Membayar Pajak Motor Melalui ATM BCA, Begini Caranya

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Banyak masyarakat yang belum mengetahui, bagaimana cara membayar pajak motor melalui ATM BCA, berikut di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai hal tersebut.

Cara bayar pajak kendaraan semakin mudah berkat kemajuan teknologi. Pemilik sekarang dapat menggunakan ATM BCA untuk membayar pajak motor/mobil.

Dengan menggunakan jaringan ATM BCA, pemilik kendaraan dapat membayar pajak kendaraan bermotor dengan biaya tambahan hanya 5.000 rupiah menggunakan layanan e-Samsat!

Namun, sebelum membayar kamu perlu mengetahui berapa pajak yang harus kamu bayar. Tak perlu khawatir, kamu bisa mengeceknya di website di bawah ini. Untuk seluruh negara Indonesia, ada solusi sederhana dan lengkap.

Cara Cek Pajak Kendaraan Seluruh Indonesia

Kemudian Pertanyaannya adalah bagaimana cara bayar pajak motor online melalui ATM BCA?

Berikut cara bayar pajak motor online menggunakan ATM BCA untuk wilayah Samsat Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

  1. Samsat Jawa Barat kode provinsi: 032
  2. Samsat Kalimantan Timur kode provinsi: 064
  3. Samsat Jawa Tengah kode provinsi: 033
  4. Samsat Nasional kode provinsi: 100 (saat ini digunakan untuk Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur Yogyakarta dan Bali)
  5. Samsat DKI Jakarta kode provinsi: 200

Cara bayar pajak motor melalui ATM BCA

Sebelum membayar pajak motor, kamu harus memastikan bahwa data KTP kamu sesuai dengan data yang diberikan di STNK. Selanjutnya, informasi pada KTP harus sesuai dengan informasi pada rekening BCA. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kirim SMS ke Samsat

Untuk wilayah Samsat Jawa Barat, Wajib Pajak perlu mengirimkan SMS ke Samsat untuk mendapatkan kode pembayaran dan jumlah tagihan pajak. Kirim SMS ke 08112119211 dengan format sebagai berikut:

Esamsat (spasi) nomor rangka (spasi) nomor KTP

2. Pergi ke ATM BCA terdekat

kamu dapat menyelesaikan transaksi di ATM BCA jika kamu memiliki kode pembayaran dan jumlah pajak yang harus dibayar. Untuk diketahui, ATM BCA memiliki pilihan pembayaran pajak kendaraan bermotor sendiri.

3. Proses pembayaran

Prosedur yang diperlukan untuk mengakses opsi pembayaran pajak kendaraan bermotor di ATM BCA adalah sebagai berikut:

Masuk ke menu “Pembayaran“
Kemudian pilih “MPN/Pajak“
Pilih “Pajak Kendaraan“
Klik Pilih Pembayaran Pajak
Masukkan kode provinsi
Proses selanjutnya adalah memasukkan kode pembayaran yang dikirimkan melalui SMS.

4. Verifikasi pembayaran

Saat kamu menggunakan ATM, kamu akan melihat informasi tentang kendaraan kamu dan berapa pajak yang harus dibayar. Setelah itu, pilih opsi “Ya”.

5. Transaksi selesai

kamu akan mendapatkan kwitansi atas pembayaran pajak yang telah kamu lakukan menggunakan ATM BCA.

Tidak Termasuk Asuransi Mobil atau Kendaraan

Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya adalah Nilai Jual Objek Pajak alias NJKB, tarif pajak dan Iuran Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau sering disebut SWDKLLJ.

Ternyata asuransi mobil tidak termasuk dalam rincian pajak yang kamu bayarkan. Sejatinya setiap mobil atau kendaraan yang kamu miliki harus dilengkapi dengan asuransi kendaraan.

Ketika kamu memperoleh kendaraan, biasanya harga yang kamu bayarkan sudah termasuk asuransi kendaraan jika kendaraan mengalami kecelakaan, pencurian atau bahaya yang menyebabkan kerugian di kemudian hari.

Pelanggan akan merasa lebih aman mengetahui bahwa setiap kerusakan yang mereka alami akan ditanggung oleh perusahaan. Jenis kompensasi mungkin bervariasi dalam bentuk dan jumlah yang dikumpulkan.

Kami tidak perlu memperbarui asuransi mobil kami setiap tahun, karena itu ada untuk melindungi kendaraan kami. Di PKB, kami hanya membayar asuransi kecelakaan dalam bentuk SWDKLLJ.

Jenis Asuransi Khusus Kendaraan

Sekedar informasi, ternyata asuransi kendaraan juga banyak macamnya. Periksa untuk informasi lebih lanjut.

Asuransi All-Risk

Asuransi all-risk mengacu pada polis yang menjamin setiap dan semua potensi masalah yang mungkin timbul dengan kendaraan baru yang baru saja diperoleh. Ada beberapa jenis kerusakan yang bisa diperbaiki, mulai dari lecet hingga kecurian.

Asuransi Total Loss Only

Ketika kendaraan dalam bahaya “hilang total”, kategori risiko ini berlaku. Jenis asuransi TLO ini mencakup kendaraan yang dicuri, hilang, atau mengalami kerusakan 75 persen atau lebih hingga tidak lagi layak jalan.

Untuk klaim asuransi TLO ini, diperlukan bukti dan memenuhi standar esensial.

Asuransi Collision Coverage Insurance

Bentuk asuransi ini cocok untuk individu yang masih pemula dalam mengendarai mobil. Asuransi pertanggungan tabrakan mencakup kerusakan yang ditimbulkan oleh pemilik kendaraan itu sendiri dan penggantian yang diperoleh mungkin setara dengan harga mobil yang dimiliki.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Membayar Pajak Motor Melalui ATM BCA, Begini Caranya. Pada artikel di atas kami tidak hanya memberikan informasi cara membayar pajak melalu ATM BCA saja, tetapi juga dengan jenis asuransi khusus kendaraan.

Semoga artikel tentang Membayar Pajak Motor Melalui ATM BCA, Begini Caranya dapat membantu, memudahkan dan bermanfaat buat kamu semua dalam membayar pajak.

Pencarian Populer

Bayar Pajak Motor Online Jakarta - Cara Bayar Pajak Lewat Bca Mobile - Cara Bayar Pajak Motor Di Atm Bca - Cara Bayar Pajak Motor Lewat Atm - Cara Bayar Pajak Motor Lewat M Banking Bca - Cara Bayar Pajak Motor Online Indomaret - Cek Pajak Motor Online -

Related Articles

Back to top button