Advertisement

Apa itu Asuransi Perjalanan dalam Kartu Kredit

Rancakmedia.com – Ada yang perlu kamu ketahui tentang mengenal apa itu Asuransi perjalanan dalam kartu kredit yang memberikan perlindungan untuk perjalanan domestik dari internasional.

Memang benar bahwa kartu kredit dapat digunakan untuk lebih dari sekedar penarikan tunai dan pinjaman tanpa bunga. Kartu kredit juga memberikan asuransi perjalanan.

kamu mungkin mendapatkan perlindungan jika terjadi kecelakaan perjalanan, penundaan, atau pembatalan, serta bagasi yang hilang atau salah tempat.

Kartu kredit perjalanan bukan satu-satunya yang memenuhi syarat untuk fitur asuransi perjalanan ini. Ini juga berlaku untuk kartu kredit non-perjalanan.

Mengenal Apa itu Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

Besaran asuransi atau ganti rugi yang diberikan oleh bank penerbit bervariasi dari jutaan hingga miliaran rupiah. Ini sangat menguntungkan, tetapi anda perlu memahami beberapa hal tentang asuransi perjalanan kartu kredit di bawah ini!

Mengenal Apa itu Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

Dibawah ini terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui di Asuransi Perjalanan Kartu Kredit, antara lain yaitu:

1. Syarat dan Ketentuan

Asuransi perjalanan telah disediakan secara gratis oleh beberapa perusahaan kartu kredit. Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan keuntungan ini.

Pelanggan sering diminta untuk melakukan transaksi dalam jumlah tertentu. Tiket pesawat, misalnya, mensyaratkan minimal pembelian 5 juta rupiah jika membayar dengan kartu kredit.

Oleh karena itu, agar memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat asuransi perjalanan ini, pastikan kamu memahami ketentuan yang diberlakukan oleh bank penerbit.

Dengan begitu, fasilitas ini tidak akan disia-siakan, dan nantinya bisa kamu nikmati saat berpergian atau touring.

2. Besaran Uang Pertanggungan

Jumlah yang dijamin ditentukan oleh bank penerbit dan sangat bervariasi. Kartu kredit platinum dan premium, misalnya, memiliki biaya tahunan yang lebih tinggi.

Secara umum, kisaran nilai yang ditanggung adalah 250 juta rupiah hingga 7 miliar rupiah untuk pemegang kartu dan keluarganya.

3. Prosedur Klaim

Setiap klien produk asuransi, sangat perlu memahami cara mengajukan klaim ke bank penerbit. Jadi, setelah terjadi kerugian perjalanan, uang asuransi kamu bisa dibagikan sesuai polis.

4

Mengisi formulir klaim dan melampirkan dokumen yang diperlukan adalah metode standar untuk mengajukan klaim (paspor, sertifikat penyebab dan kronologi kejadian, fotokopi tiket perjalanan dan lain-lain).

Setelah itu, pihak bank akan melakukan investigasi. Jika disahkan, uang yang dijanjikan akan dicairkan.

4. Hal yang Tidak di Tanggung oleh Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

Selain memahami harga yang ditanggung oleh asuransi perjalanan, kamu juga perlu mengetahui daftar kerugian atau kerusakan yang tidak ditanggung. Kesalahpahaman dapat dihindari jika hal ini dilakukan.

Misalnya, kehilangan atau kerusakan yang tidak diasuransikan disebabkan oleh kehilangan barang yang disengaja, mencurigakan, tidak dapat dijelaskan, dan lainnya.

5. Masa Berlaku Asuransi Perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan kartu kredit biasanya dapat diakses selama 30 hari. Apalagi polis asuransinya sudah habis masa berlakunya.

Jika kamu tetap ingin menggunakan fasilitas tersebut, kamu harus melakukan perpanjangan. Tentu saja, biaya tambahan ini diperlukan.

Kembali ke kebijakan bank penerbit. Beberapa bank memberikan masa berlaku yang lebih lama. Sebaiknya kamu menanyakan hal ini kepada pihak bank agar lebih jelas dalam memanfaatkannya.

Manfaat Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

Bepergian dengan kartu kredit bukanlah hal yang sulit jika kamu adalah pengguna biasa. Tentunya dengan terlebih dahulu menanyakan kepada pihak bank bagaimana cara memanfaatkan atau memperoleh perlindungan darinya.

Manfaat Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang asuransi perjalanan, sebagai berikut:

Berapa Besaran Biaya Asuransi Perjalanan Ke Eropa?

Terdapat harga premi asuransi perjalanan visa schengen tergantung pada jangka waktu tertanggung berada di Eropa. Premi asuransi perjalanan visa schengen untuk 30 hari berkisar sebesar Rp.750.000 hingga Rp.1.500.000 untuk per orang dengan pertanggungan hingga Rp. 6.000.000.000.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Apa itu Asuransi Perjalanan dalam Kartu Kredit, setelah membaca artikel di atas apakah kamu sudah memahami jelas tentang Asuransi Perjalanan dalam Kartu Kredit? Kami harap begitu.

Sekian artikel tentang Apa itu Asuransi Perjalanan dalam Kartu Kredit, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas