Panduan Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Untuk melakukan transaksi pajak elektronik, setiap wajib pajak harus mendapatkan EFIN pajak online. Cukup mudah untuk meminta atau menerima EFIN secara online, simak dalam artikel berikut ini.

Dengan Klikpajak by Mekari, teman-teman Klikpajak kamu dapat mempelajari cara mendapatkan EFIN secara online dan apa itu NPWP EFIN.

EFIN, atau Nomor Identifikasi Pengarsipan Elektronik, adalah pengidentifikasi unik untuk individu dan bisnis saat terlibat dalam berbagai transaksi terkait pajak secara online.

Salah satunya diperlukan saat mendaftar akun DJP online atau akun PJAP atau ASP rekanan resmi Dirjen Pajak, seperti Klikpajak.id. Sobat klikpajak tidak perlu lagi datang ke kantor pajak untuk mendapatkan EFIN Online.

Yang kamu butuhkan hanyalah komputer dengan koneksi internet, kamu dapat memperoleh EFIN online kapan saja dan di mana saja.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online

Lalu, bagaimana cara meminta atau menerima eFIN pajak online ini? Temukan untuk informasi lebih lanjut. 2 Jenis EFIN & Cara Meminta Atau Mendapatkan EFIN Via Online Bagi Wajib Pajak Dengan NPWP

Wajib Pajak Orang Pribadi (WP) dan Wajib Pajak Badan yang memiliki NPWP merupakan dua jenis Wajib Pajak EFIN, dan kedua jenis ini dibedakan berdasarkan jenis pajak yang dibayarkan.

Maka kedua jenis EFIN tersebut adalah:

  1. EFIN pribadi
  2. EFIN Badan

Meski kategorinya berbeda, pada dasarnya prosedur pembuatan EFIN melalui online dari keduanya adalah sama. Jadi, apa sebenarnya perbedaan dari semua ini?

Satu hal yang pasti, perbedaan antara EFIN Pribadi dan EFIN Perusahaan terletak pada dokumen yang diperlukan untuk mendaftarkan EFIN pajak secara online.

Perbedaan Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online Pribad dan EFIN Perusahaan

Sebelum mengetahui cara meminta atau menerima efin online, kamu harus mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Berikut perbedaan EFIN Pajak Orang Pribadi dengan EFIN Pajak Badan yang memiliki NPWP:

EFIN Pribadi

Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) harus mengajukan aktivasi EFIN sendiri, tanpa bantuan perwakilan. Setelah mengetahui cara meminta atau memperoleh EFIN pajak online, langkah selanjutnya adalah mengaktifkannya di situs https://djponline.pajak.go.id/resendlink.

Untuk cara lapor SPT tahunan secara Online Orang Pribadi, Wajib Pajak terlebih dahulu harus mengklik tautan dalam email konfirmasi yang berisi kata sandi sementara.

Untuk EFIN pribadi, NPWP adalah dokumen yang diperlukan, seperti banyak dari berikut ini:

  1. Bukti KTP asli dan fotocopy
  2. kartu dengan nomor NPWP
  3. Lampirkan alamat email yang aktif

EFIN Badan

Bagi Wajib Pajak Badan, permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh manajemen yang dipilih untuk mewakili Badan atau Firma.

Kantor Pelayanan Pajak tempat wajib pajak terdaftar akan mendapatkan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN, yang akan diisi, ditandatangani, dan diserahkan oleh manajemen.

Salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengajukan EFIN Badan adalah NPWP, dan dokumen-dokumen berikut juga harus disiapkan.

  1. Fotokopi Surat Pengangkatan Manajemen
  2. Fotokopi tanda pengenal berupa KTP WNI atau Paspor, KITAS atau KITAP bagi WNA
  3. Fotokopi NPWP atau kartu SKT atas nama Pengurus
  4. Fotokopi NPWP atau kartu SKT atas nama Wajib Pajak Badan
  5. Lampirkan alamat email aktif ke KPP

Bagi wajib pajak badan, tersedianya EFIN akan mempermudah pengajuan pajak secara online, data wajib pajak badan sudah terjaring secara otomatis dalam sistem perpajakan.

Sehingga untuk SPT tahun berikutnya, wajib pajak badan atau badan tidak perlu mengulang penyampaian data lagi. Contoh EFIN online dan informasi cara mendapatkan EFIN online untuk wajib pajak yang memiliki NPWP.

Cara Mendapatkan EFIN Via Online Bagi Wajib Pajak

Proses untuk memperoleh EFIN pajak tidak rumit. Proses pengajuan EFIN online untuk Agensi hampir sama dengan pembuatan EFIN pajak Pribadi dan prosesnya cepat.

Individu dan perusahaan dengan NPWP dapat menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini untuk mendapatkan EFIN secara elektronik.

Hal terburuk yang bisa terjadi adalah saya lupa mengingat nomor EFIN pajak saya. Untuk menghindari kepanikan, inilah langkah-langkah yang harus dilakukan jika kamu lupa EFIN pajak kamu.

Setelah mempelajari cara meminta atau mendapatkan EFIN secara online, berikut adalah proses bagaimana melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pajak.

Penutupan Layanan Pajak EFIN DJP Online Bagi Wajib Pajak Dengan NPWP

Terbaru! Selain mengetahui cara meminta atau menerima EFIN secara online, ada informasi penting lainnya yang perlu kamu ketahui.

Perlu diketahui, saat ini Ditjen Pajak telah resmi menghentikan kanal aktivasi EFIN melalui portal efin.pajak.go.id.

Setelah channel aktivasi eFIN ditutup, berikut cara mengaktifkan EFIN versi terbaru:

  1. Mengajukan permohonan aktivasi EFIN melalui email resmi KPP (cek di www.pajak.go.id/unit-kerja untuk mengetahui alamat, telepon, dan email KPP)
  2. Satu email wajib pajak hanya untuk satu aplikasi layanan aktivasi EFIN
  3. Mengirimkan kriteria aplikasi aktivasi EFIN yaitu:
  4. Scan formulir aplikasi aktivasi EFIN.
  5. Sertakan nomor telepon.
  6. Alamat email yang dimasukkan dalam formulir adalah valid.
  7. Foto identitas (KTP untuk WNI, KITAP/KITAS untuk WNA)
  8. Foto Surat Tanda Pendaftaran (SKT) atau NPWP
  9. Memegang kartu KTP dan NPWP di tangan sendiri
  10. Petugas melakukan validasi kesesuaian data yang diberikan oleh Wajib Pajak dengan database DJP.
  11. Jika semua data valid, petugas membuat dan mengirimkan pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF melalui email.

Layanan aktivasi pajak dialihkan dari DJP melalui berbagai cara. Permohonan aktivasi surat elektronik (e-mail) resmi EFIN dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar di information@pajak.go.id.

Sedangkan jika lupa EFIN, DJP menghimbau untuk menyampaikannya menggunakan nomor telepon resmi atau surat elektronik (email) KPP atau Kring Pajak 1500200.

Dapatkan EFIN pajak kamu secara online, lalu gunakan Fitur Aplikasi Pajak Online Terintegrasi Lengkap Klikpajak by Mekari untuk menyelesaikan tugas perpajakan kamu bersama sobat Klikpajak dengan mudah.

Kesimpulan

EFIN, atau Nomor Identifikasi Pengarsipan Elektronik, adalah pengidentifikasi unik untuk individu dan bisnis saat terlibat dalam berbagai transaksi terkait pajak secara online. Cukup mudah untuk meminta atau menerima EFIN online dengan Klikpajak by Mekari.

Bagi wajib pajak badan, tersedianya EFIN akan mempermudah pengajuan pajak secara online. Proses pengajuan EFIN online untuk Agensi hampir sama dengan pembuatan EFIN pajak Pribadi. Individu dan perusahaan dengan NPWP dapat menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini untuk mendapatkan EFIN online secara elektronik.

Ditjen Pajak resmi menghentikan kanal aktivasi EFIN melalui portal efin.pajak.go.id. Berikut cara aktivasi EFIN versi terbaru melalui email resmi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Pencarian Populer

Cara Mendapatkan Efin Online - Cara Mendapatkan Efin Online 2022 - Cara Mendapatkan Efin Pajak Online - Cara Mendapatkan Efin Pajak Online 2020- Cek Efin Online - Daftar Efin Online 2022 - Efin Pajak Go Id Untuk Daftar Efin Online - Efin Pajak Pribadi - Lupa Efin -

Related Articles

Back to top button