Advertisement

Harga Saham Antam dan Vale Meroket, Nikel Terbukti

Rancakmedia.com – Sehari terakhir, harga saham Antam dan Vale, dua produsen nikel terbesar di Tanah Air, naik akibat perdagangan saham masing-masing secara substansial. Untuk mengetahui informasi jelasnya simak di bawah ini.

Harga nikel naik dan memangkas rekor harga sejak satu dekade lalu. Pada awal tahun ini, harga nikel meningkat pesat. Hingga kemarin, logam energi hijau telah tumbuh 15,77 persen sepanjang tahun berjalan atau year to date (ytd).

Hingga penutupan Kamis (20/1/2021), harga nikel dunia tercatat US$ 24.030,5 per ton, naik 3,79 persen dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Harga Saham Antam dan Vale

Tercapainya harga nikel didorong oleh pengetatan pasokan. Sementara itu, menjelang Tahun Baru Imlek, pasokan sangat dibutuhkan. Hal ini menyebabkan pasokan di pasar menjadi terbatas sehingga harga nikel terus meningkat.

Sejak April 2021, stok nikel terus menurun. Stok nikel di London Metal Exchange telah turun 68,8% menjadi 94.830 metrik ton sejak saat itu.

Persediaan di gudang Shanghai Futures Exchange (ShFE), sementara itu, berada di 4.711 metrik ton, mencapai level terendah yang pernah tercatat sejak Agustus 2021.

Upaya pemerintah untuk merangsang ekonomi yang tersendat-sendat juga turut membantu kenaikan harga nikel. Pasar berpikir pelonggaran ini akan meningkatkan likuiditas dan meningkatkan permintaan untuk logam tersebut.

Nikel merupakan salah satu sumber energi dan pertambangan yang patut disyukuri oleh Indonesia. Padahal, ‘harta’ nikel Indonesia paling besar dibandingkan negara lain. Negara Indonesia memiliki 72 juta metrik ton deposit nikel (nikel).

Gabungan cadangan tersebut merupakan 52 persen dari total cadangan nikel dunia yang berjumlah 139.419.000 ton Ni. Data tersebut berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020 dalam booklet berjudul “Peluang Investasi Nikel Indonesia” yang merupakan hasil olah data USGS Januari 2020 dan Badan Geologi 2019.

Saham ANTM dan INCO Melonjak

Saham produsen nikel terapresiasi seiring dengan kenaikan harga nikel. Dua perusahaan nikel besar di negara ini mengalami kenaikan harga saham kemarin, dibantu oleh nilai transaksi yang cukup besar.

Harga saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) dilaporkan naik 12,17 persen ke level Rp. 1.935 per saham, disertai dengan nilai transaksi Rp. 687,64 miliar, yang merupakan tertinggi kedua di pasar saham pada perdagangan kemarin.

Kesimpulan

Vale Indonesia Tbk. (INCO) naik 2,24% menjadi Rp 5.000 per saham dan nilai transaksi Rp 571,98 miliar, menjadikannya saham papan atas ketiga dalam perdagangan kemarin. Sementara itu.

Harga Saham Antam dan Vale

Setidaknya 14 produk reksa dana termasuk saham ANTM dalam portofolio mereka, menurut studi Bareksa tentang lembar fakta reksa dana saat ini, dan empat produk reksa dana memiliki saham INCO dalam portofolio mereka, dia menemukan. Kategori produk reksa dana meliputi reksa dana saham dan reksa dana campuran.

​Reksadana tersebut antara lain Batavia Dana Saham, Manulife Syariah Sektor Amanah Kelas A, Pertumbuhan Syariah Prinsipal, Dana Pertumbuhan BUMN Prospera, Pertumbuhan Ekuitas Shinhan, Simas Saham Leading, Saldo Cipta Syariah, Ekuitas HPAM Syariah hingga Kresna Flexima.

Masyarakat dapat menyumbangkan uang ke reksa dana, jadi ingatlah itu (investor). Uang yang terkumpul nantinya akan ditempatkan oleh manajer investasi ke berbagai produk investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksa dana juga dicirikan sebagai alternatif investasi bagi komunitas investor, khususnya investor kecil dan investor yang tidak memiliki waktu dan pengalaman yang cukup untuk menganalisis risiko investasinya.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang saham, sebagai berikut:

Saham ANTM dan INCO Melonjak

Siapa Saja Yang Bisa Membeli Saham?

Siapapun boleh membeli saham yang diperdagangkan di bursa, selama ia memiliki dana yang cukup untuk membeli saham yang di inginkan. Mau itu seorang pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, artis, pengusaha, atau bahkan asisten rumah tangga juga dapat berinvestasi di saham.

Kesimpulan

Harga nikel dunia tercatat US$ 24.030,5 per ton, naik 3,79 persen dibandingkan posisi hari sebelumnya. Stok nikel di London Metal Exchange turun 68,8% menjadi 94.830 metrik ton sejak April 2021.

Harga saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) dilaporkan naik 12,17 persen ke level Rp. 1.935 per saham. Setidaknya ada 14 produk reksa dana yang memasukkan saham ANTM dalam portofolionya.

Demikian informasi tentang harga saham antam dan vale, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Back to top button