Advertisement

Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank

Rancakmedia.com – Belum banyak yang mengetahui tips menjaga keamanan rekening bank, maka dari itu pada artikel kali ini kami akan memberikan tips menjaga keamanan rekening bank.

Masalah keamanan juga muncul karena semakin banyak individu di Indonesia yang menggunakan rekening bank. Kasus kehilangan uang pelanggan juga telah di tekan beberapa kali.

Untuk menjaga keamanan rekening bank kamu, kamu perlu melakukan beberapa langkah. Untuk menjaga keamanan rekening bank kamu, kamu harus menghindari mengungkapkan informasi pribadi apa pun tentangnya kepada siapa pun.

Termasuk nomor telepon, email, kode PIN, kode OTP, 14 digit nomor rekening, tanggal kadaluwarsa, kode keamanan atau CCV dan lain-lain. Setiap pelanggan Rancak Media disarankan untuk berhati-hati dalam menyimpan datanya.

Daftar Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank

Berikut Rancak Media menghadirkan enam tips agar rekening bank kamu tetap aman yang bisa kamu jalankan:

1. Aktifkan Fitur Notifikasi SMS Transaksi

Fungsi ini akan membantu kamu dengan mengirimkan SMS alert ke nomor ponsel kamu setiap kali ada transaksi keuangan, baik masuk atau keluar.

2. Periksa Riwayat atau Saldo Rekening secara Berkala

Saat ini, kamu dapat dengan cepat mengakses riwayat dan saldo akun kamu menggunakan mobile banking atau bank online banking kamu.

3. Aktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Lindungi perangkat seluler kamu dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Pemindai sidik jari atau pemindai wajah, misalnya.

4. Hindari menggunakan WiFi Publik

Untuk melakukan transaksi bank, disarankan untuk menggunakan jaringan internet pribadi dan menghindari WiFi publik.

5. Jaga Data Pribadi

Jangan pernah memberikan ID pengguna, kode OTP, PIN akun, atau nama ibu kandung kamu kepada siapa pun, bahkan pekerja bank dan sering mengubah kata sandi kamu.

6. Hati-hati saat menggunakan ATM

Untuk mencegah kriminalitas, pastikan tidak ada hal-hal yang mencurigakan seperti tambalan perangkat lain di sekitar ATM. Selalu waspada saat mendekati dan menggunakan mesin ATM, terutama kepada siapa pun yang menawarkan bantuan.

Dengan menjalankan enam tips di atas, keamanan rekening bank kamu akan semakin meningkat. Akibatnya, penipuan dan aktivitas ilegal lainnya berisiko lebih rendah.

Seiring berkembangnya era digital, begitu pula kemungkinan penipuan, yang memerlukan upaya pendidikan pelanggan lebih lanjut sekarang lebih dari sebelumnya.

Selain itu, dengan bertambahnya jumlah orang yang memiliki rekening bank, demikian pula beban industri secara keseluruhan, termasuk bank dan sektor jasa keuangan yang lebih luas.

Kesimpulan

Demikkian artikel mengenai tentang Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank, kamu dapat menjaga keamanan rekening bank dengan menggunakan tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber di atas.

Kami harap artikel tentang Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank dapat membantu kamu semua untuk melindungi keamanan rekening bank, dan selalu tetap berhati-hati.

Related Articles

Back to top button