Perbandingan Shopee PayLater vs Akulaku, Mana yang Lebih Unggul

nafa cahyani

Perbandingan Shopee PayLater vs Akulaku, Mana yang Lebih Unggul

Rancakmedia.com – Sudahkah kamu mengetahui perbandingan tentang Shopee paylater vs Akulaku? Jika belum, kamu bisa simak artikel yang kami sediakan di bawah ini hingga selesai.

Sebagian dari kamu pasti sudah tidak asing dengan layanan Shopee Paylater ataupun Akulaku, namun beberapa pengguna masih belum mengetahui perbandingan diantara keduanya.

Shopee Paylater dan Akulaku merupakan dua layanan P2P Lending yang sangat dikenal bagi semua kalangan, selain mudah untuk digunakan, layanan tersebut juga menawarkan bunga yang rendah.

Perbandingan antara Shopee Paylater vs Akulaku menunjukkan bahwa layanan Akulaku lebih unggul karena sudah menawarkan Paylater dan dana tunai.

Pengertian Shopee Paylater (Sumber: Duncan_Andison via Canva)

Sedangkan layanan Shopee Paylater hanya bisa digunakan untuk Paylater saja dan hanya bisa digunakan bagi akun terpilih untuk berbelanja di aplikasi Shopee saja.

Nah sebelum kamu mengetahui manakah yang lebih unggul antara Shopee Paylater vs Akulaku, kamu perlu mengetahui penjelasan pada masing-masing layanan tersebut.

Pengertian Shopee Paylater

Shopee Paylater merupakan aplikasi pinjaman online meliputi pembayaran barang belanjaan dengan metode pembayaran beli sekarang bayar nanti untuk setiap penggunanya.

Dengan menggunakan Shopee Paylater, pengguna bisa mengajukan pinjaman untuk barang yang ingin dibeli di e-commerce dengan cicilan selama 3,6 hingga 12 bulan.

Cara daftar Shopee Paylater juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi data, foto, KTP hingga selfie KTP.

Kelebihan dan Kekurangan Shopee Paylater

Di bawah ini kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan dari Shopee Paylater, sebagai berikut:

Kelebihan Shopee Paylater

Berikut kelebihan dari Shopee Paylater:

1. Pengajuan Mudah, Online, dan Tanpa Jaminan

Dengan menggunakan Shopee Paylater, pengguna tidak perlu memberikan jaminan, pengguana Shopee Paylater juga bisa meminta pengajuan cicilan dengan mudah, hanya dalam 2 klik saat belanja.

Kamu juga perlu memastikan bahwa e-commerce yang kamu gunakan telah bekerjasama dengan Shopee Paylater supaya banyak kemudahan yang bisa kamu nikmati.

2. Cicilan Tanpa DP

Shopee Paylater juga bisa kamu andalkan bagi pengguna yang membutuhkan barang untuk keperluan mendesak saat belum memiliki dana yang cukup untuk membelinya.

Pengguna Shopee Paylater juga tidak perlu memberikan uang muka atau DP untuk menggunakan layanan Paylater dari Shopee Paylater. Selain itu, limit cicilan pun juga terbilang tinggi yaitu mencapai 30 juta rupiah.

3. Tidak Harus Lolos BI Checking SLIK OJK

Kabar baiknya, Shopee Paylater tidak serta merta menggunakan hasil dari BI checking atau SLIK OJK untuk mengambil keputusan kredit.

Shopee Paylater juga memiliki dua kemungkinan dalam hal BI Checking, sebagai berikut:

Kelebihan dan Kekurangan Shopee Paylater
  1. Memeriksa hasil BI Checking atau SLIK OJK, tetapi tidak melandasi keputusan kredit pada hasil semata
  2. Nasabah dengan hasil BI Checking buruk masih dapat disetujui oleh Shopee Paylater
  3. Mengabaikan BI Checking atau SLIK OJK sebab telah menggunakan indikator analisa kredit yang lain

4. Tidak Membutuhkan Banyak Dokumen dan Tidak Perlu Slip Gaji

Untuk mengajukan pinjaman oleh di Shopee Paylater, pengguna tidak akan diminta untuk memasukan dokumen slip gaji, cukup hanya menggunakan KTP saja. Jadi hanya dengan modal KTP dan foto selfie, pengguna sudah bisa mengajukan pinjaman di Shopee Paylater.

5. Aman dan Sudah Memiliki Izin Resmi OJK

Shopee Paylater terbilang aman untuk digunakan bukan termasuk penipuan, sebab telah mempunyai izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Kekurangan dari Shopee Paylater

Berikut kekurangan dari Shopee Paylater:

1. Hanya Dapat Dipakai di Aplikasi Shopee

Shopee Paylater hanya bisa digunakan untuk cicilan belanja di aplikasi Shopee, Shopee Paylater tidak bisa kamu gunakan di tempat belanja lain. Alhasil banyak yang tidak menggunakan Shopee Paylater karena memiliki akses yang terbatas.

2. Tidak Ada Dana Tunai

Shopee Paylater hanya bisa digunakan untuk membeli barang secara cicilan saja, kamu tidak bisa menggunakan Shopee Paylater sebagai pinjaman dana tunai.

3. Hanya Tersedia untuk Akun Tertentu

Shopee Paylater hanya bisa digunakan bagi akun tertentu di aplikasi Shopee. Pengguna tidak bisa sembarangan mengajukan untuk mendapatkan fasilitas Shopee Paylater.

Shopee sendiri yang akan menentukan akun mana yang ingin diberikan hak untuk mendapatkan Shopee Paylater. Selanjutnya, nasabah yang terpilih tersebut akan mengajukan Shopee Paylater dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

Apa itu Akulaku

Sebenarnya apa itu Akulaku? Akulaku merupakan aplikasi pinjaman online seperti pembayaran barang belanjaan dengan cara beli sekarang bayar nanti untuk penggunanya. Yang berarti Akulaku ialah aplikasi pinjaman online yang menawarkan layanan pay later.

Apa itu Akulaku (Sumber: Karolina Grabowska via Pexels)

Dengan menggunakan layanan Akulaku, pengguna bisa mengajukan pinjaman untuk barang yang dibeli di e-commerce dengan cicilan selama 3,6, hingga 12 bulan.

Dengan cara daftar Akulaku juga sangat mudah yaitu haya dengan mengisi data, foto KTP dan selfie KTP.

Kelebihan dan Kekurangan Akulaku

Di bawah ini kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan dari Akulaku, sebagai berikut:

Kelebihan dari Akulaku

Berikut kelebihan dari Akulaku:

1. Pembayaran Lebih Fleksibel Dibandingkan Kartu Kredit

Periode pembayaran Akulaku akan dimulai minimal 30 hari sejak transaksi dilakukan. Periode pembayaran ini dinilai cukup meringankan pengguna.

Dibandingkan dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit yang biasanya memberi tagihan pada tanggal tertentu tanpa melihat tanggal transaksi.

2. Cicilan Tanpa DP

Akulaku bener-bener bisa diandalkan untuk pengguna yang membutuhkan barang untuk keperluan mendadak saat belum memiliki dana yang cukup untuk membelinya.

Pengguna Akulaku tidak perlu memberikan uang muka atau DP untuk menggunakan layanan paylater dari Akulaku. Selain itu, limit cicilan pun juga terbilang tinggi, yaitu mencapai 30 juta rupiah.

3. Pengajuan Mudah

Tidak perlu memberikan jaminan, pengguna Akulaku bisa melakukan pengajuan cicilan dengan mudah hanya dalam 2 klik saat berbelanja.

Pastikan bahwa e-commerce telah bekerjasama dengan Akulaku supaya kemudahan lainnya bisa kamu nikmati.

4. Aman dan Sudah Memiliki Izin OJK

Akulaku ialah layanan yang aman dan bukan penipuan karena telah memilin izin resmi dari otoritas jasa keuangan atau OJK.

Kekurangan dari Akulaku

Berikut kekurangan dari Shopee Paylater:

Kelebihan dan Kekurangan Akulaku (Sumber: Nataliya Vaitkevich via Pexels)

1. Bunga Akulaku Lebih Tinggi

Bunga pinjaman di Akulaku lebih tinggi karena proses dan syarat yang mudah. Di fintech P2P, bunga bisa mencapai 0.4% per hari atau 12% per bulannya.

2. Belum Tersedia di Seluruh Indonesia

Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh Akulaku dalam pendaftaran dan pengajuan cicilan, banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk menggunakan layanan Akulaku.

Sayangnya tidak semua masyarakat di Indonesia bisa mengakses Akulaku sebab untuk saat ini Akulaku hanya tersedia di Bandung, Semarang, Surabaya, Cirebon, Palembang, Medang, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Kediri, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Jabodetabek.

3. Terdapat Denda Keterlambatan untuk Pengguna

Pada layanan Akulaku terdapat denda keterlambatan yaitu sebuah penalti bagi pengguna yang terlambat melakukan pembayaran.

Yang berarti, jika pengguna terlambat melakukan pembayaran, akan ada biaya tambahan berupa denda keterlambatan. Selain itu, karena cicilan masih berjalan, maka pengguna juga akan menerima bunga pinjaman.

Perbandingan Shopee PayLater vs Akulaku

Shopee PaylaterAkulaku
Hanya untuk pengguna Shopee tertentuSemua bisa menggunakannya
Hanya mencakup PaylaterMencakup Paylater dan Dana tunai
Bunga lebih rendahBunga lebih tinggi
Hanya di aplikasi ShopeeSemua layanan e-commerce onine
Resmi OJKResmi OJK
Seluruh IndonesiaWilayah tertentu
Hanya perlu KTPHanya perlu KTP

1. Perbandingan Limit

Untuk layanan Paylater Akulaku menawarkan limit kredit mencapai Rp. 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah). Syarat utama untuk mengajukan limit Akulaku adalah WNI dan sudah berusia minimal 23 tahun, sudah bekerja dan memiliki penghasilan minimal 3 juta per bulan.

Namun limit tersebut belum pasti diterima oleh semua pengguna Akulaku, pengguna akan menerima limit secara bertahap sesuai dengan skor kredit yang dimiliki pengguna.

Sementara itu, untuk para pengguna baru hampir 80% akan menerima limit kredit antara 4 hingga 6 juta saja.

Sedangkan untuk ketentuan limit SpayLater hampir sama dengan Akulaku, yaitu minimal Rp. 750.000 dan maksimal sebesar Rp. 15.000.000.

Pemberikan limit juga dilakukan secara bertahap, tidak langsung memperoleh limit 15 juta (kecuali terpilih dengan kriteria khusus).

2. Perbandingan Tenor

Perbandingan selanjutnya ialah dari segi tenor atau tipe pembayaran yang disediakan oleh Akulaku vs Shopee Paylater.

Jadi dalam penggunaan layanan Paylater Akulaku dan Shopee Paylater kamu bisa memilih tenor mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, hingga 12 bulan.

Pada Akulaku, kamu bisa membeli barang di Akulaku secara cicil dengan nominal transaksi lebih dari Rp. 300.000. Sedangkan Spay Later kamu bisa mulai mencicil barang dengan harga mulai dari Rp. 50.000.

3. Perbandingan Bunga

Dari segi bunga yang diterapkan oleh Akulaku vs Shopee Paylater juga bisa menjadi acuan dalam menentukan siapa yang lebih baik.

Jadi untuk para pengguna Akulaku kamu akan dikenai bunga sebesar 3% untuk semua tenor, sedangkan Shopee Paylater akan dikenai bunga sebesar 2,95% namun sayangnya Spaylater juga mengenakan biaya layanan sebesar 1% dari nominal transaksi.

4. Merchant Akulaku vs Shopee Paylater

Untuk saat ini Akulaku sudah menjalin kerjasama dengan berbagai merchant offline ataupun online, sebagai berikut:

Perbandingan Shopee PayLater vs Akulaku (Sumber: PhotoMIX Company via Pexels)
  1. Mi Store
  2. Shopee
  3. Bukalapak
  4. Blibli
  5. JD.id
  6. Cekpremi
  7. Hargadunia
  8. Instanticket
  9. Klik4it
  10. Lapaktrip
  11. Oktagon
  12. Perkakasku
  13. Thewatch
  14. Cahayaagro
  15. Lazada
  16. Indomaret
  17. Alfamart

Sedangkan Shopee Paylater hanya bisa digunakan untuk berbelanja di aplikasi Shopee saja, dengan catatan toko yang menyediakan barang suda mendukung pembayaran via Shopee Paylater.

Kesimpulan

Perbandingan antara Shopee Paylater vs Akulaku menunjukkan bahwa layanan Akulaku lebih unggul karena sudah menawarkan Paylater dan dana tunai.

Demikian informasi tentang perbandingan Shopee Paylater vs Akulaku, semoga artikel yang kami bahas di atas dapat bermanfaar dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.