Pengertian Paylater: Layanan Pinjaman Online yang Fleksibel

nafa cahyani

Pengertian Paylater Layanan Pinjaman Online yang Fleksibel

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui pengertian paylater? Akulaku paylater menjadi salah satu layanan yang bisa digunakan untuk melakukan pinjaman online. Dengan terjadinya perkembangan teknologi yang sangat canggih membuat transaksi menjadi semakin mudah.

Kini kamu tidak perlu membayar produk yang dibeli secara kontan, kamu bisa memanfaatkan paylater sebagai metode pembayaran.

Bagi kamu yang sering berbelanja online, sudah pasti tidak asing dengan paylater. Secara harfiah, paylater bisa diartikan sebagai “membayar nanti”.

Singkatnya kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan dengan metode pembayaran cicilan yang tidak jauh beda dengan kartu kredit.

Pengertian Paylater (Sumber: tanaonte via Canva)

Namun dengan menggunakan paylater, kamu tidak perlu memiliki kartu kredit. Kamu hanya perlu mengajukan aplikasi paylater pada perusahaan pembiayaan yang bersangkutan, dan tunggu sejenak hingga mendapatkan persetujuan.

Sudah tidak heran jika paylater mulai menggeser posisi kartu kredit, daripada harus bersusah payah mengajukan aplikasi kartu kredit dan belum tentu mendapatkan persetujuan dari pihak bank yang bersangkutan, paylater ialah solusi terbaik.

Walaupun menjadi solusi yang bagus untuk masyarakat, tetapi masih banyak yang belum mengetahui tentang metode paylater. Maka dari itu kami ingin membahas tentang pengertian paylater dengan rinci.

Pengertian Paylater

Seperti yang sudah kami bahas di atas, bahwa paylater berasal dari kata “Pay” yang berarti membayar dan “Later” yang memilii arti nanti.

Secara garis besar, paylater merupakan metode pemabayaran yang menawarkan angsuran lebih dahulu saat kamu membeli produk.

Lalu kamu akan membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo pada bulan selanjutnya, jangka waktu pembayaran pun bisa disesuaikan dengan tenor yang kamu pilih.

Namun masih banyak yang kebingungan dengan pengertian paylater, paylater merupakan gabungan dari dua kata bahasa inggris yaitu pay dan later. Yang secara sederhana bisa kamu mengerti tentang paylater ialah metode pembelian dengan pembayaran di belakang.

Sangat praktis bukan? Saat ini paylater sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari e-commerce, marketplace, transportasi online, dan berbagai perusahaan digital lainnya.

Daftar Aplikasi Paylater

Di bawah ini rancakmedia.com telah merangkum aplikasi paylater apa saja yang saat ini tersedia dan banyak diminati oleh banyak orang, sebagai berikut:

1. Spaylater atau Shopee Paylater

Shopee Paylater hadir sebagai layanan kredit cicilan saat kamu berbelanja di Shopee. Dengan memilih metode pembayaran ini, kamu bisa membeli produk tanpa minimal pembelian dan mencicil pembayarannya sesuai dengan tenor yang kamu pilih.

Daftar Aplikasi Paylater (Sumber: Duncan_Andison via Canva)

Saat ini shopee menawarkan pinjaman instan hingga Rp. 15.000.000 dan bisa bertambah sesuai jumlah konsumsi pelanggan dengan jangka waktu mulai satu hingga dua belas bulan.

2. GoPay Paylater

GoPay Paylater adalah metode pembayaran postpaid yang bisa dinikmati oleh pelanggan terpilih Gojek. Tidak sembarangan, untuk menggunakan layanan ini, kamu harus terdaftar sebagai bagian dari GoPay Plus dengan mengirimkan foto atau scan KTP dan foto bersama KTP.

GoPay Paylater tersedia untuk beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh Gojek, seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoSend dan sebagai nya.

3. Kredivo

Kredivo juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp.3.000.000 tanpa bunga dengan jangka waktu pembayaran satu bulan.

