Advertisement

Pengertian Catatan Atas Laporan Keuangan dan Cara Membuatnya

Rancakmedia.com – Untuk kamu yang belum paham tentang pengertian catatan atas laporan keuangan sebaiknya simak ulasan dibawah ini dengan teliti untuk mendapatkan informasinya secara lengkap.

Pengertian Catatan atas Laporan Keuangan (Calk) merupakan unsur yang melekat pada laporan keuangan secara keseluruhan. Laporan keuangan harus disertai dengan catatan atas laporan keuangan yang memberikan informasi tambahan untuk membantu pemahaman isi laporan keuangan.

Tujuan dari CaLK adalah karena laporan keuangan seringkali mengandung informasi yang sangat sensitif terhadap salah tafsir oleh konsumen. Kesalahpahaman ini mungkin berkembang karena berbagai perspektif pengguna atau pembaca dalam menafsirkan substansi laporan keuangan.

Pengertian Catatan Atas Laporan Keuangan?

Pengertian Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) adalah aspek laporan keuangan yang memberikan informasi tentang penjelasan atau daftar ekstensif atau analisis nilai yang dipublikasikan yang disampaikan dalam catatan anggaran (LRA), neraca, dan laporan arus kas (LAK) dalam rangka pengungkapan yang tepat.

Pembicaraan berisi penjelasan naratif atau perincian angka-angka yang diberikan dalam laporan LRA, perubahan SAL, laporan operasional (LO), laporan perubahan ekuitas (LPE), neraca, dan LAK.

Apa itu Catatan Atas Laporan Keuangan

Informasi lain yang diperlukan dan direkomendasikan oleh Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan istilah-istilah penting untuk memberikan penyajian yang wajar atas laporan keuangan juga disertakan dalam penyajiannya.

Unsur-Unsur Catatan Laporan Atas Keuangan

Membuat catatan atas laporan keuangan tidak sembarangan. Harus ada item yang harus dimasukkan dalam catatan. Mari kita lihat apa saja mereka. Berikut penjelasannya:

Unsur Umum (Penjelasan Perusahaan)

Pertama dan terpenting, deskripsi perusahaan secara keseluruhan diperlukan. kamu harus masuk ke detail tentang asal-usul perusahaan di bagian ini. Selain itu, kamu juga harus menjelaskan anggaran rumah tangga, maksud dan tujuan, status hukum organisasi, penawaran saham, dan aturan lainnya.

Kebijakan Akuntansi

Aspek kedua adalah aturan akuntansi, seperti asumsi fundamental dalam penyusunan laporan keuangan, pengukuran laporan keuangan, multi-currency, dan sebagainya.

Kebijakan Standar Akuntansi Keuangan

Komponen ini harus mengikuti norma Standar Akuntansi Keuangan dalam penyusunan laporan keuangan (SAK). Persyaratan dalam SAK sudah mencakup apa yang harus dicantumkan dalam laporan keuangan.

Informasi Kebijakan Fiskal atau Keuangan.

Informasi mengenai kebijakan keuangan merupakan komponen selanjutnya. Apa isi informasi dari elemen yang satu ini?

Elemen ini menawarkan informasi tentang:

  1. Ekonomi di tingkat nasional
  2. Kebijakan ekonomi
  3. Pencapaian tujuan APBD atau APBN
  4. Hambatan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan.

Informasi Kebijakan Fiskal atau Keuangan

Ikhtisar Pencapaian Kinerja

Dalam bisnis, istilah “ringkasan” mengacu pada kumpulan produk kerja perusahaan yang paling signifikan selama periode waktu tertentu.

Pengguna Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan juga memiliki aspek pengguna laporan keuangan. Aspek ini mencakup orang-orang yang dapat membaca dan memanfaatkan laporan keuangan. Contoh pihak yang dapat memanfaatkan laporan keuangan antara lain pemerintah, investor, dan masyarakat.

Selain memuat 6 hal di atas, catatan laporan keuangan juga dapat memuat informasi tambahan yang jika tidak diperjelas dapat menyesatkan pembaca atau masyarakat.

Cara Membuat Catatan Atas Laporan Keuangan

Langkah selanjutnya adalah mempelajari cara membuat catatan atas laporan keuangan sesuai standar SAK EMKM 2016:43. CALK memberikan perspektif tingkat tinggi tentang posisi keuangan perusahaan.

Di antara data yang termasuk dalam struktur ini adalah beberapa latar belakang berdirinya perusahaan, antara lain:

  1. Nomor dan tanggal akta pendirian
  2. Riwayat ringkas perusahaan
  3. Lokasi kegiatan
  4. Bidang usaha utama perusahaan
  5. Tanggal mulainya beroperasi perusahaan.

Selain itu, bagan ini juga menawarkan informasi tentang penawaran umum efek perusahaan, yang mencakup tanggal efektif penawaran umum pertama, jenis dan jumlah efek yang dijual, tempat pendaftaran efek perusahaan, dan peraturan perusahaan. Ada juga informasi mengenai direksi, komisaris, dan pekerja, serta struktur perusahaan dan anak perusahaan dalam bagan ini.

Penerapan Pernyataan dan Interpretasi SAK

Selanjutnya, kamu harus menerapkan penerapan pernyataan dan interpretasi SAK sesuai dengan peraturan yang berlaku saat itu.

Penerapan Pernyataan dan Interpretasi SAK

Kebijakan Akuntansi Penting

Pada bagian catatan, informasi ini harus ditulis atas dasar penyusunan, kepatuhan terhadap SAK, aset tetap, piutang usaha, dan lain-lain.

Informasi Tambahan dalam Pos yang Disajikan

yang telah disajikan Catatan atas laporan keuangan juga mencakup informasi tambahan tentang pos-pos yang telah dilaporkan sebelumnya.

Tujuan Catatan Atas Laporan Keuangan

Apa tujuan dari catatan laporan keuangan? Berikut penjelasannya:

Memberikan Informasi Sumber Daya

Sebagai titik awal, penting untuk menyediakan data tentang sumber daya perusahaan, termasuk hal-hal seperti kapasitas produksi, cadangan kas, jam kerja, inventaris, sistem pengiriman, dan persentase WIP (pekerjaan dalam proses).

Informasi ini membantu dalam pemahaman yang lebih baik tentang perusahaan karena perubahan dalam penggunaan sumber daya memungkinkan pemangku kepentingan untuk membuat pilihan keuangan.

Memberikan Informasi Potensi Penghasilan

Potensi pendapatan perusahaan juga harus ditunjukkan dalam catatan laporan keuangan. Manajemen memiliki kekuatan untuk menetapkan parameter pertumbuhan berdasarkan aset dan kewajiban ekonomi. Ketiga komponen laporan keuangan tersebut harus secara bersamaan menyampaikan informasi tentang kapasitas pendapatan perusahaan.

Dasar Pengambilan Keputusan

Catatan atas laporan keuangan juga dimaksudkan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pemangku kepentingan perusahaan, seperti pemilik, pemerintah, direktur, pekerja, klien, pemasok, penyedia keuangan, dan perusahaan umum.

Karyawan harus membuat pilihan tentang apakah mereka ingin terus bekerja atau tidak. Konsumen harus membuat pilihan apakah akan melakukan pemesanan lebih lanjut atau tidak.

Dasar Pengambilan Keputusan

Pemasok harus memutuskan apakah akan menyediakan atau tidak Penyedia keuangan juga harus membuat pilihan apakah cocok untuk meminjamkan kepada perusahaan atau tidak, dan seterusnya.

Meningkatkan Pemahaman Pengguna Akhir

“Pengguna akhir” berarti pemilik atau untuk siapa laporan keuangan dibuat. Semua undang-undang, aturan, standar akuntansi, kerangka akuntansi, ada dalam catatan atas laporan keuangan untuk menjamin pengetahuan pengguna akhir.

Seorang pemilik bisnis harus mampu memahami laporan keuangan, yang merupakan ringkasan dari operasi operasional perusahaan selama periode waktu tertentu.

Tujuan Lainnya

Tujuan lain dari catatan atas laporan keuangan adalah untuk membantu menyelesaikan perselisihan yang muncul di antara berbagai pihak. Informasi ini juga mencoba memberikan rincian mengenai integritas keuangan perusahaan.

Catatan laporan keuangan perusahaan juga berkepentingan untuk menentukan apakah sudah waktunya untuk mengganti aset lancarnya dengan aset yang lebih mumpuni.

Selain itu, tujuan lain adalah untuk menentukan apakah akan berinvestasi di organisasi lain untuk memperluas kerajaan dan untuk membantu pemerintah dengan informasi tentang membayar pajak dan banyak lagi.

Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Tujuan pencatatan laporan keuangan adalah untuk memberikan atau mempublikasikan rincian yang terdapat dalam laporan keuangan dan informasi pada pos-pos yang tidak memenuhi persyaratan pengakuan dalam laporan keuangan.

Selain itu, catatan berikut berkaitan dengan laporan keuangan:

  1. Laporan keuangan dapat dipahami oleh banyak orang, tidak hanya mereka yang berada di manajemen atas perusahaan pelapor.
  2. Jika kamu dapat menjawab pertanyaan tentang entitas dengan informasi yang kamu berikan, maka lakukanlah. Misalnya, penciptaan posisi dan status entitas laporan fiskal dan bagaimana hal itu dapat dicapai yang memungkinkan pengguna untuk memahami laporan keuangan.
  3. Perusahaan tidak hanya diperlukan untuk membuat catatan atas laporan keuangan, tetapi pemerintah juga berkewajiban untuk memantau laporan keuangan karena pemerintah juga merupakan suatu entitas.

Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Komponen Catatan Atas Laporan Keuangan

Hal-hal berikut ini termasuk dalam catatan atas laporan keuangan sebagai bagian dari laporan keuangan:

  1. Laporkan status keuangan periode terakhir.
  2. Laporan pendapatan dan beban komprehensif lainnya
  3. Harap beri tahu kami jika ada perubahan ekuitas.
  4. Laporan arus kas diperlukan dalam situasi ini.

FAQ

Contoh tanya jawab tentang catatan atas laporan keuangan, sebagai berikut:

Bagaimana cara mengunduh Catatan atas laporan keuangan PDF?

Akses langsung website perusahaan atau www.idx.co.id a untuk mendapatkan laporan keuangan dan nota PDF secara lengkap.

Apa yang ada dalam catatan atas laporan keuangan?

Catatan atas Laporan Keuangan dapat berisi informasi mengenai hutang, kelangsungan usaha, piutang, kewajiban kontinjensi, atau informasi kontekstual untuk menjelaskan statistik keuangan (misalnya untuk menyarankan gugatan).

Mengapa catatan atas laporan keuangan penting dalam laporan keuangan?

Tujuan lain dari catatan atas laporan keuangan adalah untuk membantu menjelaskan perhitungan unsur-unsur tertentu dalam laporan keuangan sehingga mereka dapat menawarkan nilai yang lengkap untuk situasi keuangan suatu perusahaan.

Kesimpulan

Mencatat keuangan sangatlah penting untuk kebutuhan perusahaan. Catatan atas Laporan Keuangan merupakan unsur yang melekat pada laporan keuangan secara keseluruhan.

Pengertian Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) adalah aspek laporan keuangan yang memberikan informasi tentang penjelasan atau daftar ekstensif atau analisis nilai yang dipublikasikan yang disampaikan dalam catatan anggaran (LRA), neraca, dan laporan arus kas (LAK).

Itulah informasi tentang catatan atas laporan keuangan yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk kamu semua ya!

Tombol kembali ke atas