Advertisement

Sebutkan Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai contoh perusahaan jasa, untuk kamu yang belum mengetahui apa itu perusahaan jasa, simak artikel dibawah ini. Seiring dengan perkembangan waktu, demikian juga perusahaan jasa.

Perusahaan dan masyarakat memiliki hubungan simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak mendapatkan manfaat dari kehadiran pihak lain. Hasilnya, sektor ini berkembang secara keseluruhan untuk memenuhi kebutuhan penduduk setempat yang terus meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan klien mereka, sebagian besar perusahaan terlibat dalam pembuatan benda-benda fisik dan layanan tidak berwujud.

Jadi, apa aja contoh perusahaan berbasis layanan di Amerika Serikat dan kategori perusahaan apa yang menyediakan layanan ini? Dalam postingan berikutnya, kamu akan menemukan solusinya.

Pengertian Perusahaan Jasa

Pengertian Perusahaan Jasa

Bisnis jasa beroperasi dengan premis bahwa cara utama untuk menghasilkan bisnis adalah melalui perusahaan produk akhir yang tidak berwujud.

Sederhananya, ini adalah perusahaan yang memasarkan dan menjual layanannya sendiri untuk memuaskan konsumen dan meningkatkan pendapatan.

Mungkin saja perusahaan ini ada di dunia nyata, seperti layanan transportasi umum yang menyediakan akses transportasi kendaraan bagi konsumen untuk membawa barang mereka ke tujuan akhir.

Kapal, peswat terbang dan bus adalah contoh transportasi. Ketika sebuah bisnis harus pergi ke suatu tempat, mereka harus bisa sampai ke sana dengan cepat dan mudah.

Jenis Perusahaan Jasa

Istilah “industri jasa” terdiri atas dua kata, “jasa” dan “bisnis”, yang keduanya memiliki konotasi yang berbeda.

Perusahaan dapat didefinisikan sebagai organisasi formal yang berorientasi pada tujuan. Sedangkan jasa adalah barang samar-samar yang diproduksi untuk mengisi lubang pasar.

Salah satu definisi perusahaan jasa adalah perusahaan yang berfokus pada perusahaan jenis layanan tertentu untuk layanan.

Model bisis berorientasi layanan berikut ini adalah pengetahuan penting untuk kamu peroleh.

Keuangan

Sektor keuangan memainkan peran penting dalam kesehatan ekonomi Amerika secara keseluruhan.

Uang adalah alat transaksi utama di Indonesia dan di seluruh dunia, sehingga keuangan secara alami berputar di sekitarnya.

Orang-orang yang memiliki dampak langsung pada aliran uang mungkin mendapati diri mereka memiliki uang tunai atau kekurangan uang karena tindakan orang lain di sekitar mereka.

Dengan kata lain, ada beberapa contoh ketika sejumlah kecil individu menyatakan bahwa mereka kekurangan uang. Sebagian orang memiliki begitu banyak uang tunai yang tergeletak di sekitar mereka sehingga mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya.

Nah, tujuan dari perusahaan jasa keuangan adalah untuk membantu klien mereka dalam mengelola uang mereka dengan lebih baik.

Telekomunikasi

Bisnis yang menyediakan layanan telekomunikasi sering kali berurusan dengan masalah komunikasi dalam arti luas.

Berbagai macam bisnis menyediakan layanan ini, mulai dari penerjemahan, penulisan hingga pengangkutan produk.

Transportasi

Ada peningkatan jumlah layanan terkait transportasi juga. Semua moda transportasi, mulai dari jasa hingga pesawat, memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

Kesehatan

Dengan penyebaran pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, kebutuhan akan layanan perawatan kesehatan diperkirakan akan meningkat.

Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, masyarakat secara keseluruhan bergantung pada rumah sakit dan penyedia layanan medis lainnya.

Mereka juga memerlukan bantuan untuk menjaga kesehatan mental mereka agar kekebalan fisik mereka tetap pada tingkat puncak setiap saat.

Pendidikan

Bisnis telah telah menyadari potensial finansial dalam penyediaan layanan pendidikan dan telah mulai aktif mengejar segmen pasar ini.

Bimbel atau pusat bimbingan belajar adalah perusahaan yang menyediakan layanan pendidikan.

Jenis Perusahaan Jasa

Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan jasa di indonesia, antara lain:

Jasa Keuangan

  1. Bank konvensional atau syariah.
  2. Bank adalah bagian penting dari industri jasa keuangan dan tidak boleh diabaikan.
  3. Masyarakat dapat menggunakan jasa bank konvensional dan bang yang sesuai syariah untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan menginvestasikan tabungan mereka.

Pegadaian Konvensional atau Syariah

  1. Organisasi di industri jasa keuangan pegadai menawarkan pendanaan untuk perusahaan dan individu, di antara layanan lainnya.
  2. Hal-hal yang termasuk membeli dan membayar tiket, menyimpan uang dalam bentuk emas batangan, membayar utilitas seperti listrik dan internet dan banyak lagi.

Perusahaan Asuransi Konvensional atau Syariah

Secara umum, perusahaan asuransi adalah entitas keuangan yang bertanggung jawab untuk menginvestasikan uang klien sesuai dengan kebijakan yang telah di tentukan.

  1. Bank Tabungan Indonesia (Persero) Tbk (BBTN)
  2. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)
  3. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)
  4. Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)
  5. Bank Central Asia Tbk (BBCA)
  6. Dan lain – lainya

Jasa Komunikasi

  1. Perusahaan yang berspesialisasi dalam jaringan jaringan seluler.
  2. Kamu tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari ponsel kamu sampai kamu memiliki kartu SIM.
  3. Penyedia jaringan seluler menawarkan layanan komunikasi ini dengan tujuan menjual paket airtime dan data kepada kamu.
  4. Demi melakukan percakapan telepon seluler yang menyenangkan.
  5. Perusahaan yang menyediakan layanan kurir.

Perusahaan yang menawarkan jasa kurir, misalnya, mengkoordinasikan pengiriman paket kepada pelanggan berdasarkan informasi yang mereka miliki untuk alamat tersebut.

  1. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)
  2. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
  3. PT Indosat Ooredoo (Indosat)
  4. PT XL Axiata Tbk (XL)
  5. PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren)
  6. JNE
  7. POS Indonesia
  8. J&T
  9. SiCepat

Jasa Transportasi

  1. Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi darat.
  2. Biasanya, perusahaan jasa semacam ini memanfaatkan jaringan berbasis darat. Perusahaan seperti PT KAI, Blue Bird Group (TAXI), dan Hertz adalah contoh yang baik dari perusahaan semacam ini.
  3. Perusahaan logistik untuk pengiriman barang melalui air.
  4. Ada banyak jenis bisnis transportasi laut, yang semuanya berfokus pada memfasilitasi perjalanan antar pulau dan negara melalui laut.

PELNI, yang menjual tiket untuk kapal di laut, PT ASDP Indonesia Ferry, dan masih banyak lagi yang termasuk dalam kategori ini.

  1. PT. Garuda Indonesia (pesawat)
  2. PT. Kereta Api Indonesia (kereta api)
  3. PT. Trans Jakarta (Bus Trans)
  4. PT. Kalla Coorperation (Taxi, jual beli otomotif)
  5. PT. Toyota (mobil)
  6. PT. Yamaha (motor)

Jasa Kesehatan

Berikut ini adalah contoh perusahaan jasa kesehatan, antara lain:

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

  1. Klaster asuransi kesehatan merupakan dasar bagi kegiatan organisasi BPJS. Askes, kependekan dari Asuransi Kesehatan, adalah nama asli untuk BPJS.

Rumah Sakit dan Puskesmas

  1. Fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas sangat penting dalam setiap komunitas.
  2. Puskesmas biasanya terletak di setiap kecamatan, sedangkan rumah sakit beroperasi di tingkat kabupaten.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang perusahaan jasa, diantaranya:

Apa Saja Ciri-Ciri Perusahaan Jasa?

  1. Penyediaan layanan daripada penyediaan barang berwujud adalah bentuk bisnis utama.
  2. Hasil dari Produk Jasa yang Berbeda Tidak Dapat Dibandingkan.
  3. Tidak mengeluarkan biaya apa pun dalam pembuatan produknya (kriteria).
  4. Tidak adanya struktur harga yang diterima secara universal.

Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan Jasa Menghasilkan Apa?

Sederhananya, industri jasa adalah industri yang bentuk utamanya adalah pada penyediaan barang dan jasa tidak berwujud untuk bentuk memaksimalkan nilai pemegang saham.

Artinya, tidak seperti perusahaan manufaktur, bisnis jasa memberikan dukungan secara langsung kepada pelanggan daripada dalam bentuk komoditas berwujud.

Kesimpulan

Seperti yang telah kami lihat, perusahaan jasa berevolusi sepanjang waktu untuk memenuhi permintaan pelanggan mereka yang terus berubah.

Peluang kerja akan meningkat sebagai akibat dari menjamurnya perusahaan jasa baru di daerah tersebut. Kamu dapat menggunakan MASERP atau program akuntansi lain untuk melacak keuangan perusahaan jasa kamu dan mengurangi perusahaan potensial.

Demikian informasi tentang contoh perusahaan jasa di Indonesia, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas