Advertisement

Fungsi Administrasi Keuangan di Berbagai Instansi atau Lembaga

Rancakmedia.com – Berikut penjelasan mengenai fungsi administrasi keuangan. Orang menggunakan uang sebagai alat perdagangan untuk menentukan nilai moneter dari berbagai barang. Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Mata uang dengan nilai lebih rendah adalah tanda inflasi finansial. Dalam perjanjian keuangan, ini disebut sebagai “keuangan”.

Perencanaan keuangan seringkali dilakukan di awal suatu periode. Acuan perencanaan berasal dari data keuangan bulan sebelumnya. Strategi ini diterapkan sedemikian rupa oleh perusahaan, kelompok sosial, atau lembaga pendidikan.

Tentu saja, hal itu berupaya agar pelaksanaan satu periode lebih baik dari era sebelumnya. Bahkan menetapkan tujuan baru yang sesuai dengan kemampuan masing-masing institusi akan efektif dalam mengendalikan transaksi yang dilakukan di seluruh proses transaksi saat ini.

Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi yang baik dapat memberikan kekayaan dan kemakmuran bagi para manajer. Administrasi keuangan adalah istilah yang digunakan di tempat kerja untuk menggambarkan pengelolaan keuangan seseorang.

Administrasi keuangan, atau terkadang secara umum disebut dengan istilah “manajemen keuangan” yang biasa kami kenal, biasanya dianggap sebagai suatu proses pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi, baik itu badan usaha swasta maupun publik.

Keberadaan administrasi keuangan merupakan salah satu unsur mutlak dalam suatu perusahaan atau organisasi, karena setiap perusahaan atau organisasi pasti memiliki sumber daya dan distribusi keuangan, sehingga administrasi keuangan menjadi sangat vital.

Manajemen, penganggaran, dan semua kegiatan lain dari perusahaan pengelola semuanya termasuk dalam manajemen keuangan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik akan tercipta suasana kerja yang menyenangkan dan produktif.

Konsep Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

Administrasi Keuangan dalam Arti Luas

Administrasi keuangan perusahaan mencakup berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penganggaran, alokasi uang, dan pengeluaran uang.

Dengan kata lain, manajemen keuangan adalah aktivitas pengaturan keuangan yang melibatkan pengembangan anggaran, menentukan sumber kas, cara membelanjakannya, dan akuntansi.

Secara keseluruhan, penerapan manajemen keuangan yang baik akan berdampak baik pada produksi dan suasana perusahaan. Dengan demikian, pengelolaan keuangan perusahaan akan lebih terstruktur, sehingga memberikan hasil yang lebih baik bagi perusahaan secara keseluruhan.

Administrasi Keuangan dalam Arti Sempit

Yang dimaksud dengan administrasi keuangan dalam arti terbatas adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pencatatan pendapatan dan biaya untuk mendanai berbagai tindakan organisasi dalam bentuk administrasi keuangan atau akuntansi.

Petugas Administrasi Keuangan

Misalnya, admin keuangan itu sendiri dapat dipecah menjadi beberapa pejabat, yaitu:

Manajer Keuangan

Tugas dan tanggung jawab manajer keuangan adalah menerima dan melaksanakan audit atas sejumlah kecil laporan serta mengesahkan permohonan pengisian kembali sejumlah kecil uang tunai.

Sekretaris

Beberapa fungsi dan kewajiban administrasi perkantoran adalah sebagai berikut:

  1. Melacak kontribusi amal para pemimpin perusahaan dan kewajiban pajak kamu yang terkait.
  2. Proses kas kecil dengan mendokumentasikan dan memberikan uang untuk penggunaan sehari-hari dengan sedikit penghasilan.
  3. Di antara kegiatannya adalah mengawasi semua transaksi keuangan antara eksekutif perusahaan dan bank, seperti penyetoran dana.

Bendahara

Tugas dan tanggung jawab bendahara/kasir termasuk menerima aplikasi untuk sejumlah kecil uang serta laporan akuntansi jumlah kecil dari administrator kantor. Mengisi kas kecil yang tersisa, baik dalam bentuk tunai atau cek.

Baca Juga:  Fungsi Administrasi Keuangan Negara

Fungsi Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan dapat dipecah menjadi beberapa peran yang berbeda, termasuk:

Konsep Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Fungsi Untuk Distribusi Laba

Kegiatan ini untuk merancang dan melaksanakan pedoman distribusi pendapatan dari hasil kegiatan. Fungsi bagi hasil juga dapat dimasukkan ke dalam fungsi penggalangan dana. Jadi, di satu sisi, perusahaan berusaha mengembangkan bisnisnya dengan membayarnya.

Fungsi Konsumsi

Semua itu merupakan bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan uang yang digunakan untuk membiayai segala jenis kegiatan, baik internal maupun eksternal.

Dengan kata lain, fungsi biaya di sini adalah bagian dari dan berkontribusi pada proses manufaktur itu sendiri.

Fungsi Funding Function

Dalam skenario ini, fungsi penggalangan dana memerlukan identifikasi dan pengamanan sumber dana untuk banyak usaha organisasi.

Selain itu, ini juga memungkinkan kamu untuk menyaring dan memilih berbagai sumber keuangan yang ideal untuk setiap jenis kebutuhan.

Akibatnya, perusahaan harus membuat keputusan apakah akan menggunakan pinjaman jangka pendek atau jangka panjang, atau apakah akan menggunakan saham perusahaan untuk mendukung pinjaman.

Fungsi Investasi

Akibatnya, semua kegiatan pengelolaan dana menjadi aset untuk mencapai tujuan organisasi, yang merupakan fungsi dari investasi. Investasi dapat berasal dari dalam atau luar perusahaan.

Investasi dapat dibagi menjadi dua kategori:

  1. Investasi yang dilindungi inflasi yang memberikan pengembalian dalam jangka panjang.
  2. Investasi jangka pendek: kas, piutang, persediaan, dll.
  3. Mendapatkan Hasil Maksimal dari Administrasi Keuangan.
  4. Penggunaan alat pengorganisasian lebih diatur, lebih terkoordinasi, dan lebih bermanfaat.
  5. Kemungkinan kesalahan dapat dihindari dalam pembuatan laporan keuangan melalui administrasi keuangan.
  6. Akuntansi pendapatan dan pengeluaran organisasi telah diperbaiki.

Manfaat Administrasi Keuangan

Pada kenyataannya, manajemen keuangan terdiri dari berbagai komponen, yaitu:

  1. Proses mengumpulkan dan mengamankan uang perusahaan dikenal sebagai gudang keuangan.
  2. Kontrol keuangan, yaitu, segala sesuatu yang berkaitan dengan menilai dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas departemen keuangan perusahaan.
  3. Untuk menghindari pelanggaran, departemen keuangan perusahaan menjalani audit internal. Ini dikenal sebagai “audit keuangan”.
  4. Perencanaan keuangan, yaitu semua kegiatan perencanaan keuangan dan perencanaan pendapatan untuk waktu tertentu,
  5. Merencanakan dan menyiapkan anggaran keuangan yang tepat untuk segala macam kegiatan yang berhubungan dengan pendapatan, pengeluaran, dan kegiatan lainnya.
  6. Tugas manajer keuangan adalah memanfaatkan sumber daya yang tersedia sebaik mungkin untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
  7. Pembiayaan berbagai kegiatan perusahaan memerlukan pemahaman yang menyeluruh tentang banyak aspek dari proses pencarian keuangan.

Tujuan Administrasi Keuangan

Tujuan umum dari administrasi ini adalah untuk mengurus dan mengatur keuangan perusahaan atau organisasi sedemikian rupa sehingga pengelolaan keuangan perusahaan dilakukan secara efektif sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Beberapa tujuan dari manajemen keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Setiap transaksi didukung oleh jejak bukti.
  2. Situasi keuangan perusahaan selama waktu tertentu dapat diketahui.
  3. Mempermudah penyetoran dan penarikan dana.
  4. Transaksi keuangan menjadi lebih sederhana.
  5. Tanggung Jawab Staf Administrasi Keuangan.
  6. Sebagian besar pekerja administrasi bertanggung jawab atas kegiatan keuangan perusahaan (administrator).

Berikut ini adalah beberapa peran staf administrasi keuangan:

  1. Menyelesaikan dan merekonsiliasi akun.
  2. Pemerintah memiliki adil dalam pembubaran perusahaan.
  3. Depresiasi aset tetap, pelunasan varians persediaan, dan pelepasan informasi pembayaran merupakan langkah terakhir dalam proses akuntansi.
Baca Juga:  Fungsi Administrasi Keuangan Negara

Sebagai bagian dari tanggung jawab kamu, administrator juga bertanggung jawab untuk menangani penggajian bisnis dan melakukan rekonsiliasi akun tahunan atau bulanan perusahaan.

Penganggaran

Agar staf administrasi keuangan dapat menyusun anggaran bulanan, perusahaan mengkaji data keuangan. Karyawan manajemen keuangan juga bertanggung jawab untuk penganggaran dan analisis biaya, serta membuat proyeksi dan prediksi keuangan.

Administrator keuangan menyediakan laporan keuangan untuk manajemen, seperti laporan pengeluaran dan laporan arus kas, sebagai bagian dari tugas pekerjaan kamu. Investasi perusahaan juga harus berada di bawah arahan manajemen keuangan.

Pajak

Fungsi pegawai manajemen keuangan adalah menyiapkan pajak untuk perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prosedur yang relevan.

Penagihan dan Pembayaran

Membayar tagihan perusahaan adalah tugas pertama seorang karyawan manajemen keuangan. Misalnya, perannya adalah membuat perjanjian pembelian dengan tagihan pemasok dan mendapatkan laporan.

Kemudian, staf administrasi keuangan akan mengotentikasi tanda terima pembayaran yang diberikan oleh perusahaan untuk pembelian formal. Tim manajemen keuangan mengelola rekening penjual dan memeriksa kebenaran tagihan untuk semua persediaan yang diterima.

Entri Jurnal

Administrasi juga harus melakukan kegiatan akuntansi, seperti menyiapkan dan menyimpan buku harian secara teratur.

Entri jurnal dalam prinsip akuntansi dasar adalah catatan kronologis dari semua transaksi untuk perusahaan. Entri ini dicatat dalam buku besar yang dibuat oleh akun tersebut.

Karyawan manajemen keuangan dapat berkolaborasi dengan departemen akuntansi perusahaan untuk menyelesaikan buku harian ini.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban mengenai administrasi keuangan, antara lain:

Petugas Administrasi Keuangan

Apa Saja Fungsi Administrasi Keuangan di Sekolah?

Dalam administrasi keuangan, tugas-tugas yang dilakukan berkaitan dengan pengelolaan keuangan penggunaan jasa atau pembelian barang untuk keperluan sekolah. Pencatatan semua dana sekolah. Pengelolaan dan pelaporan dana bantuan (BOS & BOP).

Apa yang Dimaksud Dengan Manajemen Keuangan Pendidikan?

Pengertian Pengelolaan Keuangan Sekolah Pengelolaan keuangan merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk menetapkan jalur kegiatan pendidikan sekolah.

Sementara itu, dalam pelaksanaannya juga harus memperhatikan konsep-konsep manajemen, meliputi perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengkoordinasikan, memantau, dan mengatur.

Apa Saja Fungsi Administrasi Pendidikan?

Pengertian administrasi pendidikan adalah suatu proses atau usaha untuk mencapai tujuan pendidikan dengan memperhatikan berbagai komponen pendidikan sehingga dapat menyempurnakan sistem pendidikan dengan menggunakan berbagai sumber untuk membantu kegiatan belajar mengajar.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa administrasi keuangan memiliki beberapa tujuan dan fungsi untuk kemajuan berbagai instansi pemerintah dan perusahaan.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik administrasi yang diterapkan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan perusahaan.

Back to top button