Advertisement

Saham GoTo Resmi Melantai di Bursa Hari Ini

Rancakmedia.com – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau saham GoTo resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (11/4/2022). Pada tahun 2022, GoTo akan menjadi perusahaan publik (emiten) kelima belas.

Investor khawatir tentang volatilitas harga saham GoTo, menurut sejumlah ahli, setelah laporan oversubscription. Sebagai akibat dari kenaikan dan penurunan harga yang cepat yang disebabkan oleh volatilitas yang ekstrim, perbedaan antara harga terendah dan tertinggi terkadang cukup besar.

Investor pasar modal khawatir kinerja GoTo di BEI akan seperti kinerja PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan kinerja Grab di bursa Nasdaq di AS, menurut analis Henan Putihrai Sekuritas Liza C Suryanata.

Saham GOTO Melejit 17 Persen

“Kita cukup trauma dengan listingnya sektor teknologi seperti BUKA dan Grab di Nasdaq, kan hari pertama listing, Grab langsung turun,” kata Liza, di Jakarta, dikutip Senin (11/4/2022).

Saham GoTo Resmi Melantai 17 Persen

Saham GoTo melejit 17 persen ke 400 PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk langsung dibuka, melonjak 18,34% menjadi 400 dalam debut pertamanya sebagai emiten ke-15.

Peluncuran BUKA pada 6 Agustus 2021 mengalami keuntungan yang cukup besar dari sisi autorejection (ARA) selama dua hari, kemudian dihantam aksi profit taking. Harga BUKA turun -59,05 persen, atau Rp 258 menjadi Rp 1.325, dari harga IPO semula Rp 850 menjadi Rp 348 pada 8 April 2022.

Demikian pula, pada 2 Desember 2021, GRAB mulai berdagang di Nasdaq. GRAB turun 20,53 persen pada 8,75 dolar pada saat debutnya, setelah melonjak menjadi 13,06 dolar pada bel pembukaan.

Per 8 April 2022, harga saham Altimeter Growth Corp (AGC) telah turun -67,21 persen dari harga IPO-nya serta dari harga saham AGC sesaat sebelum harga AGC GRAB.

Kedua aspek tersebut membuat Liza khawatir kinerja GoTo akan menjadi nilai jual bagi investor mengingat kinerja keuangan terbarunya masih menghasilkan kerugian. “Jujur cukup bikin gugup juga saat Goto menyebarkan prospektus pertama kali, karena di situ mereka tulis bahwa mereka sangat open dengan kondisi keuangan atau kinerja perusahaan yang masih merugi sejak awal berdiri,” terang Liza.

Saham GOTO Melejit

Meski demikian, Liza yakin kapitalisasi pasar saham GoTo yang besar bisa menjadi motor penggerak indeks sektor teknologi, sekaligus penggerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Sebelumnya, Analis Teknis BNI Sekuritas Andri Zakaria mengatakan periode IPO GoTo pada minggu kedua April terjadi saat pasar berada pada fase puncaknya. IHSG melonjak 1,17 persen menjadi 7.210,83 pada penutupan akhir pekan, seperti yang diketahui.

“Kalau kita lihat IPO GoTo itu dari size market dan timing, ini timingnya April itu kayaknya kurang bagus, karena market mengalami exit, kenaikan indeks juga terbatas,” kata Andri di Media Gathering Kamis (31/3).

Prediksi harga GoTosetelah melantai di BEI, seperti diketahui, manajemen GoTo mengembangkan strategi Greenshoe untuk menjaga stabilitas harga saham selama 30 hari, terhitung sejak listing perdana di pasar.

Greenshoe adalah fitur dalam perjanjian penjaminan emisi IPO yang memungkinkan penjamin emisi untuk memperoleh hingga 15 persen tambahan saham perusahaan dengan harga penawaran.

Melalui opsi ini, GoTo menawarkan maksimal 15 persen dari jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO, atau sekitar 7,8 miliar lembar saham yang dikeluarkan dari treasury share untuk rencana Greenshoe diterapkan.

GoTo mempekerjakan PT CGS CIMB Sekuritas Indonesia untuk berperan sebagai agen stabilitas harga dalam program tersebut. Harga yang tidak lebih tinggi dari harga perolehan awal dapat dibayar oleh agen stabilisasi untuk saham GoTo yang mereka beli.

Bagaimana dengan Prediksi Harga GOTO

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang GoTo, sebagai berikut:

Kapan Saham GoTo Bisa Dijual?

Masa penawaran umum saham akan berlangsung mulai 1-7 April 2022 dan pencatatan di papan utama bursa efek Indonesia (BEI) dengan kode saham GoTo dijadwalkan pada 11 April 2022.

Kesimpulan

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). GoTo akan menjadi perusahaan publik (emiten) ke lima belas. Para ahli khawatir tentang volatilitas harga saham GoTo, setelah laporan kelebihan permintaan.

Demikian informasi tentang saham GoTo resmi melantai di bursa hari ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas