Advertisement

Cara Bayar Pajak Mobil Online di Signal

Rancakmedia.com – Tahukah kamu bahwa sekarang terdapat layanan jarak jauh atau online untuk membayar bajak, beginilah panduan cara bayar pajak mobil online di Signal, yang dapat membantu kamu untuk membayar pajak secara cepat, mudah, dan tentunya aman.

Tanggung jawab warga ini harus dipenuhi secara bertahap. Sebelumnya, pastikan kamu mengetahui jumlah pajak yang harus dibayar agar uang tunai dapat disiapkan terlebih dahulu.

Langkah Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online

Berikut langkah-langkah membayar pajak mobil secara online yang bisa dilakukan di rumah:

2. Cek Pajak Kendaraan Kaltim Dengan Layanan SMS Samsat

  1. Samsat sudah memiliki aplikasi bernama Samsat Digital Nasional (Signal), yang bisa di-download di Google Playstore atau download di AppStore untuk pengguna iOS. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membayar pajak mobil secara online.
  2. Jika kamu telah mengunduh aplikasi, silakan luncurkan aplikasi. Kemudian pilih “Pendaftaran” untuk memulai prosedur pembayaran pajak mobil.
  3. Biasanya, sebuah pesan muncul setelah kamu mengklik “Pendaftaran”, memberi tahu kamu bahwa “stiker validasi STNK” dan materi lainnya akan dikirimkan ke alamat yang diberikan di STNK kamu.
  4. Apakah kamu setuju atau tidak setuju dengan apa yang dikatakan dalam pengumuman berikut terserah kamu. Pilih “Setuju” jika kamu bersedia menunggu dokumen dikirim ke lokasi yang ditentukan sesuai STNK.
  5. Langkah selanjutnya adalah melengkapi formulir dengan informasi yang diperlukan. NIK, nomor polisi, nomor telepon, lima digit terakhir nomor rangka mobil, dan alamat email semuanya disertakan dalam informasi tersebut. Jika sudah, klik “Lanjutkan”.
  6. Pemberitahuan baru akan ditampilkan jika informasi yang kamu kirimkan akurat. Isinya meliputi seluruh data yang berkaitan dengan kendaraan yang akan dibayar pajaknya.
  7. Untuk mengetahui secara spesifik pajak mobil yang harus dibayar, kamu dapat memeriksa bagian tabel ‘Jumlah yang Harus Dibayar’. kamu dapat menemukan informasi lengkap tentang biaya administrasi STNK, kontribusi dana kecelakaan yang diperlukan, biaya administrasi TKB dan fakta lainnya.
  8. Jika semuanya dapat diterima, maka kamu dapat langsung mengklik “Setuju”.
  9. Kamu akan mendapatkan kode pembayaran. Kode ini digunakan sebagai verifikasi pembayaran pajak mobil.
  10. Kamu dapat menggunakan bank yang bekerja sama dengan National Digital Samsat untuk melakukan pembayaran. Ada batas waktu dua jam untuk validitas kode pembayaran. Pastikan kamu tidak melewati waktu yang disediakan.
  11. Setelah pembayaran berhasil, kamu akan mendapatkan E-TBPKP Samsat lokal kamu dalam waktu 30 hari sejak tanggal pembayaran.
  12. Tetap harus ke Samsat untuk autentikasi STNK dan minta TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP yang sudah disediakan sebelumnya

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang pajak, sebagai berikut:

Daftar Cara Cek Pajak Kendaraan Kalimantan Timur

Setelah Bayar Pajak Online Apakah Harus Ke Samsat?

Pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sudah dilakukan secara online, kamu tidak perlu lagu datang ke kantor samsat terdekat.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara bayar pajak mobil online di signal (Samsat Digital Nasional). Kami harap setelah mengetahui penjelasan mengenai panduan cara membayar pajak di Signal kamu tidak lagi menunda untuk membayar pajak.

Demikian artikel tentang cara bayar pajak mobil online di signal, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas