Advertisement

Apa itu ATM Berikut Penjelasan, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

Rancakmedia.com – Kenali fungsi, jenis dan manfaatnya ATM yang merupakan salah satu fasilitas bank kepada nasabah sebagai sarana transaksi terhadap rekening tabungannya.

Teknologi ini memungkinkan nasabah untuk melakukan penarikan uang atau transaksi non tunai lainnya dengan nyaman dan realistis.

Hingga saat ini, penggunaannya masih sangat dibutuhkan dan digunakan oleh populasi yang lebih besar meskipun penggunaan dompet digital meningkat. ATM adalah mesin swalayan yang memungkinkan nasabah mendapatkan layanan bank tanpa harus pergi ke cabang fisik.

Akibatnya, istilah “anjungan tunai mandiri” mengacu pada perangkat yang sama. Namun, kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa ada beberapa jenis mesin ATM. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang banyak jenis ATM dan manfaat menggunakannya, baca halaman ini.

Apakah kamu familiar dengan istilah “Anjungan Tunai Mandiri” ATM? ATM adalah singkatan dari Automated Teller Machines dan merupakan mesin elektronik yang menawarkan layanan secara otomatis kepada nasabah.

ATM berfungsi sebagai fungsi self-service dimana nasabah dapat menarik uang tunai atau melakukan transaksi non-tunai lainnya atas kehendak mereka sendiri.

Pelanggan mendapatkan keuntungan besar dari akses mudah ke uang tunai yang disediakan oleh ATM. Karena mereka tidak harus pergi ke bank untuk mendapatkan uang setiap kali mereka membutuhkannya. Hingga saat ini fitur layanan ATM telah ditingkatkan, mulai dari layanan transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan lain sebagainya.

Ulasan Singkat ATM

ATM merupakan solusi yang diberikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah tanpa dibatasi oleh waktu operasional bank dan lokasi yang terbatas. Menggunakan ATM tentunya membutuhkan kartu ATM dimana nasabah akan memperoleh kartu tersebut pada saat membuat rekening. Selanjutnya, nasabah cukup memasukkan PIN untuk mengakses mesin ATM.

Ulasan Singkat ATM adalah

ATM merupakan mesin yang memberikan fasilitas elektronik secara mandiri kepada nasabah bank, mulai dari layanan penarikan uang, belanja online, hingga pembayaran sejumlah tagihan. Kartu ATM diperlukan untuk mengakses beberapa fitur ini.

Kartu ATM adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk nasabah. Fungsi kartu ATM adalah memberikan kemungkinan transaksi kepada nasabah melalui mesin ATM.

Jenis-jenis ATM

Keberadaan ATM adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Meski tidak banyak yang menyadari, ATM jenis ini tidak hanya untuk keperluan penarikan saja. Beberapa jenis mesin ATM tambahan tersedia untuk setoran tunai dan bahkan non-tunai. Berikut penjelasannya.

Baca Juga:  Cara TopUp Allo Bank via M-Banking dan ATM, K-Popers Harus Paham Cara Ini

ATM Tunai

ATM yang memungkinkan layanan tarik tunai adalah jenis ATM yang paling dasar. Jenis ATM ini cukup mudah ditemukan di banyak area utama karena permintaannya yang meningkat. Banyak ATM tunai dapat ditemukan di berbagai lokasi, seperti di pinggir jalan, di pusat perbelanjaan, dan di gedung-gedung umum.

ATM Setor Tunai

Meskipun jarang, ATM setoran tunai memiliki fungsi utama dalam membantu pelanggan memenuhi permintaan mereka. Seperti namanya, ATM setoran tunai memungkinkan pelanggan untuk menyetor sejumlah uang tertentu ke dalam rekening tertentu.

ATM ini juga dikenal sebagai Cash Deposit Machine (CDM) yang memungkinkan nasabah melakukan setoran tanpa harus mengantri di teller bank atau resah jika bank tutup. Oleh karena itu, fungsi ATM jenis ini memberikan kemudahan dan pelayanan yang tiada habisnya. Biasanya, kamu hanya boleh menyetor uang dalam nominal Rp 50.000 atau Rp 100.000.

ATM non-tunai

Jenis ketiga ATM adalah mesin yang menyediakan khusus untuk transaksi non tunai saja, seperti transfer uang, pembelian token, kredit, dan lain-lain. Mesin ATM ini, terlepas dari namanya, tidak menerima penarikan tunai.

ATM serba bisa

Jenis ATM lainnya adalah mesin multiguna yang menawarkan fitur yang lebih beragam dibandingkan dua jenis sebelumnya. Namun demikian, itu terus ada di beberapa kota besar hingga hari ini.

ATM dan Manfaatnya

Berdasarkan penjelasan jenis-jenis ATM, kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan apa pentingnya keberadaan mesin ini. Keuntungan mendasar dari ATM adalah memungkinkan pelanggan untuk melakukan layanan secara mandiri dan otomatis tanpa dibatasi oleh lokasi dan waktu. ATM memiliki manfaat sebagai berikut:

Bertransaksi Itu Mudah

Keuntungan utama memiliki ATM adalah kemudahan untuk melakukan hampir semua jenis transaksi. Nasabah tidak perlu mengantri di teller bank untuk memindahkan uang antar bank. ATM juga melayani tujuan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, baik secara otomatis maupun mandiri.

Akibatnya, ATM menyediakan berbagai layanan untuk memungkinkan pelanggan membayar tagihan mereka dan membeli barang-barang seperti token, listrik, kredit, dan paket internet.

Tarik Tunai Selama 24 jam

Keterbatasan jam kerja bank jelas menjadi kendala, terutama bagi nasabah dengan jam kerja seperti pegawai bank. Fungsi ATM adalah untuk menyediakan pengguna dengan akses ke uang setiap saat dan dari lokasi manapun.

Baca Juga:  Tips Transfer Antar Bank dengan Aman, Bebas Biaya Admin

Kamu dapat menarik uang kapan saja dan di mana saja selama ada mesin ATM. Namun, perlu diketahui bahwa penarikan dari mesin ATM bank lain mungkin memerlukan biaya administrasi.

Setor Tunai Selama 24 jam

Setoran tunai dapat dilakukan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, berkat kemudahan ATM. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun fungsinya sangat dibutuhkan ketika kamu perlu melakukan pembayaran secepat mungkin ketika uang yang tersedia hanya berupa uang tunai. Untuk melakukan setoran, kamu harus menggunakan ATM. Namun, kamu hanya dapat melakukan setoran tunai di ATM yang sama dengan rekening kamu.

Keuntungan ATM

Ada berbagai keuntungan yang diperoleh nasabah dengan memiliki ATM. ATM memberikan keuntungan sebagai berikut:

  1. Fleksibilitas karena nasabah dapat memanfaatkan layanan ATM kapanpun dan dimanapun selama ada mesin ATM.
  2. Karena kenyataan bahwa tidak ada uang tunai dalam jumlah besar yang harus disimpan, metode ini lebih aman bagi pelanggan.
  3. Mudah digunakan oleh siapa saja yang memiliki kartu ATM.

ATM, kartu ATM, dan cara menggunakan ATM semuanya tercakup dalam tutorial ini. Mengingat apa yang telah dibahas sejauh ini, ATM dapat didefinisikan sebagai mesin elektronik yang memungkinkan nasabah bank untuk menarik uang atau melakukan transaksi tanpa bantuan operator teller.

Kesimpulan

ATM merupakan mesin swalayan yang memungkinkan nasabah mendapatkan layanan bank tanpa harus pergi ke cabang fisik. Nasabah hanya perlu memasukkan PIN untuk mengakses mesin ATM. Menggunakan ATM tentunya membutuhkan kartu ATM dimana nasabah akan mendapatkan kartu tersebut pada saat membuat rekening.

ATM tunai banyak ditemukan di berbagai lokasi, seperti di pinggir jalan, di pusat perbelanjaan, dan di gedung-gedung publik. Setoran tunai ATM memungkinkan pelanggan untuk menyetor sejumlah uang ke dalam rekening tertentu. All-in-one ATM merupakan mesin multiguna yang menawarkan fitur lebih beragam.

Back to top button