Advertisement

Pengertian Shopee Paylater Beserta Cara Daftarnya

Rancakmedia.com – Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan shopee paylater, tapi apa sebenarnya pengertian shopee paylater beserta cara daftarnya? Untuk itu, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Shopee PayLater merupakan fitur pembayaran cicilan yang tersedia di e-commerce Shopee, PayLater memungkinkan pembeli Shopee untuk membeli secara mencicil tanpa kartu kredit. Siapa pun yang sering belanja barang secara online tentu tidak asing lagi dengan Shopee PayLater atau SPayLater.

Seperti namanya, Shopee PayLater adalah fitur pembayaran angsuran atau termin yang tersedia di e-commerce Shopee Indonesia. Shopee Pay Later adalah pilihan kredit Pay Later yang tersedia di e-commerce Shopee.

Tanpa kartu kredit, fitur ini penting, karena selama ini jika kamu pergi ke bank untuk membayar dengan mencicil, kamu harus memiliki kartu kredit.

Karena PayLater adalah bagian dari Shopee, proses dan penggunaan aplikasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat. PayLaters lainnya mengharuskan pelanggan untuk melakukan pra-registrasi pada aplikasi di luar Shopee – silakan unduh aplikasi lain.

Setelah aplikasi disetujui, konsumen baru bisa menggunakannya di Shopee. Sementara itu, semua metode untuk Shopee PayLater diselesaikan di aplikasi Shopee. Konsumen tidak harus login dan keluar dari aplikasi dan bisa langsung menggunakannya jika sudah disetujui.

Pengertian Shopee PayLater

Layanan Shopee PayLater disediakan oleh PT Commerce Finance dan perusahaan jasa keuangan lainnya yang bekerja sama untuk memberikan kredit kepada pelanggan yang berbelanja di Shopee.

Pengertian Shopee PayLater

Fitur seperti kartu kredit ini bertujuan untuk membantu pembeli yang tidak memiliki dana yang cukup tetapi membutuhkan barang untuk dijual di e-commerce.

Cara pembayaran ini disebut bayar nanti, yang dalam bahasa Indonesia artinya bayar nanti, yang memungkinkan orang membayar barang yang diinginkan secara bertahap selama beberapa bulan ke depan.

Seperti halnya aplikasi pinjaman online yang resmi terdaftar, PT Commerce Finance diketahui terdaftar dan diatur langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Konsep Shopee PayLater Cicilan

Pembeli yang meminjam diwajibkan untuk mengembalikan dana yang dipinjam sesuai dengan angsuran dan jangka waktu yang dipilih. Pilihan cicilan yang tersedia untuk Shopee PayLater adalah tiga bulan, enam bulan, dan hingga dua belas bulan.

Faktur Shopee PayLater harus dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo agar pelanggan yang meminjam uang tidak dikenakan biaya keterlambatan. Faktur tersebut harus dibayar dalam beberapa kali angsuran sesuai dengan jangka waktu pinjaman yang telah dipilih sebelumnya.

Batas pelunasan atau jatuh tempo invoice Shopee PayLater adalah setiap tanggal 5 bulan berikutnya setelah invoice diterbitkan.

Shopee PayLater mulanya memberikan pinjaman kepada pengguna baru sebesar Rp 750.000. Kredit tersebut bisa digunakan untuk membeli barang dengan membayar di kemudian hari atau dicicil.

Saldo Shopee PayLater yang disediakan oleh Shopee akan terus bertambah sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pengguna.

Di sisi lain, jika pengguna dihadapkan pada keterlambatan pembayaran, sistem Shopee Indonesia secara otomatis akan mengurangi jumlah limit kredit.

Perhatikan bahwa menggunakan Shopee PayLater tidak akan dapat melakukan pembelian produk dari kategori Kupon, Pulsa, Tagihan, dan Tiket Perjalanan.

Selain tarif Shopee PayLater saat ini, pembeli di marketplace yang menggunakan fitur ini akan dikenakan biaya pemrosesan 1 persen per transaksi.

Jika terjadi keterlambatan pembayaran, pengguna akan dikenakan denda sebesar 5 persen. Jumlah penalti ini semakin meningkat jika pengguna gagal membayar angsuran.

Selain itu, juga mempengaruhi peringkat kredit pada SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK (sebelumnya dikenal dengan cek BI) yang dapat menghalangi seseorang untuk mendapatkan pembiayaan dari bank atau perusahaan lain.

Seperti halnya pinjaman online lainnya, pengguna yang diketahui lalai dalam pembayaran dalam jangka waktu tertentu juga bisa mengalami penagihan langsung oleh agen penagihan alias agen penagihan.

Kalaupun belanja marketplace jadi lebih mudah walaupun saldo kurang, ada baiknya pembeli menggunakan Shopee Paylater dengan bijak.

Pastikan pengguna Shopee PayLater memiliki kemampuan untuk membayar sebelum memutuskan untuk berutang kredit online ini misalnya penghasilan tetap yang dijamin setiap bulannya.

Syarat untuk Daftar Shopee Paylater

Shopee Paylater sendiri merupakan layanan kredit online yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang dari Shopee menggunakan sistem cicilan atau kredit. Pengguna diberikan limit kredit yang nantinya bisa digunakan untuk berbelanja.

Syarat untuk Daftar Shopee Paylater

Batas kredit ditetapkan oleh Shopee. Pengguna baru biasanya diberikan batas kredit kecil. Nantinya limit tersebut dapat ditingkatkan sesuai dengan kebiasaan dan riwayat pengguna dalam membayar secara mencicil.

Untuk mendapatkan limit kredit Shopee Paylater, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Mendaftarkan Shopee Paylater semudah membalikkan telapak tangan. Proses aktivasinya sulit karena belum bisa dipastikan apakah aplikasi bisa disetujui.

Shopee tidak akan memberikan pinjaman ini kepada siapa pun dengan enteng. Pengguna harus terlebih dahulu memenuhi semua persyaratan untuk mendaftar dan mengaktifkan Shopee Paylater.

Berikut beberapa persyaratan umum bagi pengguna Shopee PayLater:

  1. Usia 17 tahun atau di atas 17 tahun
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  3. Sering melakukan pembelian dari Shopee untuk nilai transaksi tertentu, sesuai dengan kebijakan Shopee
  4. Memiliki riwayat kredit yang baik dan lancar

Jika kamu memenuhi semua persyaratan di atas, kamu akan melihat menu di aplikasi Shopee yang bertuliskan SPaylater. Jika muncul menu berarti kamu sudah bisa melakukan registrasi Shopee Paylater. Namun jika tidak muncul, kamu bisa melihat penyebabnya di artikel berikut “Mengapa Shopee Paylater Tidak Muncul”.

Ada banyak faktor yang menyebabkan Shopee Paylater tidak muncul. Salah satunya karena merupakan akun baru. Nah, pengguna baru tidak bisa langsung mendaftar Shopee Paylater. Pengguna harus melakukan transaksi terlebih dahulu untuk mendaftar.

Cara Daftar Shopee Paylater

Kamu bisa langsung mendaftar dan aktifkan Shopee Paylater jika kamu beruntung. Pendaftarannya sangat mudah dan bagi yang bingung bisa mengikuti tutorial yang akan kami berikan dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Klik menu Tab saya
  3. Kemudian klik menu SPAYlater
  4. Kemudian klik tombol Aktifkan Sekarang
  5. Masukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui SMS.
  6. Selanjutnya, unggah foto KTP kamu sesuai dengan bingkai yang muncul di layar
  7. Lalu masukkan nama dan informasi NIK sesuai KTP
  8. Kemudian masukkan Informasi Tambahan dan kemudian klik Konfirmasi
  9. Setelah itu, lakukan verifikasi wajah. Pastikan posisi wajah sesuai dengan bingkai yang ditampilkan di layar
  10. Lalu pendaftaran akan diproses dan kamu akan menerima notifikasi bahwa SPaylater sedang diproses

Seperti yang kamu lihat di atas, mendaftar untuk Shopee Paylater sangat sederhana. Setelah pendaftaran berhasil, kamu hanya perlu menunggu Shopee memutuskan apakah akan menyetujui aplikasi tersebut atau tidak. Jika disetujui, aktifkan saja layanan untuk berbelanja.

Cara Menggunakan SPaylater

Selanjutnya, mari kita bicara tentang cara menggunakan SPaylater. Untuk menggunakan layanan ini, silakan mendaftar terlebih dahulu dengan mengikuti tutorial pendaftaran Shopee Paylater di atas. Jika pendaftaran berhasil dan aplikasi diterima, kamu dapat menggunakan SPaylater.

Cara Menggunakan SPaylater

Menggunakan SPaylater sangat sederhana. Nantinya, layanan ini akan muncul sebagai metode pembayaran saat melakukan pembelian barang atau produk lainnya di Shopee. kamu tinggal memilihnya lalu tinggal menentukan jangka waktu cicilan.

Bunga yang diperhitungkan cukup kompetitif dibandingkan bunga Kredivo atau pinjaman online lainnya. Namun sayangnya Shopee membebankan biaya pemrosesan sebesar 1% per transaksi, yang dihitung dari harga barang. Selain itu, ada juga biaya keterlambatan jika pengguna terlambat membayar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang biaya keterlambatan, lihat artikel Denda Keterlambatan Pembayaran Shopee Paylater di bawah ini. Untuk menghindari denda, kamu harus membayar cicilan paling lambat pada tanggal jatuh tempo.

FAQ

Dibawah ini kami juga sudah menyediakan informasi yang masih berhubungan dengan shopee paylater, simak apa itu informasinya dibawah ini ya:

Berapa Kali Shopee PayLater Cicilan?

Pilihan jangka waktu cicilan adalah satu kali cicilan atau beli sekarang dan bayar kemudian. Dan juga bisa memilih cicilan tiga kali lipat, enam kali lipat atau 12x. Ke-12 angsuran hanya dapat digunakan oleh pengguna tertentu.

Berapa Kali Cicilan Shopee PayLater

Berapa Persen Bunga Cicilan Shopee PayLater?

Tarif terbaru Shopee PayLater saat ini minimal 2,95 persen. Bunga Shopee Paylater berlaku selama 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan. Tanggal jatuh tempo sekarang 5 Mei.

Berapa Limit Shopee PayLater Pertama Kali?

Perlu diketahui bahwa saat pertama kali mengaktifkan Shopee PayLater, kamu akan diberikan limit sebesar Rp 750.000. Merujuk ke Pusat Bantuan Shopee, berikut adalah cara mengaktifkan Shopee PayLater yang dapat mempermudah belanja online kamu di Shopee.

Kesimpulan

Seperti yang telah kami bahas di atas PayLater adalah fitur pembayaran cicilan yang tersedia di e-commerce Shopee. PayLaters mengharuskan pelanggan untuk melakukan pendaftaran pada aplikasi.

Pelanggan dapat membayar barang yang diinginkan secara bertahap selama beberapa bulan ke depan. Shopee Paylater merupakan layanan kredit online yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang dari Shopee.

Demikian informasi tentang pengertian shopee paylater beserta cara daftarnya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas