Advertisement

Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan

Rancakmedia.com – Yuk mari simak manfaat e-commerce bagi perusahaan, agar kamu mendapatkan informasi yang lebih lengkap silakan baca artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Di zaman kita sekarang ini, banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan media digital. Salah satunya menggunakan media digital untuk melakukan transaksi. Penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi baik melalui media sosial, marketplace, maupun e-commerce.

Istilah “e-commerce” dan “marketplace” sering digunakan secara bergantian. walaupun sebenarnya keduanya berbeda. Ada berbagai manfaat e-commerce bagi perusahaan. Apa saja itu? Simak artikel ini untuk membantumu mengetahui lebih banyak tentang manfaat e-commerce serta manfaatnya bagi perusahaan.

Apa Itu E-commerce?

E-commerce adalah singkatan dari electronic commerce. E-commerce adalah proses transaksi jual beli antara penjual dan pelanggan dengan menggunakan teknologi dan tanpa kontak fisik. Transaksi on-line dimungkinkan berkat ketersediaan internet sebagai alat bantu.

Apa Itu Ecommerce

Namun, media digital yang lebih condong ke e-commerce umumnya adalah website bisnis kamu. Dibandingkan dengan ini, kami dapat memulai bisnis di situs web eksternal melalui partisipasi di pasar. Jika kita bergabung dengan pasar, kita akan bergabung dengan banyak vendor lain.

Tidak dapat disangkal bahwa memiliki situs e-commerce sendiri memberi kamu kesempatan untuk berbisnis. Produk atau layanan kamu adalah semua yang dipikirkan calon pelanggan saat mereka mencari vendor. Jangan gabungkan dengan barang atau layanan lain, seperti di pasar.

Apa Saja Manfaat E-Commerce Bagi Perusahaan?

E-commerce adalah platform hebat bagi kamu untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan kamu. Berikut adalah sembilan manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan menggunakan platform e-commerce:

Proses Transaksi Lebih Cepat

Dengan mengadopsi e-commerce, pelanggan dapat menghemat waktu berbelanja untuk apa yang mereka inginkan. Mereka dapat dengan cepat menelusuri berbagai produk dan membeli apa yang mereka inginkan.

Ketika orang berbelanja online, mereka mungkin menemukan barang-barang yang hanya tersedia di tempat-tempat yang jauh atau barang-barang yang bahkan tidak dijual di daerah mereka. Banyak pembeli yang terselamatkan dengan belanja online.

Membeli barang semudah mencarinya secara online, menghubungi vendor, dan menunggu pengiriman. jauh lebih cepat daripada proses berbelanja di toko sungguhan.

Pendaftaran Toko dan Produk Mudah

Daftar produk adalah apa yang dilihat pelanggan saat mereka mencari item. Ini adalah salah satu keuntungan dari e-commerce yang ditujukan untuk vendor. Aspek plus dari bisnis online ini adalah kamu dapat menyesuaikan daftar hal-hal yang kamu berikan setelah membuatnya.

Bagian terbaiknya? Daftar produk mudah dibuat, karena yang kamu butuhkan hanyalah nama produk dan kode batang (seperti EAN, UPC, ISBN, atau ASIN) untuk memulai.

Penjual dapat menambahkan foto, deskripsi, kategori produk, harga, biaya pengiriman, dan jangka waktu pengiriman yang diantisipasi. Pelanggan dapat belajar banyak tentang produk atau layanan kamu hanya dengan melihat satu karakteristik.

Pendaftaran Toko dan Produk Mudah

Berikut adalah beberapa saran untuk menyusun daftar produk:

  1. Gunakan gambar beresolusi tinggi. Gambar yang buram mengalihkan perhatian dan membingungkan pelanggan.
  2. Pertahankan dimensi gambar. Biasanya platform e-commerce akan merekomendasikan format resolusi.
  3. Sediakan lebih dari satu gambar untuk produknya. Beberapa situs bahkan memungkinkanmu menyertakan format gambar 360 derajat untuk sebuah produk.
  4. Saat menambahkan varian produk, pastikan setiap varian memiliki citra yang berbeda.

Menyesuaikan daftar produk dapat membuat hal-hal yang kamu tawarkan lebih menarik. kamu memiliki kendali penuh atas penyesuaian, sehingga kamu dapat menyoroti setiap penawaran atau diskon yang mungkin terjadi saat ini.

Salah satu manfaat dari daftar produk commerce adalah kemudahan dan kecepatan pengirimannya. Selain itu, tidak seperti perusahaan tradisional yang tutup pada malam hari, produk kamu dapat dilihat 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Lebih Hemat

Salah satu manfaat utama e-commerce bagi perusahaan adalah mengurangi pengeluaran. Banyak vendor harus membayar banyak uang untuk menyewa bisnis fisik mereka. Mereka mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk hal-hal seperti perbaikan, desain toko, barang dagangan, dan sebagainya.

Dalam banyak keadaan, bahkan setelah membelanjakan jasa, persediaan, pemeliharaan, dan tenaga kerja, penjual tidak memperoleh pengembalian dan ROI yang diharapkan. Penjual dapat menghemat uang untuk pemeliharaan toko, desain toko, dan bahkan tenaga kerja saat mereka menggunakan platform e-commerce untuk menjual produk mereka.

Jika dibandingkan dengan perusahaan batu bata dan mortir, penjualan online lebih murah dan membutuhkan lebih sedikit modal di muka. Ini juga merupakan peluang besar bagi penjual skala kecil dan individu yang ingin menghasilkan uang tetapi tidak memiliki cukup uang untuk membuka kontak fisik.

Pelanggan Lebih Fleksibel

Manfaat kedua e-commerce bagi perusahaan adalah penjual dapat memberikan fleksibilitas kepada pelanggannya. Salah satu daya tariknya adalah barang dan jasa akan selalu tersedia 24 jam sehari. Karena itu, pengecer dapat membuat barang mereka tersedia untuk pelanggan kapan saja dan dari lokasi mana pun.

Sektor e-commerce memungkinkan pelanggan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan secara online. Plus, pelanggan lebih cenderung untuk kembali untuk pembelian berulang secara online karena kemudahan yang diberikan kepada mereka.

Pengiriman gratis, pengiriman cepat, penawaran dan diskon, dan manfaat keanggotaan hanyalah beberapa keuntungan yang dapat diharapkan oleh pelanggan. Pelanggan juga dapat memberikan umpan balik tentang produk yang mereka beli.

Pelanggan akan lebih mempercayai bisnis kamu jika memiliki banyak ulasan bagus, dan pelanggan dapat membantu kamu mengetahui item apa yang paling laku.

Pelanggan Lebih Fleksibel

Bisa Membandingkan Produk dan Harga Kompetitor Tanpa Melakukan Riset yang Mendalam

E-commerce memungkinkan vendor untuk berbelanja untuk mendapatkan penawaran terbaik dengan menempatkan diri mereka pada posisi klien. Jika produk yang kamu jual tidak berjalan dengan baik, ini mungkin memberi kamu gambaran tentang apa lagi yang ada di luar sana dan apa produk yang sedang populer.

Perbandingan online lebih cepat dan lebih komprehensif daripada sebelumnya. Ini membantu menghemat waktu saat melakukan perbandingan ini karena semua informasi tentang barang saingan juga dapat diakses di toko online.

Dalam bisnis fisik, penjual mungkin tidak dapat mengakses begitu banyak fakta. Biasanya, penjual hanya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang inventaris mereka sendiri. Ini adalah keuntungan lain bagi pelanggan juga. Orang lebih cenderung berbelanja jika melihat banyak barang yang sudah tersedia dan siap dibeli.

Memiliki Beberapa Metode Pembayaran

Pembeli lebih suka ketika mereka memiliki berbagai alternatif, bahkan untuk metode pembayaran untuk transaksi mereka. Pembayaran tunai, cicilan, cash on delivery, kartu kredit, kartu debit, dan bahkan paylater adalah semua pilihan yang tersedia di dunia e-commerce.

Ini juga menguntungkan bagi penjual, karena mereka tidak lagi harus kehilangan peluang penjualan karena tidak adanya opsi pembayaran yang dapat diterima, seperti di kontak fisik.

Biaya Iklan dan Pemasaran yang Lebih Terjangkau

Vendor tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memasarkan barang dagangannya. Dunia e-commerce mencakup berbagai opsi yang lebih cepat dan lebih murah untuk mengiklankan barang yang kamu jual secara online.

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

E-commerce berkembang pesat di Indonesia. Pasar e-commerce Indonesia naik 78% pada 2018. Pemesanan penerbangan dan hotel mencapai 17,7 persen dari total. Sisanya 11,9 persen adalah pembelian pakaian dan alas kaki. Dan 10% adalah kosmetik dan produk kesehatan.

Di Indonesia sendiri sudah ada startup unicorn dan beberapa di antaranya bergerak di bidang e-commerce. Akibatnya, banyak layanan mempertimbangkan untuk menyewa perusahaan untuk merancang situs web e-commerce mereka.

Perkembangan ECommerce di Indonesia

Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak hanyalah segelintir perusahaan e-commerce Indonesia yang meraih status unicorn. Ketiga perusahaan tersebut menjadi unicorn karena memiliki nilai gabungan 1 miliar dolar atau sekitar 14 triliun rupiah.

Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat masih kurang dari sepuluh perusahaan Indonesia yang telah mencapai tahap unicorn dan sedang dalam perjalanan untuk menjadi decacorn.

Startup ini berkonsentrasi pada operasi e-commerce dengan mempertimbangkan banyak bidang sehingga menjadi perusahaan besar karena memiliki manajemen yang kuat baik secara internal maupun internasional. Dimulai dengan riset, kemudian memunculkan ide, membangun situs web, dan membuat aplikasi e-commerce sendiri, semuanya membutuhkan banyak langkah yang tepat dan akurat.

Tokopedia, misalnya, menjual berbagai macam barang, termasuk aksesoris, laptop, elektronik, perlengkapan kantor, dan pakaian. Selain itu, juga memberi pelanggan fungsi untuk mengidentifikasi produk bekas yang telah dijual dengan biaya murah.

Selain itu, Traveloka juga aktif di industri kuliner dan pariwisata. Hal ini berpengaruh terhadap kuantitas pemesanan tiket pesawat atau pemesanan tiket hotel yang dilakukan secara online. Karena itu, kami di sini untuk membantu kamu membuat situs web e-commerce untuk berbagai layanan, pribadi dan lainnya.

Layanan manufaktur yang kami sediakan dapat ditentukan oleh pelanggan dan dapat dimodifikasi berdasarkan permintaan. Dengan mengikuti aturan pengembangan web saat ini, kami dapat memberikan barang berkualitas tinggi kepada pelanggan kami yang memenuhi kebutuhan mereka.

Manfaat Pembuatan Website E-Commerce

Layanan yang kami berikan di sini memiliki prospek karir yang tinggi untuk masa depan. Fakta bahwa sistem e-commerce itu sendiri dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja adalah salah satu alasan utama kami mengklaim memiliki prospek karir yang tinggi.

Belanja online dapat dilakukan dari mana saja selama kamu memiliki akses koneksi internet yang cepat. Untuk dianggap sebagai situs web yang baik, itu harus menarik secara visual dan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Dari situ, kami akan membuat website yang sesuai dengan kebutuhan kamu sehingga kamu bisa bersaing dengan bisnis lain. Proses transaksi dapat dilakukan selama 24 jam tanpa kendala, sehingga proses interaksi dapat berlangsung terus menerus.

Pengguna yang tidak memiliki produk tetap dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan kemampuan e-commerce bawaan. Dropshipper adalah ungkapan yang sekarang banyak digunakan.

Manfaat Pembuatan Website ECommerce

Pekerjaan ini adalah semacam pemasaran yang memungkinkan kamu untuk tidak memiliki inventaris sendiri. Namun, kamu hanya akan meneruskannya ke produsen barang yang diminta. Manfaat dari proses transaksi juga terasa.

Di era digital saat ini, banyak orang menghabiskan waktu hanya di rumah dan terlalu malas untuk keluar atau pergi ke toko untuk membeli peralatan atau perabotan apa pun.

Transaksi yang dulunya harus dilakukan secara tradisional (tatap muka) kini dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan mekanisme pembayaran yang telah kami sebutkan di atas. Memiliki beragam informasi yang tersedia bagi mereka adalah keuntungan lain dari berbelanja di situs web e-commerce.

Pengguna atau pelanggan situs web dapat menemukan banyak hal untuk memilih barang yang akan dibeli. Pelanggan tidak harus membeli hanya barang-barang buatan daerah sendiri jika ingin memiliki lebih banyak pilihan.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang e-commerce, sebagai berikut:

Apa Efek Adanya E-Commerce Di Kehidupan?

Dampak positif bagi pihak lain di antaranya e-commerce memungkinkan terciptanya pertumbuhan ekonomi melalui tingkat penjualan yang cepat dan berkurangnya proses transaksi yang diperlukan. E-Commerce juga mendorong masyarakat di daerah rural atau pelosok untuk ikut partisipasi dalam meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

Kesimpulan

E-commerce adalah proses transaksi jual beli antara penjual dan pelanggan dengan menggunakan teknologi dan tanpa kontak fisik. Ada berbagai manfaat e-commerce bagi perusahaan, termasuk peningkatan layanan pelanggan dan waktu pengiriman yang lebih cepat.

E-commerce juga dapat membantu kamu mengembangkan bisnis atau perusahaan kamu. Penjual dapat menambahkan foto, deskripsi, kategori produk, harga, biaya pengiriman, dan jangka waktu pengiriman yang diantisipasi.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas