahaan

Langkah pertama dalam mengevaluasi laporan keuangan suatu perusahaan adalah memahami latar belakang perusahaan tersebut. Anda perlu memahami strategi perusahaan, produk yang dijual, sistem distribusi, cara pembukuan, dll.

Tujuannya adalah untuk memahami operasi perusahaan, arus kas dan sebagainya, sehingga analisis akan menjadi lebih sederhana untuk menghitung dan menemukan hasil.

Waspadai Faktor Yang Berpengaruh

Metode evaluasi laporan keuangan selanjutnya adalah dengan mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi keadaan keuangan perusahaan. Pertimbangan inflasi, pajak, suku bunga, pengerjaan ulang manajemen dan sebagainya, misalnya.

Pengembangan industri dan teknis juga tercakup, karena dunia usaha saat ini tidak dapat dipisahkan dari dua elemen ini.

Tinjauan Laporan Keuangan

Anda juga harus memeriksa laporan keuangan. Laporan keuangan dapat ditelaah dengan berbagai cara, misalnya apakah laporan keuangan dibuat sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), angka-angka dalam laporan keuangan sudah akurat, atau bagaimana akuntan menghasilkan laporan keuangan. .

Wajar saja, tingkat kesalahan akibat human error lebih besar jika laporan keuangan dibuat secara manual dibandingkan software akuntansi seperti Harmony.

Hal lain yang perlu kita ketahui adalah apakah laporan keuangan dibuat oleh (in-house) pekerja internal atau konsultan perusahaan (out source). Jika Anda seorang pebisnis yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membuat laporan keuangan, maka Anda dapat memanfaatkan jasa bisnis lain, seperti Harmony Accounting Service, untuk menghasilkan laporan keuangan.

Analisis Rasio Laporan Keuangan

Tahap selanjutnya adalah analisis rasio keuangan. Sebagaimana dinyatakan di atas, Anda dapat menggunakan prosedur atau pendekatan analitis.

Membuat Kesimpulan

Tahap terakhir adalah analisis untuk membuat kesimpulan. Tentu saja, Anda akan mendapatkan hasil setelah menghitung dan mengevaluasi rasio keuangan. Oleh karena itu, menarik kesimpulan berdasarkan perhitungan dan hasil analisis.

Kesimpulan

Menganalisis Laporan Keuangan adalah proses dimana laporan keuangan diidentifikasi, dinilai dan dibandingkan. Ada banyak teknik untuk menganalisis laporan keuangan, yaitu analisis horizontal dan vertikal. Perbandingan jumlah mata uang dapat memberikan informasi tentang faktor-faktor yang berkontribusi signifikan terhadap situasi keuangan perusahaan.

Jenis analisis ini sering direpresentasikan dalam istilah dan persentase uang atau mata uang. Teknik ukuran yang umum adalah pendekatan analitis untuk pelaporan laporan keuangan.

Rasio-rasio yang sering digunakan dalam analisis laporan keuangan antara lain Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Return dan Rasio Aktivitas. Laporan keuangan dapat ditelaah dengan berbagai cara, misalnya apakah angka-angka dalam laporan keuangan disusun sesuai dengan standar akuntansi SSAK.

Jika Anda seorang pebisnis yang sibuk dan tidak punya waktu untuk membuat laporan keuangan, maka Anda bisa memanfaatkan layanan bisnis lainnya, seperti Harmony Accounting Service. Hal lain yang perlu kita ketahui adalah apakah laporan keuangan dibuat oleh (pekerja internal atau konsultan perusahaan (out source).

Related Articles

Back to top button