Aplikasi Paylater yang satu ini bisa kamu gunakan di beberapa e-commerce yang bekerja sama dengan Kredivo, seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan sebagainya.

4. Akulaku

Sebagai salah satu platform yang menyediakan layanan jual beli, Akulaku juga menawarkan layanan paylater yang memungkinkan kamu untuk mengajukan pinjaman tunai hingga Rp. 15.000.000 dengan tenor yang variatif.

Selain itu, Akulaku juga menyediakan dua produk paylater lainnya yaitu Akulaku khusus pengguna dan Akulaku khusus merchant.

5. Ovo Paylater

Ovo Paylater ialah aplikasi paylater yang bisa digunakan saat kamu berbelanja di Tokopedia. Tidak sembarangan, layanan ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Ovo Premier.

Jadi bagi kamu yang tertarik untuk menggunakannya kamu perlu daftar terlebih dahulu dengan cara mengupload KTP dan foto diri bersama KTP.

Cara Membayar Paylater

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, bahwa pembayaran dari transaksi pengguna akan ditalangi lebih dulu oleh penyedia layanan paylater.

Selanjutnya, pengguna akan diberi batas waktu untuk melunasi pembayaran, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, dua belas bulan, bahkan hingga dua puluh empat bulan.

Dalam jangka waktu tersebut, pengguna diberikan kesempatan menggunakan produk yang sudah dibeli layaknya metode kredit pada umumnya.

Cara Membayar Paylater (Sumber: Duncan_Adison via Canva)

Akan tetapi, dalam metode paylater penyedia layanan yang bersangkutan biasanya akan menetapkan batasan kredit atau biasa disebut dengan limit paylater.

Jumlah limit yang ditetapkan biasanya berbeda-beda, tergantung dari aturan yang dimiliki oleh penyedia layanan.

Semakin sering seseorang menggunakan paylater tanpa ada kendala dalam proses pembayarannya, bisa saja jumlah limit yang ditawarkan akan meningkat.

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Paylater

Setiap metode pembayaran yang dipakai sudah pasti memiliki keunggulan dan kelemahan yang akan didapatkan, begitu pula dengan paylater.

Sebelum kamu menggunakan paylater, tidak ada salahnya kamu mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan yang akan didapatkan, sebagai berikut:

Keunggulan Menggunakan Paylater

Berikut keunggulan yang akan didapatkan jika kamu menggunakan paylater, yaitu:

1. Proses Pengajuan Aplikasi Paylater Mudah dan Cepat

Mulai dari proses pendaftaran hingga mengajukan aplikasi paylater, keduanya sangat mudah untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu mengikuti petujuk yang sudah disediakan di aplikasi paylater yang kamu gunakan.

Walaupun di paylater terdapat bunga, namun besaran bunga untuk paylater berbeda-beda tergantung dari platform yang digunakan.

Jadi ada baiknya kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai ketentuan terkait bunga sebelum memilih untuk membayar menggunakan layanan paylater supaya bisa disesuaikan dengan daya beli sesungguhnya.

2. Bisa Digunakan Kapan Pun dan Dimana Saja

Seperti yang kamu semua tahu, seluruh proses pengajuan aplikasi paylater dilakukan secara online. Dengan begitu kamu bisa menggunakan paylater kapan dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan kamu, terutama dalam keadaan yang mendesak.

3. Jangka Waktu Fleksibel

Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan paylater ialah jangka waktu atau tenor yang cukup fleksibel.

Setiap penyediaan layanan paylater menawarkan berbagai tenor yang beragam. Umumnya masa jangka waktu yang ditentukan ialah tiga hingga dua belas bulan.

Kelemahan Menggunakan Paylater

Berikut kelemahan yang bisa saja kamu dapatkan jika menggunakan paylater, yaitu:

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Paylater (Sumber: Oko_SwanOmurphy via Canva)

1. Menjadi Lebih Konsumtif

Sebaiknya kamu berhati-hati dengan pola pikir mendapatkan produk yang diinginkan dalam jangka waktu singkat dengan mengeluarkan uang yang sedikit.

Sebab kerugian pertama yang bisa kamu dapatkan ialah bisa membuatmu menjadi lebih konsumtif.

Dengan bunga rendah dan berbagai tawan yang tidak kalah menarik lainnya, kamu bisa kehilangan kendali dan akhirnya membeli barang yang diinginkan begitu saja tanpa perhitungan yang matang.

Perlu kamu ingat, bahwa paylater merupakan metode pembayaran yang membuatmu lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak.

2. Tagihan Pembayaran yang Membengkak

Selain dapat membuatmu menjadi lebih konsumtif, kerugian dari menggunakan paylater selanjutnya ialah membuat tagihan pembayaran menjadi membengkak.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan paylater sebaiknya pilih dengan bijak apa saja produk yang akan kamu butuhkan secara mendesak.

Untuk menghadapi biaya pembayaran yang membengkak, terkadang pengguna menjadi keberatan untuk menyelesaikan tagihannya.

Sebab ketika seorang menunggak tagihan paylater, orang tersebut dianggap terlambat membayar, dan platform pada umumnya akan memberikan denda keterlambatan yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menyelesaikan cicilan serta tagihan yang tepat waktu agar tidak terkena denda yang akan membuat jumlah nilai tagihan semakin besar.

3. Tidak Aman

Kelemahan terakhir yang akan didapatkan jika kamu menggunakan paylater ialah masalah keamanan. Jika dibandingkan dengan kartu kredit bank, keamanan dari paylater masih tergolong sangat rendah.

Saat ini tidak sedikit penyedia layanan paylater yang menawarkan berbagai penawaran menarik, namun tidak terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, pastikan aplikasi paylater yang kamu gunakan sudah diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK).

Tips Menggunakan Paylater Agar Tidak Boros

Menggunakan paylater memang memiliki potensi kecanduan dan boros ingin membeli produk apapun dalam waktu yang singkat. Berikut terdapat tips yang bisa kamu gunakan agar tidak boros dalam penggunaannya:

1. Memahami Peraturan Lembaga Penyedia Paylater

Tips pertama yang bisa kamu lakukan ialah memahami peraturan penyedia paylater, kamu harus cermat dan teliti membaca kebijakan penyedia paylater sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.

Tips Menggunakan Paylater Agar Tidak Boros (Sumber: Przemek Klos via Canva)

2. Batasi Nominal Pinjaman Sesuai Keperluan

Tips yang kedua untuk pengguna paylater agar tidak boros ialah membatasi nominal pinjaman sesuai dengan keperluan. Sebab limit paylater terbilang cukup besar, kamu bisa menggunakannya berbelanja sepuasnya hingga menimbulkan keborosan.

3. Menahan Diri Untuk Tidak Membeli Terlalu Banyak

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting ialah mengendalikan diri untuk tidak membeli terlalu banyak produk yang tidak terlalu penting.

Kamu harus bisa mengontrol diri sendiri untuk membeli keperluan sesuai dengan kebutuhan, coba untuk membuat pertimbangan sebelum melakukan transaksi sehingga kamu bisa terhindar dari keputusan tidak rasional saat membeli (seperti halnya karena produk limited edition, diskon, gratis ongkir, dan lainnya).

4. Bayar Paylater Sebelum Jatuh Tempo

Tips menggunakan paylater selanjutnya ialah membayar paylater tepat waktu atau sebelum jatuh tempo.

Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari denda yang perlu dibayarkan, sehingga kamu terhindar dari pemborosan.

5. Gunakan Fitur Paylater di Satu Platform Saja

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan memanfaatkan paylater hanya dengan satu platform atau aplikasi saja.

Sebaiknya kamu tidak mendaftarkan akun pada banyak platform paylater sehingga kamu bisa mengontrol penggunaan dan pelunasan tagihan.

Kesimpulan

Paylater berasal dari kata “Pay” yang berarti membayar dan “Later” yang memilii arti nanti. Secara garis besar, paylater merupakan metode pemabayaran yang menawarkan angsuran lebih dahulu saat kamu membeli produk.

Demikian informasi tentang pengertian paylater layanan pinjaman online yang fleksibel, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.