Advertisement

Perbedaan ATM Link dan ATM Non Link

Rancakmedia.com – Belum banyak yang mengetahui tentang perbedaan ATM Link dan ATM non Link, berikut kami akan membahas tentang perbedaan dari ATM Link dan ATM non Link di bawah ini.

Dalam hal melakukan transaksi atau menarik uang tunai, ATM adalah pilihan populer di kalangan nasabah bank. Namun ada kebijakan menarik yang cukup disoroti belakangan ini adalah keputusan pemerintah memberikan biaya pada penggunaan atm link.

Mulai tanggal 1 Juni 2021 lalu, transaksi dan cek saldo di atm link akan dikenai biaya tambahan. Namun, tampaknya masih ada individu yang bingung membedakan antara ATM yang terhubung dan yang tidak terhubung. Tunggu sampai akhir.

Apa itu ATM Link

Link berarti terkoneksi atau tertaut. ATM link sendiri merupakan salah satu produk dari Bank BUMN atau Himbara (Himpunan Bank Negara) dimana terdapat 4 Bank yang berkolaborasi (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) dan bisa diakses satu ATM yang sama.

Apa itu ATM Link 

Hingga saat ini setidaknya ada 53 ribu koneksi atm yang tersebar di seluruh Indonesia. Atm tautan ini, di sisi lain, tidak sama dengan atm bersama. Link atm bisa kamu manfaatkan dengan memanfaatkan keempat bank tersebut.

Sebelumnya tidak ada biaya transaksi atau cek saldo di link ATM, jadi gratis. Namun kebijakan baru yang telah dibuat akan menerapkan biaya ini dimana terdapat tambahan biaya sebesar Rp. 2.500 untuk cek saldo dan Rp. 5.000 untuk setiap penarikan. Sedangkan setiap transfer dikenakan biaya sebesar Rp 4.000.

Ciri ATM Link dan Fiturnya

Adapun ciri-ciri ATM Merah Putih dapat ditemukan dengan mudah sebagai berikut:

  1. Mesin ATM berwarna merah putih seperti bendera Indonesia
  2. Selain logo Link, logo BRI, Mandiri, BNI, dan BTN bank Himbara dapat dilihat di sini
  3. Struk yang keluar setelah transaksi dilakukan dengan logo Link
  4. Pada mesin ATM Merah Putih yang disediakan oleh salah satu bank, tertera emblem Bank yang lebih besar Biasanya diletakkan di bagian paling atas atau bawah (area luar brankas)

ATM Merah Putih pada dasarnya memiliki fitur yang sama dengan mesin ATM pada umumnya. Berikut beberapa fitur yang ada di mesin ATM Merah Putih:

  1. Tarik Tunai 24 Jam
  2. Cek saldo
  3. Transfer antar bank
  4. Pembayaran Tagihan (listrik, telepon, internet, TV kabel, asuransi, dan kartu kredit)
  5. Isi ulang uang elektronik Himbara, seperti e-Money, Brizzi, Tapcash, dan Blink BTN, tapi khusus untuk ATM Merah Putih yang dikeluarkan bank bersangkutan

Keuntungan ATM Link

Pelanggan dan bank anggota Himbara sama-sama dapat memperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. Sudah ada sekitar 53.000 ATM Merah Putih di Indonesia, dan jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang
  2. Pengguna memperoleh biaya transaksi yang lebih murah
  3. Sebuah ATM (sebelumnya bernilai sekitar Rp 100 juta) dapat dibeli untuk bank dengan biaya yang lebih murah empat kali lipat dari harga aslinya
  4. Nasabah Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri dapat menggunakan jaringan ATM Bank BRI, BNI, dan Bank BTN
  5. Biaya operasional ATM juga semakin murah
  6. Sesuai dengan kebijakan Gerakan Nasional Non Tunai yang disponsori oleh pemerintah

ATM Bersama dan Prima

Atm shared dan atm link adalah dua konsep yang berbeda. ATM Bersama memiliki lebih banyak anggota dan terhubung satu sama lain sehingga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk bertransaksi.

Atm Bersama merupakan pionir transaksi antar bank yang cukup luar biasa pada masanya. Lebih dari 90 anggota telah bergabung dengan ATM Bersama selama 30 tahun sejarahnya. ATM bersama ini juga mencakup anggota tidak hanya bank pemerintah tetapi juga bank umum.

Sedangkan atm link hanya mencakup anggota dari bank-bank yang dikendalikan oleh pemerintah atau Himbara, antara lain Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Sebuah produk dari jaringan Prima, ATM Prima dapat ditemukan di beberapa bank keuangan Indonesia. Penyelesaian antar bank, yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu menit, adalah salah satu fiturnya yang paling mengesankan. Saat ini atm prima juga memiliki lebih dari 80 anggota bank.

Apa itu ATM Prima

Tarik tunai, cek saldo, dan transfer dana antar bank menjadi mudah bagi nasabah mitra bank ATM Prima berkat jaringan ATM yang dikenal dengan nama ATM Prima.

ATM Prima memberikan kemudahan dan kenyamanan transaksi ATM di seluruh Indonesia melalui transaksi pengiriman uang antar bank yang ditangani secara real time online (24 jam nonstop).

ATM Link dan Link Aja

Nah, sebagai pengguna internet tentunya kamu juga tahu bahwa ada fungsi link. Link atm dan link sendiri sama-sama dipasok oleh BUMN.

Namun, ada perbedaan antara tautan Atm dan tautan saja. Jika atm link merupakan ciri transaksi bersama antar anggota bank BUMN.

Berbeda dengan Link sendiri yang merupakan fitur atm virtual atau bisa dibilang dompet digital yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi non tunai.

Secara kepemilikannya Link aja ini berada dibawah PT. Fintek Karya Nusantara. Untuk fiturnya bersinergi seperti layanan dompet digital Tcash milik Telkomsel, E Cash bank Mandiri, Unikqu Bank BNI dan T bank milik BRI.

Lantas, apa perbedaan ATM Link dan Non Link?

Perbedaan ATM Link dan Non Link

Banyak isu yang muncul setelah pengumuman bahwa ATM Link akan mengadopsi kebijakan baru ini. Terutama mereka yang tidak benar-benar memahami apa itu atm link dan bagaimana membedakannya.

Untuk mengidentifikasi atm link dan non link sendiri sebenarnya cukup mudah. Saat membandingkan tautan atm dengan non tautan, setidaknya ada dua perbedaan penting.

Ciri-ciri ATM Link dan fiturnya

Keanggotaan Bank

Seperti disebutkan sebelumnya, atm link adalah aliansi bank-bank milik negara atau Himbara. Jadi jelas, bank yang tidak diunggulkan bukan anggota atm link. Dan ingat saja member link atm hanya ada 4 yaitu Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

Bayaran Transaksi

Dari segi biaya transaksi, kedua jaringan ATM tersebut berbeda. Misalnya, saat transaksi tarik tunai dilakukan di ATM Link, ATM Link memberikan keuntungan kepada nasabah Himbara berupa non-diskon.

Melakukan transfer hanya menghasilkan diskon, dan jumlah diskon dapat bervariasi. Cara transfer ke bank BUMN atau ke bank swasta berbeda, biaya transfer ke BUMN Rp. 4.000, sedangkan untuk bank swasta Rp. 6.500.

Untuk ATM Bersama, kamu akan dikenakan biaya Rp 7.500 untuk setiap penarikan tunai yang kamu lakukan. Kemudian, untuk transfer setiap transaksinya bervariasi mulai dari Rp 6.500 hingga Rp 8.000, tergantung jenis transfernya.

Ciri Keduanya adalah dari Fisik Mesin ATM

Untuk mesin atm, link ini cukup mudah dibedakan, meskipun pada tampilan pertama hampir identik dengan atm shared atau link.

Logo link atm, di sisi lain, akan terlihat di mesin atm. Biasanya hubungan atm berada di lokasi padat penduduk seperti supermarket.

Kesimpulan

ATM link sendiri merupakan salah satu produk dari Bank BUMN atau Himbara (Himpunan Bank Negara) dimana terdapat 4 Bank yang berkolaborasi (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) dan bisa diakses satu ATM yang sama.

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang ciri ATM Link, keuntungan ATM Link, ATM bersama dan prima, serta kami juga membahas tentang perbedaan ATM Link dan Non Link.

Demikian artikel tentang Perbedaan ATM Link dan ATM Non Link, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button