Advertisement

Pengertian dan Fungsi Akuntansi Anggaran

Rancakmedia.com – Pernahkah kamu mendengar tentang pengertian dan fungsi akuntansi anggaran? Jika menurut kamu masih terdengar asing, sebaiknya simak ulasan berikut agar kamu lebih banyak mendapatkan informasinya.

Sebagaimana diketahui secara umum, akuntansi merupakan salah satu disiplin ilmu keuangan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi siapa pun yang bertanggung jawab atas operasi sehari-hari dari perusahaan ukuran apa pun, Salah satu teknik untuk menangani dana dengan akuntansi adalah mengetahui sistem penganggaran atau akuntansi anggaran.

Kehadiran akuntansi anggaran di dalam perusahaan sangat penting karena perencanaan dan penilaian diperlukan dalam proses pemantauan penggunaan uang dan analisis keuangan.

Pengertian Akuntansi Anggaran

Akuntansi adalah ilmu yang dapat mengatur uang bahkan yang tidak terduga. Tentu saja, ini penting untuk bisnis yang mengandalkan keuntungan.

Data tentang transaksi akan dicatat, diklasifikasikan, dan disajikan secara lebih teratur berkat akuntansi. Akuntansi akan membuat status keuangan kas terjamin.

Pengertian Akuntansi Anggarantansi anggaran adalah salah satu komponen ilmu akuntansi yang dapat membantu organisasi menghindari uang ekstra yang berada di luar rencana, yang lebih umum dikenal sebagai over budgeting.

Salah satu teknik untuk menangani perencanaan pengeluaran suatu perusahaan. Dengan akuntansi anggaran ini, spesifik tindakan dan anggaran perusahaan dalam periode waktu tertentu dapat dilacak secara akurat.

Pengertian Akuntansi Anggaran Menurut Para Ahli

Dibawah ini beberapa pengertian akuntansi anggaran menurut para ahli, yaitu:

Munandar (2001:11)

anggaran adalah dokumen tertulis yang menguraikan tujuan keuangan jangka panjang dan pengeluaran perusahaan dalam bentuk yang dapat dinyatakan dalam istilah moneter.

Welsch (2000:5)

Menurut Welsch, anggaran adalah strategi untuk pengendalian laba total dan dapat dicirikan secara umum sebagai anggaran yang sistematis dan formal untuk perencanaan, koordinasi, dan pengelolaan tugas-tugas manajemen.

Nafarin (2000:11)

Menurut Nafarin, anggaran adalah rencana tertulis tentang operasi suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan biasanya dinyatakan dalam satuan uang tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang atau jasa.

Sofyan (1996:14)

Dengan demikian, bagi Sofyan, anggaran merupakan cara formal dan metodis untuk mewujudkan dan menjalankan fungsi perencanaan sebagai alat penunjang tugas manajemen.

Berbicara tentang anggaran kali ini, kita akan mendalami akuntansi anggaran mulai dari pengetahuan, tujuan, dan penyelesaian tugas akuntansi anggaran.

Fungsi Akuntansi Anggaran

Apa tujuan akuntansi anggaran di perusahaan? Berikut ini adalah beberapa fungsi akuntansi anggaran:

Fungsi Akuntansi Anggaran

Untuk Fungsi Perencanaan

Tujuan mendasar dari akuntansi anggaran adalah untuk merencanakan kegiatan dengan tepat. Dari manufaktur hingga pemasaran, setiap tindakan perusahaan akan dipandu oleh anggaran yang menetapkan tujuan dan batasan tertentu. Administrasi perusahaan lebih fokus dan mudah diawasi dengan anggaran.

Untuk Fungsi Evaluasi Kinerja Karyawan

Tujuan kedua adalah menggunakannya sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja karyawan melalui penganggaran dan tanggung jawab. Anggaran yang dipikirkan dengan matang didasarkan pada proyeksi yang akurat. Anggaran yang ditetapkan sudah tepat.

Karena terbiasa menetapkan anggaran yang layak, setiap karyawan terbiasa membuat perhitungan yang cermat dan selalu berhati-hati dalam perhitungannya.

Setelah itu, staf juga belajar melakukan penilaian anggaran untuk pertanggungjawaban dan telaah data. Manajer yang terbiasa membuat penilaian kritis dalam waktu singkat akan menemukan bahwa ini juga benar.

Untuk Fungsi Pedoman Pelaksanaan Kegiatan

Tujuan ketiga dari akuntansi anggaran adalah untuk memandu pelaksanaan operasi agar tepat waktu dan sesuai dengan tujuan. Bagian penting dari anggaran adalah jadwal yang telah ditetapkan.

Untuk menghindari anggaran yang berlebihan, tetapkan anggaran dan patuhi itu. Jika yang di bawah anggaran juga menjadi bahan penilaian di triwulan mendatang,

Unsur-Unsur Akuntansi Anggaran

Beberapa aspek komponen akuntansi anggaran adalah:

Perencanaan

Fitur penentu pertama akun ini adalah perencanaannya. Segala sesuatu yang harus diungkapkan harus dipecah menjadi unit moneter, dijelaskan dalam rencana, dan diatur dalam urutan yang logis.

Unsur Akuntansi Anggaran

Berikut ini adalah beberapa dari banyak alasan mengapa bisnis membutuhkan strategi:

  1. Karena ketidakpastian tentang masa depan
  2. Mengingat fakta bahwa akan selalu ada pilihan lain
  3. Perencanaan merupakan pedoman kerja dan menjadi alat untuk mengkoordinir operasional dari seluruh divisi dalam perusahaan.
  4. Perencanaan sebagai alat untuk menilai dan mengawasi pelaksanaan kegiatan

Kegiatan Perusahaan

Dalam akuntansi anggaran, kegiatan perusahaan mencakup semua operasi perusahaan yang akan dilakukan oleh semua divisi perusahaan, termasuk pemasaran, produksi, pembelian, administrasi, dan divisi sumber daya manusia.

Unit Satuan Moneter

Uang sebagai Ukuran Akuntansi anggaran harus dinyatakan dalam istilah moneter untuk menganalisis dan juga mengukur kinerja operasi perusahaan.

Bahan mentah dinyatakan dalam kilo, tenaga kerja dinyatakan dalam jam kerja mingguan, dan seterusnya. Unit moneter ini mencerminkan jenis aktivitas yang diukur.

Periode Waktu

Akuntansi ini juga harus disediakan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dilakukan secara teratur untuk memberikan tenggat waktu yang berulang. Estimasi yang dihasilkan dalam metode akuntansi ini ditentukan dalam waktu yang ditentukan.

Jenis Anggaran dalam Akuntansi Anggaran

Dalam jangka waktunya, berikut ini adalah tiga jenis anggaran:

  1. Anggaran strategis (stategic budget) adalah penganggaran untuk anggaran waktu yang lebih dari satu tahun.
  2. Anggaran taktis (tactical budget) adalah fokus dari anggaran jangka pendek. periodik dalam anggaran karena dirancang untuk satu periode akuntansi.
  3. Anggaran bertahap (continous budget) biasanya dibuat untuk jangka waktu kurang dari satu periode akuntansi, misalnya tiga bulan (triwulanan)
  4. Semua tindakan perusahaan harus dimasukkan dalam anggaran. Adalah umum untuk menyebut anggaran ini sebagai anggaran lengkap, karena mencakup item berikut:
  5. Taksiran anggaran (Forecasting Budget) terdiri dari perkiraan operasi yang akan dilakukan oleh perusahaan, bersama dengan nilai moneternya, dalam periode waktu yang dinyatakan dalam anggaran.
  6. Variabel anggaran (Budget Variabel) terdiri dari jumlah perubahan atau variabilitas biaya, misalnya biaya semivariabel yang berhubungan dengan produktivitas perusahaan.
  7. Laporan anggaran (Budget Report) adalah dokumen yang menguraikan siapa yang bertanggung jawab atas apa yang ada di dalam anggaran.

Laporan anggaran akan mencakup informasi tentang seberapa baik anggaran dilaksanakan dan setiap perbedaan yang muncul antara anggaran asli dan hasil aktual. Hal-hal yang perlu dilakukan dapat dievaluasi dan ditindaklanjuti dengan lebih mudah dari sudut pandang ini.

Jenis Anggaran

Manfaat Anggaran dalam Akuntansi Anggaran

Ada tiga manfaat dari akuntansi anggaran, yaitu:

  1. Anggaran berfungsi sebagai peta jalan untuk anggaran, menetapkan tujuan spesifik dan tenggat waktu untuk setiap tindakan.
  2. Anggaran berperan sebagai alat koordinasi kerja, dimana anggaran memberikan pedoman bagi seluruh divisi dalam perusahaan untuk saling membantu dan bekerja sama secara efektif guna mencapai tujuan perusahaan.
  3. Anggaran berperan sebagai alat monitoring, yaitu alat pembanding untuk menganalisis realisasi tindakan perusahaan.

Faktor-faktor dalam Menyusun Akuntansi Anggaran

Bentuk akuntansi ini dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu:

Faktor Internal

Faktor-faktor yang berasal dari dalam perusahaan disebut sebagai “faktor internal”. Misalnya data penjualan tahun-tahun sebelumnya, kebijakan perusahaan, sumber daya perusahaan, kapasitas produksi era sebelumnya, dan faktor-faktor lain yang berasal dari dalam perusahaan.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berada di luar perusahaan tetapi mempengaruhi kebijakan anggaran perusahaan. Misalnya, daya saing dengan rival, tingkat inflasi, pertumbuhan penduduk, tingkat pendidikan konsumen, tingkat pendapatan masyarakat, agama, kebiasaan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Perubahan pada Akuntansi Anggaran

Anggaran tidak ditentukan, dan penyesuaian dapat dilakukan kapan saja.

Beberapa faktor yang mempengaruhi fluktuasi anggaran secara umum, antara lain:

Perubahan Ruang Lingkup

Anggaran dapat diubah setiap saat berdasarkan keadaan ruang lingkupnya. Misalnya, terjadi pergeseran ruang lingkup pemasaran, yang semula hanya mencakup lingkup nasional, kemudian berubah menjadi lingkup regional.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi anggaran dan harus dilakukan beberapa modifikasi agar anggaran divisi pemasaran dapat berjalan lebih baik dan tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Anggaran Baru yang Lebih Realistis

Keadaan saat ini atau prakiraan masa depan berdasarkan kondisi saat ini digunakan sebagai dasar saat menyusun anggaran. Jika ada perubahan mendasar yang akan berdampak nyata, maka anggaran baru harus disiapkan agar lebih realistis.

Adanya Kekurangan Biaya di Anggaran Saat ini

Anggaran harus diubah untuk memperhitungkan setiap kekurangan biaya yang timbul dalam salah satu dari beberapa kategori anggaran. Ini sering merupakan hasil dari proyeksi yang tidak akurat untuk masa depan.

Tips dalam Membuat Akuntansi Anggaran yang Optimal

Tingkatkan perkiraan anggaran kamu dan bersiaplah untuk masa kini dan masa depan keuangan organisasi kamu dengan bantuan saran-saran berikut:

Tips dalam Membuat yang Optimal

  1. Kemampuan beradaptasi adalah kuncinya.
  2. Model bergulir harus digunakan.
  3. Membuat rencana
  4. Tinjau dan komunikasikan.
  5. Bagikan strategi kamu.
  6. Menentukan tujuan-tujuan
  7. Bersiaplah untuk apa pun yang mungkin datang kepada kamu.
  8. Gunakan metrik
  9. Tetapkan tujuan untuk diri sendiri.
  10. Menggunakan teknologi baru dengan benar
  11. Buat ulasan

FAQ

Berikut ini adalah 3 contoh tanya jawab tentang akuntansi anggaran

Apakah penganggaran masuk ke dalam bidang akuntansi?

Penganggaran adalah cabang akuntansi yang menetapkan anggaran untuk pendapatan dan pengeluaran. Anggaran merupakan pedoman bagi perusahaan, masyarakat atau pemerintah dalam melakukan tindakan keuangannya di masa yang akan datang.

Apa kegiatan dan tujuan akuntansi anggaran?

Akuntansi anggaran digunakan untuk memperkirakan ukuran anggaran yang dibutuhkan dan untuk menentukan apakah pengeluaran aktual sesuai dengan anggaran. Namun, jumlah anggaran yang diterapkan dapat bervariasi jika ruang lingkup operasi juga berubah.

Apa yang dimaksud dengan akuntansi berbasis anggaran Budgetair based accounting?

Akuntansi anggaran merupakan salah satu komponen ilmu akuntansi yang dapat membantu organisasi menghindari uang ekstra yang berada di luar rencana atau lebih umum dikenal dengan over budgeting. Salah satu teknik untuk menangani perencanaan pengeluaran suatu perusahaan.

Kesimpulan

Pengertian akuntansi anggaran adalah salah satu komponen ilmu akuntansi yang dapat membantu organisasi menghindari uang ekstra yang berada di luar rencana, yang lebih umum dikenal sebagai over budgeting.

Salah satu teknik untuk menangani perencanaan pengeluaran suatu perusahaan. Anggaran yang dipikirkan dengan matang didasarkan pada proyeksi yang akurat dan merupakan alat yang ampuh untuk mengevaluasi kinerja karyawan.

Sekian informasi tentang akuntansi anggaran, semoga informasi pada artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua ya!

Tombol kembali ke atas