Advertisement

Profil Perusahaan Bank Mega Syariah

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini, kami akan membahas salah satu profil dan keunggulan bank syariah swasta di Indonesia. Bank tersebut adalah Bank Mega Syariah, simak informasinya dibawah ini.

Industri perbankan syariah saat ini tidak mampu bersaing karena bukan lagi kelompok usaha kecil. Perbankan syariah telah berkembang menjadi bisnis utama, dengan pangsa pasar yang cukup besar dan diterima secara luas di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak bentuk perbankan syariah yang tumbuh dan berkembang, memberikan layanan dan berbagai macam produk yang sesuai dan mengakomodasi kebutuhan nasabah.

Bank Mega Syariah adalah perusahaan bank di bawah administrasi CT Corp. Masuk akal jika kamu berpikir untuk membuka rekening di bank ini, karena menawarkan banyak hal. Apa keuntungannya? Untuk menjawabnya, mari kenali dulu profil dan produk keuangan yang ditawarkannya.

Profil Bank Mega Syariah

Pada 27 Juli 2004, Bank Mega Syariah pertama kali didirikan. Sejarahnya dimulai dengan PT Bank Umum Tugu (Bank Tugu), yang diakuisisi oleh CT Corpora melalui Mega Corpora dan PT Para Rekan Investama pada tahun 2001.

Profil Bank Mega Syariah

Sejak awal, para pemegang saham Bank Umum Tugu ingin mengubah bank tersebut menjadi bank umum syariah. Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia No.6/10/KEP.DpG/2004 mewujudkan keinginan tersebut setelah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia.

Bank Syariah Mega Indonesia (disingkat BSMI) didirikan sebagai hasil dari izin yang diberikan kepada Bank Umum Tugu. Tanggal 27 Juli 2004 menandai hari resmi berdirinya Bank Syariah Mega Indonesia.

Dalam sejarah perbankan Indonesia, perubahan Bank Tugu menjadi Bank Syariah Mega Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu upaya bank umum tradisional untuk menjadi bank umum syariah.

Perkembangan Identitas Perusahaan

BSMI resmi mulai beroperasi pada 25 Agustus 2004. Bank Mega Syariah telah mengalami berbagai perubahan sejak saat itu, antara lain sebagai berikut:

Pada tanggal 7 November 2007, para pemegang saham memutuskan untuk mengubah logo Bank Syariah Mega Indonesia atau BSMI menjadi logo PT Bank Mega yang menjadi sister business-nya. Satu-satunya perbedaan antara BSMI dan PT Bank Mega adalah penggunaan warna yang sedikit berbeda dan penambahan teks ungu untuk syariah.

Melalui Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 12/75/KEP.GBI/DpG/2010, PT Bank Mega Syariah Indonesia menjadi PT Bank Mega Syariah pada tanggal 2 November 2010. Pada tanggal 16 Oktober 2008, Bank Mega Syariah diberikan status sebagai bank devisa.

Memiliki status ini memberinya hak untuk melakukan pertukaran mata uang dan berpartisipasi dalam perdagangan global. Ini menandakan bahwa ruang lingkup bisnisnya semakin meningkat tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di dunia luar.

Pada tanggal 8 April 2009, tepatnya, Kementerian Agama Republik Indonesia memberinya izin sebagai bank yang dapat mengambil simpanan untuk membayar biaya perjalanan. Bank Mega Syariah akan menggunakan izin ini sebagai salah satu cara-cara baru untuk membantu umat Islam Indonesia mendapatkan layanan dari bank syariah.

Demi mewujudkan cita-cita tumbuh dan sejahtera bersama bangsa, Bank Mega Syariah terus berinovasi dan meningkatkan bisnisnya. Seiring dengan peningkatan modal disetor, modal yang diperbolehkan bank dinaikkan dari Rp. 150,060 miliar menjadi Rp. 1,2 triliun, di antara langkah-langkah lainnya.

Saat ini total uang yang ada adalah Rp787,204 triliun. Untuk memenuhi tujuan tersebut, Bank Mega Syariah juga mengembangkan produk keuangan dengan masuk ke perbankan mikro dan sektor gadai.

Perkembangan Identitas Perusahaan

Menyikapi perkembangan produk ini, infrastruktur layanan keuangan yang lebih lengkap dan luas, termasuk lokasi cabang di seluruh tanah air, ditambahkan.

Produk Bank Mega Syariah

Ada dua kategori produk dan layanan Bank Mega Syariah, yaitu tabungan dan pembiayaan. Produk tersedia untuk individu dan perusahaan.

Kategori Simpanan untuk Individu

Tabungan Berkah Utama iB Akad Wadiah adalah tabungan yang memenuhi aturan syariah dan memiliki akad Wadiah. Itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen individu. Secara khusus, nasabah dengan akad Mudharabah Mutlaqah dapat menghemat uang.

Tabungan Utama iB Dollar yaitu tabungan untuk nasabah perorangan dengan akad Wadiah dengan transaksi penarikan dalam bentuk IDR atau USD, yaitu untuk konsumen individu dengan biaya pembukaan rekening yang lebih rendah dan saldo rekening minimal.

Setoran awal dan saldo minimum TabunganKu iB adalah Rp20.000. Salah satu keistimewaannya adalah tidak ada biaya administrasi bulanan. Tabungan ini dimaksudkan untuk mendorong budaya menabung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Konsumen individu dapat menggunakan Tabungan iB Education Plan kamu untuk menganggarkan pendidikan anak-anak kamu di masa depan. Untuk jangka waktu 6–216 bulan, setoran awal serendah Rp100.000 tanpa batas atas.

Tabungan Investasya iB pada dasarnya adalah tabungan yang ditujukan untuk nasabah individu dan korporasi dengan skema bagi hasil yang lebih tinggi. Nilai investasi bisa naik atau turun tergantung berapa banyak uang yang dihasilkan bank.

kamu juga bisa membuat tabungan untuk rencana ziarah anak, yaitu rekening tabungan yang dibuat untuk kamu yang ingin merencanakan perjalanan ke Tanah Suci. Tabungan Paket Haji dan Umroh iB. Tabungan ini juga diperuntukkan bagi individu yang ingin menabung untuk haji, tetapi dengan kriteria yang agak berbeda.

Tabungan Berkah Digital yaitu rekening tabungan yang dapat dibuka melalui aplikasi M-Syariah tanpa harus ke bank.Tabungan Siswa Tabungan (Simpel), yang diperuntukan bagi nasabah perorangan atau pelajar yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

iB Protection Plan Berkah Tabungan pada dasarnya adalah tabungan untuk nasabah perorangan yang diperuntukkan untuk keperluan apapun.

Kategori Simpanan untuk Bisnis

Pada kategori bisnis terdapat produk Tabungan iB Payroll Berkah yaitu tabungan yang diperuntukan untuk penggajian karyawan. Tentunya dengan standar syariah dan berdasarkan akad mudharabah.

Tabungan Berkah Bisnis iB dan Tabungan iB Investasya juga merupakan cara berhemat yang serupa dengan yang bisa dilakukan sendiri oleh masyarakat. BMS menawarkan berbagai produk deposito dan giro baik untuk individu maupun non-perorangan, selain produk tabungan untuk bisnis.

Kategori Simpanan untuk Bisnis

Kategori Financing (Pembiayaan) untuk Individu

Pembiayaan Griya Berkah iB untuk pemilik rumah pribadi, penyewa, dan pemilik usaha, seperti pembiayaan Griya Berkah iB. Merenovasi, membangun, atau membiayai kembali properti juga dimungkinkan dengan bantuan pembiayaan. Pembiayaan Kepemilikan Mobil iB, yaitu pembiayaan yang ditujukan kepada nasabah perorangan atas kepemilikan mobil dengan menggunakan standar syariah,

Kategori Financing (Pembiayaan) untuk Bisnis

SM Invest iB tersedia untuk digunakan untuk membeli barang-barang investasi seperti bangunan toko, ruko, atau gudang. termasuk akuisisi alat berat, mesin, mobil untuk investasi bisnis, pembelian barang investasi bisnis lainnya, dan pengambilalihan.

Pembiayaan investasi langsung dan pembiayaan investasi koperasi, termasuk skema saluran, eksekutif, dan pembiayaan bersama, adalah dua jenis utama pembiayaan investasi. Pembiayaan melalui akad Ijarah Muntahiyah bit Tamlik (IMBT), juga dikenal sebagai pembiayaan IMBT iB.

Objek bergerak adalah subjek pendanaan. Pembiayaan ini dapat digunakan untuk membeli barang secara langsung, atau dapat digunakan sebagai bagian dari pengambilalihan dan refinancing LKK/LKS. Pembiayaan MMQ iB pada dasarnya adalah pembiayaan untuk kepemilikan aset melalui pola kerjasama untuk usaha leasing dimana porsi uang bank relatif lebih kecil.

Pembiayaan ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan pengadaan aset, baik yang didahului dengan pengambilalihan dari LKK/LKS maupun refinancing. Dukungan keuangan untuk modal kerja, seperti pinjaman kepada perusahaan untuk menutupi piutang usaha dan menyediakan dana tambahan untuk bisnis itu sendiri, disebut sebagai SM Capital iB (pembiayaan modal kerja).

Dimungkinkan untuk mendanai pembiayaan dengan salah satu dari dua cara: langsung atau melalui pembiayaan dengan saluran, eksekutif, atau pembiayaan bersama. SM Amanah iB, yaitu akad musyarakah untuk pembiayaan modal kerja. Selama limit pembiayaan belum terlampaui dan pembiayaan belum jatuh tempo, realisasi dan pembayaran pokok dapat diulang.

Nasabah dapat memanfaatkan pembiayaan ini sesuai dengan kebutuhannya, terutama dengan menarik uang sesuai dengan kebutuhannya. Media cek atau bilyet giro dapat digunakan untuk melakukan penarikan setiap saat.

Perusahaan mitra dan Bank Mega Syariah bekerja sama menyediakan pembiayaan syariah kepada nasabah (end user). Ini dikenal sebagai SM Mitra iB. Sumber pendanaan bisa berasal dari Bank Mega Syariah atau sharing dengan perusahaan rekanan.

Keunggulan Bank Mega Syariah

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) memastikan semua produk Bank Mega Syariah halal. Inilah salah satu keunggulan produk ini.

Keunggulan Bank Mega Syariah

Alhasil, produk Bank Mega Syariah tidak mengandung riba. Produk tabungan yang ditawarkan seringkali juga memiliki manfaat tambahan yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasannya.

  1. Simpanan dalam mata uang rupiah.
  2. Berdasarkan prinsip syariah dengan Akad Wadiah atau Mudharabah Mutlaqah. Tiap-tiap akad ini menerapkan prinsip bagi hasil, bukan bunga.
  3. Dana dapat diambil sewaktu-waktu.
  4. Tanpa fasilitas kartu ATM (khusus Akad Wadiah).
  5. Dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar untuk simpanan tabungan atau deposito.
    Setoran awal ringan.
  6. Nasabah dapat bertransaksi di seluruh jaringan ATM Prima, Bersama, dan Mega Net. Jika ingin transfer dari bank lain, kode Bank Mega Syariah adalah 506.
  7. Terdapat fitur Bill Payment untuk pembelian pulsa dan pembayaran tagihan, seperti Telkom, PLN, pembiayaan lain (multifinance), hingga PDAM.
  8. Gratis biaya tarik tunai di ATM jaringan Mega Net.
  9. Gratis biaya transaksi belanja di mesin EDC Prima (BCA) dan Mega Net.
  10. Tersedia layanan SMS Notifikasi.

Beragam spesial diskon termasuk Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins, dan Wendy’s.
Tiering Nisbah Bagi Hasil yang berbeda-beda sesuai nominal. Contohnya untuk Tabungan Berkah Utama, yaitu:

  1. 1,05 persen untuk simpanan kurang dari Rp1 juta.
  2. 5,25 persen untuk simpanan antara Rp1 juta – 500 juta.
  3. 10,50 persen untuk simpanan di atas Rp500 juta.

Syarat Pembuatan Rekening Tabungan Bank Mega Syariah

Bagi kamu yang berminat membuka rekening tabungan Bank Mega Syariah, caranya cukup mudah.

kamu hanya perlu mengunjungi kantor cabang terdekat. Akun digital juga dapat dibuka melalui aplikasi M-Sharia yang tersedia di Google Play atau Apple App Store. Untuk membuka rekening syariah ini, kamu harus memenuhi kriteria yang tercantum di bawah ini.

  1. Dokumen yang harus dibawa (pilih salah satu), yaitu KTP/SIM untuk WNI dan Paspor untuk WNA.
  2. Membawa setoran awal Rp100 ribu (khusus Tabungan Utama iB).

Untuk selanjutnya, jika kamu ingin mengubah rekening Mega Syariah menjadi tabungan, minimal setoran berikutnya adalah Rp 50 ribu. Akun tersebut juga harus memiliki saldo minimal Rp 50.000 di dalamnya. Selain itu, ada biaya bulanan sebagai biaya administrasi yang berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 100.000. kamu akan dikenakan biaya sederhana sebesar Rp 100.000 jika kamu menutup tabungan kamu dengan BMS.

Proteksi Tabungan Syariah dengan Asuransi Syariah

Agar tabungan syariah kamu aman dan terjaga nilainya sesuai prinsip syariah, kamu membutuhkan perlindungan syariah. Seperti halnya tabungan berbasis syariah, asuransi halal tetap terjaga karena DSN MUI mengawasi manajemen syariah perusahaan.

Asuransi syariah seperti apa yang kamu butuhkan untuk mengamankan tabungan kamu di Bank Mega Syariah? Tentu saja, asuransi kesehatan syariah adalah salah satunya. Produk ini akan memberikan manfaat asuransi berupa jaminan tagihan kesehatan sesuai prinsip syariah.

Akibatnya, kamu tidak akan dikenakan biaya rumah sakit yang diamanatkan syariat Islam. kamu yang ingin melindungi tabungan syariah kamu dari biaya tak terduga atas aset yang kamu miliki, seperti mobil, tidak harus menggunakannya di saat bahaya yang tidak direncanakan seperti ini.

Jika kamu mendapatkan asuransi mobil, kamu dapat melindungi tabungan kamu agar tidak terkuras oleh pengeluaran yang tidak direncanakan terkait dengan bahaya mengemudi. Bagaimana proses mendapatkannya? Tentunya melalui e-commerce asuransi.

Membeli asuransi secara online membuat prosedur lebih mudah bagi kamu dan meminimalkan biaya lainnya. kamu akan mendapatkan produk asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan asuransi jiwa dengan harga yang tepat sesuai kebutuhan kamu dan konsultasi gratis.

Call Center dan Kantor Cabang Bank Mega Syariah

Kantor pusat Bank Mega Syariah beralamat di Menara di Menara Mega Syariah JL. H.R. Rasuna Said Kav. 19A, Kuningan Barat, Setiabudi, Jakarta Selatan 12950. Layanan nasabah dapat dihubungi melalui surel ke customer.care@megasyariah.co.id atau menghubungi Mega Syariah Call di sambungan (021) 2985 2222.

Nasabah juga dapat memperoleh informasi lebih lanjut dengan menghubungi kantor cabang terdekat. Situs web resmi memiliki informasi tentang alamat dan nomor telepon kantor cabang. Ini memiliki kantor di seluruh Jabodetabek, Jawa, Sumatra, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi, di antara tempat-tempat lain.

Payment Point dan Layanan Bank Mega Syariah lainnya, seperti Transmart dan Carrefour di kota-kota besar Indonesia, juga dapat memberikan layanan kepada konsumen yang membutuhkan. kamu juga bisa menghubungi pihak bank di media sosial seperti Instagram menggunakan handle @bankmegasyariah atau di Instagram @insanbms bagi kamu yang sedang mencari info karir untuk Bank Mega Syariah.

Kesimpulan

Bank Mega Syariah adalah perusahaan bank di bawah administrasi CT Corp. Sejarahnya dimulai dengan PT Bank Umum Tugu (Bank Tugu), yang diakuisisi oleh CT Corpora melalui Mega Corpora dan PT Para Rekan Investama pada tahun 2001.

Bank Mega Syariah diberikan status bank devisa pada tahun 2008. Ruang lingkup bisnisnya meningkat tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Produk tersedia untuk individu dan perusahaan, dengan tabungan dan pembiayaan menjadi salah satu kategori utama.

Back to top button