Advertisement

Ketahui Limit Pinjaman Bank KTA, KMG, dan KUR

Rancakmedia.com – Perlu kamu ketahui limit pinjaman Bank KTA, KMG dan KUR yang dapat kamu gunakan di kondisi yang memang membutuhkan pinjaman. Satu-satunya pilihan adalah meminjam dari bank, tetangga atau rentenir.

Saat ini ada pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan), Kredit Multiguna (KMG), Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan lain-lain.

Bentuk pinjaman ini memiliki persyaratan dan batasan yang berbeda. Baik dalam hal kelengkapan makalah yang disediakan, atau dalam batasan yang ditentukan.

Daftar Limit Pinjaman Bank KTA, KMG, dan KUR

Ketika kami meminta pinjaman di masa mendatang, kami ingin mengetahui berapa jumlah maksimum yang dapat kami pinjam sehingga kami dapat menyesuaikan permintaan kami.

Daftar Limit Pinjaman Bank KTA, KMG, dan KUR

Seluruh putusannya adalah sebagai berikut:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sesuai dengan namanya, Kredit Tanpa Agunan adalah alat pinjaman yang tidak memerlukan barang berharga, seperti sertifikat tanah atau rumah, perhiasan, BPKB kendaraan, dll.

Kriteria umum adalah KTP, laporan laba rugi atau slip gaji dan NPWP. Kriteria lainnya, ada yang meminta kartu kredit, ada yang tidak.

Pinjaman tanpa agunan dapat diajukan langsung melalui bank atau bisnis financial technology (fintech). Baik offline maupun online.

Kami dapat meminta batas pinjaman maksimum saat meminta Pinjaman Tanpa Jaminan. Bank, di sisi lain, prihatin dengan kelayakan kredit kamu. Oleh karena itu, permintaan batas tidak mudah diterima.

Pada umumnya, batas tertinggi untuk pinjaman tanpa agunan dari bank adalah 5 kali upah bulanan kamu. Misalnya, jika gaji kamu 6 juta rupiah per bulan, jumlah tertinggi yang dapat kamu hasilkan adalah 30 juta rupiah.

Namun, bank memiliki kewenangan untuk menurunkan pagu yang diperlukan. Misalnya kamu minta 30 juta rupiah, tetapi cairnya hanya 20 juta rupiah, karena pihak bank merasa limit tersebut aman untuk kamu.

2. Kredit Multiguna (KMG)

Berbeda dengan Kredit Tanpa Agunan, Kredit Multiguna harus melibatkan agunan atau jaminan, seperti sertifikat tanah atau rumah, BPKB untuk sepeda motor atau kendaraan, bahkan surat keputusan kerja.

Kredit Multiguna (KMG)

Maksimal pinjaman Kredit Multiguna terbilang besar. Ini mungkin melebihi miliaran rupiah, berdasarkan proyeksi nilai agunan yang ditawarkan.

Batas maksimum kredit multiguna disediakan oleh banyak bank sebesar 10 miliar rupiah (US$1 miliar). Ini berpotensi meningkatkan batas debitur saat ini. Sedangkan jangka waktu pinjaman Kredit Multiguna bisa mencapai 20 tahun.

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) diperkenalkan oleh pemerintah. Selain usaha kecil dan menengah (UKM), TKI, serta petani dan nelayan adalah sebagian dari demografi Kredit Usaha Rakyat yang paling penting.

Kredit Usaha Rakyat menawarkan pinjaman modal berbunga rendah. Sebab, pemerintah memberikan subsidi bunga. Jaringan bank perantara bertanggung jawab untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat.

Ada KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Penempatan TKI dan KUR Khusus. Kredit KUR Mikro, baik dalam bentuk kredit modal kerja maupun investasi, dibatasi maksimal 25 juta rupiah per debitur.

KUR Kecil memberikan limit lebih dari 25 juta hingga 200 juta rupiah untuk setiap debitur. KUR TKI memberikan batasan maksimal 25 juta rupiah.

Sementara itu, KUR Khusus menetapkan batasan di atas 25 juta rupiah hingga 500 juta rupiah untuk kelompok tani, nelayan, peternak, dan perkebunan.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang limit pinjaman, sebagai berikut:

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Berapa Limit Awal Kartu Kredit?

Pada umumnya, limit kartu kredit yang ditentukan oleh bank mulai dari 3.000.000, 5.000.0000, 10.000.000 hingga miliaran rupiah, limit yang tinggi membuat pemegang kartu kredit lebih leluasa bertransaksi.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah menjelaskan mengenai KTA (Kredit Tanpa Agunan), Kredit Multiguna (KMG), Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Demikian artikel tentang Ketahui Limit Pinjaman Bank KTA, KMG, dan KUR. Semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Back to top button