Apa Itu Akulaku: Layanan Keuangan Digital Terpercaya

nafa cahyani

Apa Itu Akulaku Layanan Keuangan Digital Terpercaya

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui tentang apa itu Akulaku? Kini Akulaku menjadi layanan keuangan digital yang sedang populer karena proses yang mudah dan cepat.

Seperti yang kamu semua tahu, saat ini penggunaan pinjaman online mamang terus meningkat sebab banyak sekali platfor yang menawarkan kemudahan dari pinjol.

Akulaku menjadi salah satu perusahaan kredit virtual berbasis aplikasi yang terbesar di Asia Tenggara dengan berbagai produk pinjaman online yang dimilikinya.

Salah satu alasan banyak orang memilih untuk menggunakan Akulaku ialah karena kemudahan mendapatkan limit kredit Akulaku walaupun pengguna baru.

Limit Akulaku juga sangat mudah untuk digunakan, salah satunya untuk berbelanja online di aplikasi e-commerce terkemuka. Seperti hal nya membeli pulsa, paket data, vocer game, tiket pesawat, tiket kreta api, hingga pembayaran tagihan lainnya bisa kamu bayarkan menggunakan aplikasi Akulaku.

Apa Itu Akulaku

Bagi kamu yang belum mengetahui jelas tentang apa itu Akulaku, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membahasnya di bawah ini.

Akulaku merupakan pinjaman paylater dan dana tunai yang aman dan sudah memiliki izin dari otoritas jasa keuangan (OJK).

Akulaku ialah aplikasi pinjaman online yang menawarkan dana tunai dan paylater cicilan tanpa kartu kredit dengan proses yang cepat serta syarat dan pencairan yang instan.

Akulaku sudah bekerjasama dengan berbagai merchant online, seperti Shopee, BliBli, JD ID, hingga Bukalapak. Pengguna Akulaku bisa menggunakan limit di Akulaku untuk membiayai pembelian di merchant secara cicilan.

Aplikasi Akulaku juga menjadi salah satu tempat untuk penggunanya mendapatkan pinjaman ataupun cicilan barang secara cepat dan mudah.

Manfaat dari Menggunakan Akulaku

Siapapun bisa mendaftarkan akun dan mengajukan kredit sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, ketika pengajuan waktu pencairannya tergolong cepat sebab kruang dari 24 jam sudah bisa digunakan.

Nah berikut ini daftar manfaat yang bisa saja kamu dapatkan dari menggunakan Akulaku:

1. Fitur Belanja Sekarang Bayar Nanti

Akulaku memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam menggunakan limit kredit di berbagai jenis produk fisik maupun digital.

Selain itu pilihan masa pengembalian dan cicilannya juga lengkap dengan tenor selama 3,6,9, hingga 12 bulan. Dan kamu juga bisa mengajukan jenis pinjaman online sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu pengembalian.

2. Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Dengan sistem transaksi onnline sudah pasti data pengguna akan jauh lebih aman dan terjaga. Selain itu cicilan akan mudah untuk digunakan kapan saja, biayanya juga bisa kamu bandingkan dengan kartu kredit baik untuk bulanan ataupun harian.

Produk Populer Akulaku

Jika kamu sudah mengetahui apa itu Akulaku, kamu juga perlu mengetahui produk populer yang ada di Akulaku.

Beberapa produk pinjaman akan memudahkan kamu mendapatkan barang impian ataupun memperoleh bantuan dana secara cepat. Selain itu setiap produknya juga memiliki tujuan penggunaan dan limit yang berbeda, berikut penjelasannya:

1. Aku Cicil

Aku Cicil merupakan fasilitas cicilan yang bisa dimanfaatkan untuk membeli barang secara online tanpa kartu kredit. Kamu juag bisa membeli berbagai jenis produk secara online atau offline di berbagai toko online atau merchant yang bekerjsama.

Setiap pengguna bisa mendapatkan limit yang beragam, sesuai dengan penilaian, maksimalnya berjumlah 15.000.000 juta untuk satu akun.

2. KTA Asetku

KTA Asetku merupakan pinjaman online tanpa jaminan dan agunan sehingga bisa dinikmati oleh semua masyarakat di Indonesia.

