Advertisement

Cara Beli Saham Bagi Pemula yang Menguntungkan

Rancakmedia.com – Investasi saham sangat poppuler di masa sekarang ini, tahukah kamu bahwa terdapat cara beli saham bagi pemula yang menguntungkan? kalau belum, simak artikel ini hingga selesai.

Namun, banyak orang percaya bahwa investasi mereka di pasar keuangan telah gagal. Hal ini terjadi sebagai akibat dari kurangnya informasi secara umum, khususnya di bidang saham.

Cara Beli Saham yang Menguntungkan

Dibawah ini terdapat panduan yang perlu kamu perhatikan untuk membeli saham, sebagai berikut:

Cara Beli Saham yang Menguntungkan

1. Pelajari dan Pahami Ilmu Dasar Saham

Satu hal penting yang harus kita lakukan sebelum membeli saham adalah mempelajari dan memahami apa itu saham dan bagaimana mekanisme saham itu dilakukan. Ini penting dan tidak boleh diabaikan, karena itu hanya akan membingungkan kita ketika kita berusaha membuat penilaian nanti.

Kita juga perlu memahami manfaat dan bahaya yang biasanya muncul dalam berinvestasi saham, sehingga kita dapat lebih mempersiapkan diri untuk apa yang terjadi di masa depan. Mengingat semakin besar imbalannya, semakin besar pula bahaya yang mungkin timbul.

2. Menentukan Perusahaan Sekuritas

Usaha sekuritas yang akan berfungsi sebagai perantara dalam transaksi saham harus diidentifikasi sebelum saham dapat dibeli. Untuk membeli dan menjual saham BEI dan membuat rekening saham, perusahaan efek berfungsi sebagai perantara. Oleh karena itu, pastikan kita memilih bisnis sekuritas yang terpercaya.

3. Mulai Memilih Saham

Selanjutnya, kita dapat menentukan saham yang ingin kita peroleh. Namun, sebelum membeli saham, jangan lupa untuk mengidentifikasi bentuk saham yang paling menguntungkan.

Sebagian besar, investor baru akan memilih saham blue-chip karena mereka lebih dapat diandalkan dan dianggap “tidak sensitif” terhadap kemungkinan perusahaan bangkrut.

Pelajari dan Pahami Ilmu Dasar Saham

Saham ini, di sisi lain, biasanya memiliki label harga yang lumayan. Oleh karena itu, kita harus memutuskan apakah akan mulai berinvestasi dengan uang tunai minimum atau maksimum.

4. Lakukan Pembelian Saham

Setelah kami memilih saham yang ingin kami beli, kami dapat pergi melalui broker atau aplikasi yang telah disetujui dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk menyelesaikan transaksi (OJK). Pastikan kami melakukan transaksi ini dengan aman dan menggunakan platform atau broker yang andal.

5. Selalu Monitor Pasar

Setelah berhasil membeli saham, biasakan mengikuti pasar. Karena berbagai masalah, termasuk keadaan ekonomi, politik, dan keamanan, memiliki dampak signifikan pada perdagangan saham di pasar. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk sering memeriksa pasar saham.

Untuk mempelajari manfaat dari investasi pasar saham, kita juga harus mahir dalam melacak harga saham. Hasilnya, kita akan tahu persis kapan harus membeli dan menjual saham untuk memaksimalkan keuntungan kita.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang saham, sebagai berikut:

Berapa Minimal Uang Untuk Beli Saham?

Peraturan tersebut mengacu pada peraturan yang di buat oleh Bursa Efek Indonesia sebagai lembaga yang mengatur tentang pasar modal di Indonesia. Dengan penjelasan di atas, maka kamu minimal perlu melakukan pembelian saham sebanyak 1 lot atau 100 lembar saham per transaksi.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi tentang panduan membeli saham yang perlu kamu perhatikan.

Demikian artikel tentang Panduan Membeli Saham yang Menguntungkan Bagi Pemula, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Tombol kembali ke atas