Cara Membuka Rekening Saham dengan Mudah

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Banyak yang berpendapat kalau membuka rekening saham itu sangat susah, pada artikel kali ini kami akan memberikan cara membuka rekening saham dengan cara yang sangat mudah.

Saham merupakan salah satu produk investasi yang paling banyak diminati.  Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per 30 Juli 2021, pertumbuhan SID investor di pasar modal Indonesia mencapai 5,82 juta. Jumlah itu naik 50 persen dibandingkan dengan 3,88 juta pada akhir tahun lalu.

Untuk dapat memperoleh saham, calon investor harus terlebih dahulu membuat rekening saham. Rekening saham adalah rekening yang digunakan oleh investor untuk kegiatan jual beli saham.

Daftar Cara Membuka Rekening Saham

Namun sebelum itu, berbagai kriteria dokumen harus dipenuhi untuk membuat akun saham. Artikel dari RancakMedia ini menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat akun saham. Simak baik-baik ya!

1. Pilih Sekuritas

Sama seperti kamu ingin menyimpan uang di bank, kamu harus memilih bank sebagai lembaga untuk menyimpan uang.

Sekuritas adalah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan untuk menggambarkan barang-barang ini. Otoritas Jasa Keuangan kini membawahi 44 jenis surat berharga (OJK).

Pelanggan membayar berbagai biaya dan mendapatkan fasilitas berbeda tergantung pada keamanan apa pun yang mereka pilih.

Karena itu, kamu harus mengetahui biaya dan setoran minimum yang diperlukan sebelum memilih sekuritas.

Perlu dicatat bahwa bank-bank tertentu menyediakan layanan terintegrasi di dalam sistem perbankan, sehingga kamu dapat mulai menyetorkan saham langsung dari bank masing-masing dengan meminta fasilitas sekuritas kepada bank tabungan.

2. Siapkan Dokumen

Setelah kamu melakukan riset dan memilih saham mana yang akan dipilih, inilah saatnya untuk melengkapi dokumentasi yang tepat.

Kartu identitas, rincian rekening bank, dan Nomor Pokok Wajib Pajak semua diperlukan selain dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan efek (NPWP).

Tinggal menunggu pendaftaran disetujui setelah kamu menyerahkan semua data yang diperlukan. Lead time biasanya 3-7 hari kerja.

Setelah diotorisasi, kamu akan terdaftar sebagai investor di KSEI dan memperoleh Single Investor Identity (SID).

3. Setor Dana Awal dan Mulai Berinvestasi

Yang tersisa hanyalah melakukan setoran pertama ke akun investor setelah kamu mendapatkan akun saham. Ingatlah bahwa hanya transaksi pertama kali ke rekening bank pribadi kamu yang dicatat.

Setelah itu, kamu dapat mulai membelanjakan uang yang kamu miliki di pasar saham.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang Cara Membuka Rekening Saham, perlu kamu ketahui bahwa membuka rekening saham itu tidak sesulit yang di bayangkan, kami harap artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Pencarian Populer

Bagaimana Cara Membuka Rekening Saham- Cara Membuka Rekening Saham Online - Cara Membuka Rekening Saham Mirae Asset - Cara Membuka Rekening Saham Mandiri - Cara Membuka Rekening Saham Ipot - Cara Membuka Rekening Saham Di Indopremier - Cara Membuka Rekening Saham Bni Sekuritas - Cara Membuka Rekening Saham Bni - Cara Membuka Rekening Saham Bca - Cara Membuka Rekening Saham - Cara Membuka Rekening Saham Syariah -

Related Articles

Back to top button