Advertisement

Resmi Melantai, Saham GOTO Melejit 17 Persen Tembus ke 400

Rancakmedia.com – Begitu PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), harga saham GOTO melejit 65 poin atau 17% hingga mencapai angka 400. Pergerakan saham saat ini, di sisi lain, ditandai dengan volatilitas yang kuat di area 380-390.

Pantauan RTI Business, kode emiten GOTO sempat menyentuh level 405 pada pukul 09.05 WIB pada Senin (11/4/2022). Namun harga sempat turun ke level 376 sekitar pukul 09.15 WIB.

Saham GOTO Melejit

Saham GOTO Melejit

Sedangkan jumlah saham GOTO yang diperdagangkan mencapai 3,27 triliun dengan nilai transaksi Rp 1,29 miliar. Stok masih jauh dari batas Upper Auto Rejection (ARA) dalam hal fluktuasi harganya.

Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi akan melakukan penawaran umum perdana (IPO) hari ini (Senin, 4 November 2022) untuk emiten ini dengan kode GOTO. Kode saham GOTO akan menjadi perusahaan ke-15 yang tercatat di BEI pada tahun 2022 untuk calon emiten ini.

Penerbitnya, menurut situs e-IPO, adalah GoTo Gojek Tokopedia. Ini menawarkan platform digital yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, dan solusi keuangan.

Tujuan GOTO adalah untuk ‘Mendorong Kemajuan’ bagi klien, termasuk konsumen, pedagang, dan mitra pengemudi, di dalam ekosistem Perusahaan.

Seperti yang tertuang dalam filosofi perusahaan, “Gotong Royong,” dan dalam tagline-nya, “jika Anda ingin pergi jauh, pergilah bersama (go far, go together),” GOTO memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk mencapai tujuannya.

Harga Saham GOTO Melejit

Dalam IPO ini, GOTO mematok harga IPO di Rp338 per saham dari kisaran sebelumnya Rp316-346 per saham.

Berdasarkan data pengumuman BEI, GOTO tercatat telah menerbitkan 40,61 miliar saham ke publik, sehingga efektif mendapatkan dana baru sebesar Rp. 13,72 triliun.

Harga Saham GOTO

Sebut saja perusahaan lain, GOTO memiliki valuasi pasar Rp 400,31 triliun, menjadikannya emiten terbesar keempat di BEI setelah PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Jumlah saham yang dipesan investor mencapai 55,54 miliar selama masa penawaran umum. Dengan demikian, IPO GOTO mengalami oversubscribed alias sebanyak 14,92 miliar lembar saham.

Selain itu, GOTO menghadapi oversubscribed mengalami oversubscribed hingga 15,7 kali. Padahal, jumlah saham pertama yang akan dibagikan hanya 3,43 persen dari seluruh saham yang ada.

Penjamin emisi IPO GOTO Indo Premier Sekuritas mengatakan pihaknya menerima jumlah pendaftaran investor yang memecahkan rekor, dengan lebih dari 299.000 nomor identifikasi investor individu (SID) terdaftar.

Saham GOTO Melejit

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang saham GOTO, sebagai berikut:

Kenapa Saham GOTO Jatuh?

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya mengatakan, salah satu penyebab penurunan harga saham GOTO ialah karena banyak dijual investor akibat sejumlah sentimen yang negatif, sentimen negatif ini antara lain ialah inflasi yang tinggi dan kenaikan suku bunga The Fed yang agresif.

Kesimpulan

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melonjak 17% menjadi $400 begitu tercatat di bursa. Kode emiten GOTO mencapai level 405 pada pukul 09.05 WIB, Senin (11/4/2022).

Namun harga saham sempat turun ke level 376 sekitar pukul 09.15 WIB. Jumlah saham GOTO yang diperdagangkan mencapai 3,27 triliun dengan nilai transaksi Rp 1,29 miliar.

Tombol kembali ke atas