Advertisement

Apa Pengertian Teknologi Perkantoran Beserta Dampaknya

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian teknologi perkantoran yang mungkin saja belum kamu ketahui. Dengan teknologi zaman, begitu pula ketergantungan pada kemudahan teknologi. Yuk simak artikel dibawah ini.

Teknologi telah meningkatkan beberapa aspek kehidupan modern. Teknologi di kantor pun demikian, memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas. Penggunaan komputer hanyalah salah satu aspek dari ketergantungan kantor modern pada teknologi.

Jika kamu masih menggunakan mesin tik, kamu harus tahu bahwa ada alternatif yang jauh lebih baik yang tersedia saat ini dalam bentuk komputer. Komputer juga menyederhanakan produksi dokumen dan administrasi.

Juga menyederhanakan proses berbagi pengetahuan dengan orang lain. Email atau faks dapat digunakan untuk tujuan ini. Tidak mengherankan jika setiap kantor membutuhkan beberapa jenis teknologi kantor.

Pengertian Teknologi Perkantoran

Pengertian Teknologi Perkantoran

Menurut artikel Wikipedia tentang teknologi, “seluruh gagasan untuk menyediakan sesuatu,” yang berarti barang-barang yang diperlukan untuk kelangsungan dan kenyamanan keberadaan manusia, adalah definisi teknologi. Sebaliknya, Kantor adalah tempat berbagai tugas duniawi dilakukan.

Dalam pandangan Tedja Purnama, teknologi perkantoran hanyalah alat untuk membantu orang melaksanakan tugas-tugas administratif mereka.

Dengan menggunakan mesin kantor secara efektif, tugas-tugas ini melibatkan pencatatan, pengumpulan, pemrosesan, reproduksi, transmisi, dan penyimpanan item informasi.

Dengan latar belakang ini, dapat dikatakan bahwa “teknologi kantor” mengacu pada alat dan metode yang digunakan untuk memfasilitasi tugas-tugas administratif dalam pengaturan kantor.

Tujuan dan Manfaat Teknologi Perkantoran

Bukan rahasia lagi bahwa membeli peralatan kantor adalah upaya yang mahal. Perusahaan-perusahaan siap membayar harga teknologi kantor yang tinggi karena mereka tahu keuntungannya akan lebih besar daripada pengeluaran dalam jangka panjang.

Ada sejumlah keuntungan menggunakan teknologi perkantoran, dan keuntungan-keuntungan ini dapat dipecah menjadi tiga kategori.

Manfaat Teknologi Terhadap Ketenagakerjaan

  1. Memperkuat efisiensi tenaga kerja kamu.
  2. Meningkatkan kerja dan pengendalian diri pekerja.
  3. Meningkatkan keuntungan perusahaan.
  4. Mengurangi beban mental dan fisik pada pekerjaan kamu.

Manfaat Teknologi Kantor Terhadap Prosedur Kerja

  1. Mempercepat laju pekerjaan kamu
  2. Mengurangi pekerjaan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau merampingkan pekerjaan yang sudah ada.
  3. Memudahkan pekerjaan dalam proses kamu.
  4. Meringankan beban dalam menyelesaikan tugas.

Manfaat Teknologi Kantor Terhadap Hasil Kerja

  1. Kualitas pekerjaan kantor menjadi meningkat.
  2. Memperoleh hasil yang lebih baik dengan pekerjaan yang lebih banyak.
  3. Lebih mematuhi tolak ukur kualitas yang telah ditetapkan
  4. Tujuan setiap kantor adalah konsistensi dalam ukuran, bentuk, dan jenis pekerjaan yang dihasilkan.

Lalu, apakah teknologi komputer di kantor itu? Beberapa tujuan teknologi kantor tercantum di bawah ini.

  1. Meningkatkan pekerjaan melalui pemanfaatan modal, tenaga kerja, bahan, waktu, peralatan, dan lainnya secara optimal
  2. Menjaga agar proses tetap mengalir dengan lancar dan akurat.
  3. Memaksimalkan Produksi
  4. Tidak mengherankan bahwa pekerjaan kantor modern memanfaatkan secara ekstensif kantor dan peralatan berteknologi tinggi, mengingat banyak keuntungan yang mereka berikan.

Dampak Perubahan Teknologi Perkantoran

Teknologi dikembangkan terutama untuk melengkapi metode yang sudah ada. Sudah pasti bahwa di era globalisasi ini, penggunaan teknologi kantor akan berdampak positif.

Manusia akan dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat dengan bantuan mesin-mesin yang dirancang khusus untuk tugas yang ada. Hal ini sebagian besar menjadi tanggung jawab manajemen kantor.

Tujuan dan Manfaat Teknologi Perkantoran

Kasus yang paling mendasar adalah praktik membuat beberapa salinan dokumen. Untuk membuat salinan dokumen, sekali lagi kami harus memanfaatkan mesin stensil, tetapi sekarang ini kami bisa menggunakan mesin fotokopi.

Sejauh mana manfaat dan kekurangan penggunaan teknologi kantor terwujud? Penggunaan teknologi di tempat kerja memiliki dampak yang menguntungkan dan merugikan bagi individu dan lingkungan.

Manfaat teknologi kantor memiliki dampak baik yang dapat dibaca di atas. Lalu, bagaimana dengan kekurangannya?

Kekurangan dari pemanfaatan komputer di tempat kerja antara lain:

  1. kekurangan kantor akan berkurang sebagai akibat dari langkah ini.
  2. Teknologi perkantoran telah mempersulit perekrutan spesialis di beberapa industri.
  3. Menumbuhkan ketergantungan pada sarana mekanis, yang dapat menyebabkan konsumsi berlebihan.
  4. Kemungkinan menghasilkan kebisingan yang berpotensi mengganggu saat digunakan, berpotensi mempengaruhi produktivitas pekerja di sekitarnya.
  5. Mungkin ada biaya tambahan karena kebutuhan akan fasilitas tambahan ketika menggunakan mesin tertentu.

Pertanyaannya adalah bagaimana beradaptasi dengan keadaan teknologi kantor yang terus berkembang. Kamu harus mahir dalam penggunaan teknologi di tempat kerja.

Penting untuk tetap kompetitip sebagai pencari kerja, karena mungkin ada lebih sedikit posisi yang tersedia karena otomatisasi.

Berbagai Jenis Peralatan Kantor

Banyak mesin yang digunakan dalam operasi harian administrasi kantor. Akan ada lebih sedikit pekerjaan yang harus diselesaikan orang berkat mesin-mesin kantor yang bermanfaat ini.

Disini kami mengklasifikasikan mesin kantor berdasarkan sumber tenaganya:

  1. Mesin yang mengandalkan upaya manusia untuk berfungsi disebut mesin manual.
  2. Didukung oleh listrik atau baterai, mesin listrik disebut sebagai “Mesin Listrik”.

Mengklasifikasikan mesin kantor berdasarkan fungsi dan kontruksinya menghasilkan kategori berikut ini:

  1. Mesin yang memberikan kesan gerak melalui rangkaian bagian yang bergerak disebut mesin mekanis.
  2. Mesin elektronik adalah mesin yang memiliki rangkaian komponen elektronik yang dihubungkan dengan kabel.

Menurut tugas yang dimaksudkan, mesin-mesin kantor dapat dipecah ke dalam kategori berikut ini:

  1. Mesin untuk mencatat, seperti mesin dan mesin dikte.
  2. Mesin pembuka surat, pemotong kertas, penjilid buku, mesin kasir dan mesin pencatat, semuanya adalah mesin-mesin yang digunakan untuk mengumpulkan.
  3. Mesin yang digunakan untuk mesin pengolah, seperti komputer dan mesin tambah.
  4. Mesin cetak dan penyalinan, seperti mesin stensil, mesin lembaran, mesin offset, mesin fotokopi dan mesin digital.
  5. Perangkat elektronik yang dapat mengirimkan informasi, seperti telepon, interphone, mesin telefax dan teleprinters.
  6. Mesin untuk menyimpan informasi, seperti pembaca mikrofilm dan flash drive.

Penggunaan Teknologi di Kantor

Tugas-tugas administrasi di kantor akan menjadi lebih muda berkat berbagai solusi teknologi kantor yang tersedia saat ini. Penggunaan teknologi kantor membuat seluruh proses menjadi jauh lebih sederhana.

Program komputer seperti Microsoft Word dan OpenOffice adalah contoh perangkat lunak pengolah kata. Program-program ini mengotomatisasi sejumlah langkah yang sering dilakukan dengan tangan ketika membuat dokumen untuk diketik atau dicetak.

  1. E-mail atau surat elektronik adalah teknologi berkomunikasi denganorang lain melalui media elektronik dan internet.
  2. Voice mail mirip dengan surat elektronik, kecuali bahwa voice mail bergantung pada telepon atau peralatan perekaman suara lainnya untuk menyampaikan pesannya.
  3. Konferensi audio adalah pertemuan dimana para peserta yang tidak hadir secara fisik tetapi dihubungkan oleh tiga atau lebih saluran telepon.

Istilah “konferensi video” mengacu pada jenis pertemuan online ketika peserta di berbagai lokasi dapat berpatisipasi dalam percakapan tatap muka melalui penggunaan siaran video langsung.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang teknologi perkantoran, diantaranya:

Apa Manfaat dan Tujuan Teknologi Perkantoran?

Label harga peralatan kantor sangat mahal. Organisasi siap membayar harga yang mungkin mahal untuk teknologi kantor karena mereka tahu manfaatnya akan lebih besar daripada pengeluarannya.

Dampak Perubahan Teknologi Perkantoran

Bagaimana Teknologi dapat Membantu Pekerjaan Kantor?

Teknologi yang digunakan di kantor untuk meningkatkan teknologi dan produktivitas dikenal sebagai “teknologi kantor”.

Apa Peran Penting Teknologi bagi Perusahaan?

Semua bisnis dan kantor pada akhirnya akan memiliki sistem yang terpasang berkat kemajuan teknologi. Agar lebih responsif secara tepat waktu.

Tanpa harus menghabiskan waktu dan uang untuk bepergian ke kantor yang berbeda, para manajer bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana keadaan perusahaan dengan cepat dan mudah.

Kesimpulan

Kelemahan teknologi adalah nyata. Namun, dari perspektif yang lebih positif, penggunaan teknologi di kantor memiliki banyak keuntungan.

Demikian informasi tentang pengertian teknologi perkantoran, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas