Advertisement

Tujuan Utama Akuntansi Keuangan Mudah Dipahami

Rancakmedia.com – Saat menangani keuangan bisnis atau perusahaan, kamu akan berurusan dengan akuntansi keuangan, lalu sebenarnya apa tujuan akuntansi keuangan nya? simak informasinya dibawah ini ya.

Akuntansi itu sendiri adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan transaksi keuangan.  Kamu akan menyiapkan informasi tentang transaksi yang terjadi dalam jangka waktu tertentu untuk didistribusikan kepada mereka yang membutuhkannya.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari akuntansi keuangan untuk menjaga situasi keuangan bisnis atau perusahaan kamu. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Akuntansi Keuangan

Secara umum, akuntansi keuangan menangani pergerakan uang masuk dan keluar dari perusahaan atau organisasi tertentu. Laporan dari kegiatan ini akan membantu kamu menyusun anggaran untuk penilaian keuangan.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Pengertian Akuntansi keuangan Menurut Para Ahli

Beberapa profesional juga memiliki definisi sendiri tentang akuntansi keuangan, antara lain:

  1. Kieso & Weygant (2000), serangkaian laporan keuangan berpuncak pada penyusunan laporan tentang situasi keuangan organisasi secara keseluruhan. Selain itu, baik konsumen internal maupun eksternal laporan keuangan bergantung pada angka-angka ini.
  2. Sugiarto (2002): suatu disiplin ilmu dalam dunia akuntansi yang fokus pada pembuatan laporan keuangan, khususnya untuk perusahaan, yang dilakukan secara bertahap. Laporan ini juga sebagai sarana bagi manajemen untuk mempertanggungjawabkannya di depan para pemegang saham.
  3. Martani (2012): upaya yang diarahkan pada pelaporan eksternal. Sebagai hasil dari berbagai elemen eksternal dan tujuan akuntansi keuangan khusus mereka, penulis laporan terpaksa menggunakan berbagai konsep dan asumsi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Jika ditarik kesimpulan, maka akuntansi keuangan adalah suatu kegiatan atau bidang yang berkaitan dengan laporan keuangan suatu perusahaan.

Beberapa jenis informasi yang perlu kamu kumpulkan adalah laporan laba rugi, laba ditahan, dan neraca, serta informasi tentang penyesuaian modal yang dibuat oleh pengambil keputusan internal dan eksternal.

Fungsi Akuntansi Keuangan

Dalam praktiknya, akuntansi keuangan memiliki berbagai fungsi, seperti:

Menghitung Laba dan Rugi

Memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar akuntansi dapat membantu kamu dalam menganalisis pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Keakuratan perhitungan ini juga diharapkan dari kamu dalam peran kamu sebagai akuntan.

Kamu dapat menggunakan informasi yang kamu dapatkan untuk membantu kamu membuat penilaian, terutama dalam hal memperkirakan pendapatan penjualan untuk musim berikutnya.

Sebagai Laporan untuk Pihak Manajemen

Seperti yang dikatakan, tujuan akuntansi keuangan adalah apa yang akuntan lakukan untuk memastikan manajemen perusahaan bertanggung jawab. Selain itu, kamu harus berkolaborasi dengan orang lain.

Sebagai Laporan untuk Pihak Manajemen

Sementara itu, akan digunakan oleh pihak internal untuk berbagai tugas manajemen, terutama yang menyangkut aset, kewajiban, permodalan, dan perpajakan.

Pengawasan dan Pemantauan

Kemudian, akuntansi keuangan berfungsi sebagai alat manajemen untuk mengawasi banyak aspek bisnis. terutama dalam transaksi yang dapat menimbulkan kerugian besar jika kamu tidak memverifikasinya dengan cermat.

Kemampuan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengkoordinasikan kebijakan dan keputusan dinilai berhasil dalam pengawasan dan pemantauan.

Memudahkan Pembagian Keuntungan

Laporan akuntansi keuangan akan mempermudah perusahaan dalam membagi pendapatan. Hak-hak ini ditetapkan karena dapat mempertimbangkan faktor internal dan eksternal. Selain itu, organisasi juga dibantu dalam mengidentifikasi manajemen secara keseluruhan melalui laporan-laporan ini.

Membantu Mencapai Tujuan Perusahaan

Tujuan akuntansi keuangan adalah untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan mereka. Ini, tentu saja, membutuhkan pemikiran yang matang. Menggunakan kemampuan analitis dan evaluatif mereka, akuntan juga bertugas menyampaikan data transaksi keuangan di seluruh bisnis.

Tujuan Akuntansi Keuangan

Sekarang kita telah menetapkan apa itu akuntansi keuangan dan apa fungsinya, mari kita bicara tentang mengapa itu penting dan tujuan akuntansi keuangan antara lain sebagai berikut:

Menyediakan Informasi Keuangan

Kemampuan untuk memberikan data keuangan tentang suatu perusahaan atau bisnis adalah tujuan utama dari pengetahuan akuntansi keuangan.

Tujuan akuntansi keuangan ini mungkin berfungsi sebagai panduan ketika mencoba menghitung margin keuntungan. Pertumbuhan yang cepat dapat disimpulkan jika perusahaan mampu memperoleh keuntungan yang besar.

Memberikan Informasi Aktiva dan Pasiva

Aset dan kewajiban perusahaan adalah subjek dari tujuan akuntansi keuangan selanjutnya. Akibatnya, akuntansi keuangan dapat diandalkan sebagai alat ekonomi yang dapat diandalkan oleh bisnis dari semua ukuran.

Tentu saja, kamu harus melakukan studi mendalam tentang modal, utang, piutang, dan aset untuk mendapatkan hasil perhitungan yang benar.

Menyajikan Informasi Perubahan Pada Stakeholder

Selanjutnya, tujuan akuntansi keuangan untuk menunjukkan kepada pemegang saham atau pemangku kepentingan lainnya bagaimana investasi mereka telah berubah dari waktu ke waktu.

Data akuntansi keuangan, seperti informasi atau dividen, dapat digunakan untuk melacak perubahan dalam siklus ekonomi, istilah yang dikenal sebagai net.

Dari sini, pemangku kepentingan dapat memperkirakan sejauh mana perusahaan dapat meningkatkan pendapatan.

Alat Keuangan yang Digunakan Perusahaan

Akuntansi keuangan adalah teknik yang dapat digunakan oleh organisasi yang bereputasi dan berpengalaman dalam catatan keuangan mereka.

Untuk membuat laporan yang jelas, kamu yang memahaminya akan memiliki keuntungan. Dengan cara itu, perusahaan dapat memperbaiki kesulitan dan melindungi perusahaan mereka dari kehancuran.

Menjaga Kestabilitan Finansial Perusahaan

Mempertahankan situasi keuangan yang stabil, tanpa diragukan lagi, adalah tujuan akuntansi keuangan akhir dari akuntansi keuangan.

Menjaga Kestabilitan Finansial Perusahaan

Laporan yang akurat dan peninjauan yang sering akan memungkinkan kamu mengidentifikasi kesalahan atau kelalaian dengan cepat, sehingga kamu dapat memperbaikinya sesegera mungkin.

Selain itu, perusahaan tidak akan bingung dalam merumuskan rencana dan rekomendasi untuk pemangku kepentingan yang mereka targetkan.

Tugas Akuntansi Keuangan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, banyak tanggung jawab akuntansi keuangan masih terkait dengan yang disebutkan. Keadaan keuangan organisasi saat ini akan terungkap melalui data yang kamu kumpulkan dan analisis.

Kontribusi dari pihak-pihak terkait, baik internal maupun internasional, juga akan membantu tanggung jawab tersebut dapat dilaksanakan dengan benar.

Untuk melaksanakan tiga tanggung jawab keuangan yang akurat, benar, dan jelas, kamu harus memastikan laporan tersebut memenuhi standar akuntansi keuangan yang disebut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, atau PSAK.

Ada empat versi PSAK yang dapat kamu gunakan sesuai dengan minat kamu, antara lain Standar Akuntansi Pemerintahan, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntan Publik, PSAK-Syariah, dan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM).

Jenis-jenis Laporan Akuntansi Keuangan

Macam-macam laporan yang kamu buat dari akuntansi keuangan, yaitu:

  1. Laporan arus kas Penerimaan dan pembayaran kas yang dilakukan oleh perusahaan selama periode waktu tertentu dilaporkan dalam beberapa jenis laporan.
  2. Laporan laba rugi, jenis laporan yang memuat rincian laba rugi perusahaan selama periode waktu tertentu;
  3. Laporan ekuitas, jenis laporan yang memberikan informasi yang terkait dengan ekuitas pemilik dan modal di perusahaan selama periode waktu tertentu.
  4. Neraca keuangan, Sebuah laporan posisi keuangan jenis laporan yang memberikan informasi tentang ekuitas perusahaan, aset, atau kewajiban lainnya.
  5. Catatan atas laporan keuangan Jenis pelaporan informasi fisik atau keuangan. Catatan atas laporan keuangan digunakan dalam akuntansi keuangan untuk memberikan informasi tentang aturan akuntansi perusahaan.

Itulah penjelasan lengkap tentang akuntansi keuangan, mulai dari arti, fungsi, dan tujuan aakuhingga tugas yang dilakukan. Semoga posting ini dapat berkontribusi pada kesadaran kamu tentang topik ini dan membantu kamu mempraktikkannya sesuai dengan pedoman.

FAQ

Nah dibawah ini kami sudah menyediakan juga informasi yang masih berkaitan tentang tanya jawab seputar akuntansi keuangan, simak berikut ini:

Akuntansi Keuangan Meliputi Apa Saja?

Untuk menghasilkan laporan keuangan, ia mencatat transaksi keuangan. Laporan keuangan yang memuat neraca perusahaan, cara menghitung laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan laba ditahan untuk jangka waktu tertentu.

Akuntansi Keuangan Meliputi Apa Saja

Apa yang Dimaksud dengan Akuntansi?

Akuntansi dijelaskan oleh Hantono dan Rahmi dalam bukunya Pengantar Akuntansi sebagai proses yang secara akurat mendokumentasikan dan mengkategorikan transaksi keuangan dan peristiwa lain yang terkait dengan keuangan perusahaan, serta meringkas, melaporkan, dan mengevaluasi temuan tersebut.

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Keuangan?

“Keuangan” adalah kata untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan, pengembangan, dan studi tentang uang dan investasi. Keuangan dapat dipecah menjadi tiga bidang utama: keuangan untuk pemerintah, keuangan untuk bisnis, dan keuangan pribadi.

Kesimpulan

Akuntansi itu sendiri adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Sangat penting bagi kamu untuk mempelajari akuntansi keuangan untuk menjaga situasi keuangan bisnis atau perusahaan kamu. Laporan dari kegiatan ini akan membantu kamu menyusun anggaran untuk penilaian keuangan.

Akuntansi keuangan akan digunakan oleh pihak eksternal untuk berbagai tugas manajemen, terutama yang melibatkan aset, kewajiban, modal, dan perpajakan. Demikian informasi yang dapat kami berikan perihal tujuan akuntansi keuangan, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Back to top button