Kemudahan ini membuat pengajuan kredit lebih cepat dengan waktu pencairan maksimal 24 jam, selain itu limit pengguna akan beragam sesuai dengan penilaian.

Syarat pendaftarannya juga cukup mudah hanya membutuhkan KTP dan menambahkan dokumen lain untuk meningkatkan limit.

3. Dana Cicil

Dana cicil merupakan pinjaman tunai yang memberikan nominal hingga 12.000.000 rupiah dengan tenor hingga 15 bulan.

Kelebihan utama dari Dana cicil ialah bisa dicairkan secara mudah karena proses pengajuannya dinilai simple. Pencairan juga tidak membutuhkan waktu lama, kurang dari 24 jam uang akan ditansfer melalui rekening pribadi kamu.

Keunggulan dan Kelemahan Aplikasi Akulaku

Di bawah ini kami telah merangkum apa saja keunggulan dan kelemahan dari aplikasi Akulaku, yaitu:

Keunggulan Aplikasi Akulaku

Berikut keunggulan dari aplikasi Akulaku:

1. Fitur Lengkap

Akulaku menyediakan tidak hanya cicilan tanpa kartu kreidt untuk belanja di merchant, tetapi juga dengan pinjaman dana tunai.

Cicilan Buy Now Pay Later bisa dimanfaatkan untuk menbiayai pembelian di merchant, sedangkan pinjaman dana tunai dicairkan ke rekening bank.

2. Kerjasama Banyak Merchant

Akulaku memiliki kerjasama dengan banyak merchant yang menerima pembayaran dengan cicilan Akulaku Paylater. Hal ini bisa memudahkan konsumen agar leluasa untuk memilih tempat untuk berbelanja.

Tidak hanya merchant e-commerce besar seperti Tokopedia, JD ID, BliBli, Bukalapak, namun toko merchant lain dengan berbagai pilihan produk yang tidak kalah menarik.

3. Pengajuan Mudah Tanpa Kartu Kredit, dan Tidak Diminta Slip Gaji

Kemudahan dalam proses pengajuan terbilang cukup mudah, karena kamu hanya perlu download aplikasi Akulaku, foto selfie dan isi form.

Pengajuan cicilan di Akulaku tidak membutuhkan persyarat kartu kredit, hal ini sangat membantu konsumen di Indonesia yang selama ini tidak bisa mengajukan pinjaman ke bank karena bank mewajibkan memiliki kartu kredit.

Secara umum, Akulaku juga tidak meminta DP atau uang muka dalam pembiayaannya, konsumen akan menerima 100% pembiayaan di Akulaku.

Akulaku juga tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman, hal ini yang membuat Akulaku berbeda dengan fintech lain, apalagi bank yang mengharuskan konsumen mengirimkan dokumen slip gaji.

4. Persetujuan Cepat dan Langsung Cair

Proses pengajuan dilakukan secara cepat, kamu hanya membutuhkan waktu 3 menit sejak meminta permohonan pengajuan, dan pihak Akulaku sudah memberikan persetujuan.

Pengguna akan menerima kabar jika pengajuan disetujui atau tidak disetujui dalam jangka waktu kurang dari 24 jam.

Proses yang instan ini jelas berbeda sekali dengan proses di bank ataupun leasing. Jika bank paling cepat membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu untuk pengajuan kredit disetujui.

Selain persetujuan yang instan, dana masuk ke rekening juga sangat cepat. Pinjaman cepat cair seperti ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan pinjaman dengan pencairan cepat.

Kebutuhan dana darurat juga bisa diselesaikan dengan jenis pinjaman ini, tidak perlu menunggu lama untuk pengguna menerima pencairan di rekening bank.

5. Sudah Memiliki Izin dan Diawasi Oleh OJK

Akulaku merupakan pinjaman online terpercaya yang sudah terdaftar, memiliki izin serta di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah pasti legal dan resmi.

Memiliki alamat kantor perusahaan yang jelas sehingga bisa dihubungi jika mengalami kejadian yang tidak diinginakan.

Kelemahan Akulaku

Berikut kelemahan dari aplikasi Akulaku:

1. Tidak Mempunyai Kalkulator Simulasi Pinjaman

Dalam aplikasi Akulaku, kamu tidak akan menemui kalkulator simulasi pinjaman yang dapat digunakan untuk menghitung besarannya bunga dan cicilan per bulan dari limit pinjaman yang akan kamu ajukan.

Sebenarnya kalkulator simulasi pinjaman ini sangat penting bagi calon peminjam supaya bisa mengetahui berapa besaran cicilan di awal, sehingga bisa mengukur kesanggupan untuk membayar tagihan setiap bulannya.

Pada Akulaku, kamu baru bisa mengetahui besaran cicilan setelah kamu sudah lengkap mengisi data pribadi di aplikasi.

Hal ini tentu saja kurang menguntungkan bagi konsumen yang harus menyampaikan data pribadi terlebih dahulu, padahal belum tahu mengambil pinjaman karena bunga yang mahal.

2. Tidak Ada Informasi Bunga dan Biaya Dimuka

Kamu akan sulit mendapatkan informasi mengenai bunga dan biaya pinjaman di akulaku, sebab informasi ini tidak dicantumkan dalam aplikasi secara jelas dan transparan.

Kamu juga harus mengisi data dan mengajukan pinjaman terlebih dahulu baru bisa mengetahui besaran bnga dan biaya yang ditawarkan oleh Akulaku.

Seharusnya info bunga dan biaya di awal juga penting dengan alasan transparansi dan peminjam juga bisa menghitung apakah pinjaman ini mahal atau tidak.

Jika harus mengisi data terlebih dahulu untuk mengetahui besaran bunga, itu akan membuat waktu bagi calon peminjam.

3. Tinggi Bunga dan Biaya Admin

Bunga yang besar dan ditambah dengan biaya admin yang dipotong di muka membuat pinjaman di fintech Akulaku menjadi lebih besar.

Jika dihitung dengan bunga perhari yaitu 0,4%% maka sebulan bunga yang harus kamu bayarkan sebesar 12%, dan jika dalam setahun sebesar 144%.

Jika dibandingkan dengan bunga KTA di bank yang berkisaran sebesar 20% hingga 30% setahun, jauh lebih rendah dari bunga di fintech Akulaku.

4. Plafon Pinjaman Online

Jika dibandingkan dengan KTA atau kartu kredit, limit dari pinjaman di Akulaku terbilang sangat kecil, sebab maksimum limit yang diberikan ialah Rp. 15.000.000 juta.

Bahkan untuk pinjaman pertama, Akulaku akan memberikan limit yang lebih kecil. Kenaikkan limit baru akan bisa dinaikkan pada pinjaman berikutnya, dan dengan syarat catatan pembayaran yang baik dan bagus.

5. Tenor Pendek

Jangka waktu atau tenor di Akulaku cukup pendek, yaitu maksimum jangka waktu selama 12 bulan. Hal ini mungkin terjadi terkait plafon pinjaman yang kecil dan pengelolaan resiko.

Berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan tenor pinjaman hingga 60 bulan dan dengan tenor yang lama akan membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil.

6. Akses Data Pribadi Ponsel

Akulaku juga memiliki akses terhadap data pribadi yang ada di dalam ponsel kamu. Untuk mengajukan Akulaku akan meminta data sebagai berikut:

  1. Informasi lokasi
  2. Informasi daftar kontak
  3. Info aplikasi terinstall
  4. Nomor hp
  5. Informasi perangkat ponsel, merk, model dan sistem operasi
  6. Meminta untuk dihubungkan dengan akun Facebook

Penjelasan yang diberikan Akulaku mengenai aplikasi soal pengambilan data ini tidak begitu jelas. Jadi kami sulit tahu data apa saja yang sebenarnya akan diminta dari ponsel kamu ketika mengunduh aplikasi dan ingin mengajukan pinjaman di Akulaku.

Download Aplikasi Akulaku 2023 Terbaru

Di bawah ini kami telah menyediakan link download aplikasi Akulaku untuk pengguna Android, sebagai berikut:

Nama AplikasiAkulaku - Belanja dan Cicilan
Versi4.7.50
Perlu Android versi4.4 dan yang lebih tinggi
Ukuran Download47 MB
Dirilis tanggal19 Mei 2016
Diupdate pada29 Desember 2022
DeveloperPT. Akulaku Silvrr Indonesia
Link DownloadKlik Disini

Cara Daftar Akulaku

Berikut cara daftar Akulaku hanya dengan menggunakan KTP, antara lain yaitu:

  1. Pertama buka website resmi Akulaku di browser
  2. Kemudian akan muncul halaman utama di situs Akulaku
  3. Selanjutnya pada halaman utama, isikan nomor ponsel kamu pada kolom yang sudah disediakan agar bisa mengklaim vocer untuk belanja sebesar Rp. 100.000
  4. Lalu pengguna dapat melakukan pendaftaran dengan klik Cek Sekarang
  5. Selanjutnya download aplikasi Akulaku dengan link yang sudah kami sediakan di atas
  6. Jika sudah buka aplikasi Akulaku dan lakukan registrasi atau pendaftaran
  7. Pertama kali saat kamu membuka aplikasi Akulaku akan muncul tampilan yang mewajibkan kamu untuk memilih layanan bahasa yang dignakan, silahkan pilih lalu klik Allow
  8. Selanjutnya kamu pilih Beri Izin pada Aplikasi
  9. Jika sudah klik di Pilihan Personal
  10. Lalu kamu dapat klik Masuk atau Daftar untuk registrasi
  11. Selanjutnya pilih Buat Akun atu Membuat Akun
  12. Kemudian masukkan nomor ponsel yang sudah kamu gunakan untuk mendaftar ditahapan pendaftaran melalui website yang pertama kali kamu lakukan
  13. Lalu klik Kirim Kode
  14. Tunggu SMS pemberitahuan yang akan dikirimkan oleh Akulaku ke nomor ponsek yang kamu masukan
  15. Jika kamu sudah menerima SMS yang berisikan kode OTP untuk memverifikasi akun, silahkan masukan kode dan klik Selanjutnya
  16. Lalu kamu akan diminta untuk memasukan password atau kata sandi untuk keamanan akun kamu, jika sudah pilih Selanjutnya
  17. Proses pendaftaran dan pembuatan akun di Akulaku sudah sukses untuk dilakukan

Cara Beli Barang Online di Akulaku

Setelah kamu mengetahui cara daftar Akulaku, berikut cara beli barang Online di aplikasi Akulaku, yaitu:

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan login akun Akulaku lalu pilih produk yang kamu inginkan
  2. Setiap produk atau barang yang dipilih biasanya tersedia DP atau uang muka yang menyesuaikan dengan harga produk yang kamu beli
  3. Produk yang kamu pilih biasanya akan terlihat rincian pembayarannya
  4. Kamu juga bisa memilih jangka waktu untuk membayar
  5. Selanjutnya masukkan data diri kamu dengan lengkap, dan kamu akan diminta untuk mengupload foto KTP beserta foto selfie sedang memegang KTP, dan kamu jug perlu upload ID Card karyawan jika ada, jika tidak maka kamu bisa foto langsung disamping perusahaan
  6. Kemudian masukkan juga alamat pengirim serta upload e-KTP kamu lalu klik selanjutnya
  7. Kemudian kamu akan diminta untuk memilih sistem pembayan, melalui DP hingga cicilan. Ada pilihan menggunakan kartu kredit jika tidak kamu bisa menggunakan kartu debit bank Mandiri. Jika kamu tidak memiliki nya juga, pembayaran bisa kamu lakukan melalui mesin ATM Link, ATM Bersama dan sebagainya
  8. Setelah melakukan pembayaran uang muka atau DP, dalam waktu 4 hari maka pihak Akulaku akan memberikan konfirmasi proses pengiriman barang
  9. Kamu hanya tinggal menunggu barang tiba dirumah

Kesimpulan

Akulaku ialah aplikasi pinjaman online yang menawarkan dana tunai dan paylater cicilan tanpa kartu kredit dengan proses yang cepat serta syarat dan pencairan yang instan.

Demikian informasi tentang apa itu Akulaku: layanan keuangan digital terpercaya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.